Lima Film Detective Ala India Wajib Anda Tonton -->
Pojok Seni
15 November 2016, 11/15/2016 07:04:00 PM WIB
Terbaru 2018-12-14T13:59:11Z
ArtikelBerita

Lima Film Detective Ala India Wajib Anda Tonton

Advertisement
Oleh : Adhyra Irianto

pojokseni.com - Film bertema misteri seperti Sherlock Holmes memang menarik untuk diikuti. Bila anda penggemar film bertema misteri, thriler atau detektif, tidak adasalahnya untuk melihat bagaimana detektif ala Bollywood.  

India, sebagai salah satu negara penghasil film-film berkualitas juga tidak mau kalah. Hanya saja, bagi pengemar dilm India yang menyukai tarian dan nyanyian, anda tidak akan mendapatkannya di film berikut ini. Hanya clue, petunjuk dan sebuah kasus kriminal yang rumit yang akan anda dapatkan. Berikut, pojokseni.com paparkan rekomendasi lima film India bertema detektive dan misteri.


1. Drishyam





Vijay (Ajay Devgn) menjalankan bisnis televisi kabel yang sukses. Ia juga dikaruniai keluarga yang harmonis. Sampai suatu saat, secara tidak sengaja Anju (Ishita Dutta) anak Vijay secara tidak sengaja membunuh Jose (Prathamesh Parab) yang merupakan anak dari seorang Inspektur Jenderal Polisi di India (Tabu). Kemudian, Vijay yang memiliki hobi menonton film, mendapat inspirasi dari film-film bertema misteri yang ditontonnya. Ia membuat alibi, dan mati-matian menyelamatkan keluarganya dari tuntutan pembunuhan yang diarahkan padanya. 

Film ini menarik, karena tidak seperti biasanya, anda justru akan mengikuti pola pembunuh, atau pelaku. Berharap para polisi tidak bisa memecahkan kasus ini. Film ini juga mendapat rating yang tinggi dari IMDB, yakni 8,7.


2. Talvar



Diawali dengan kasus pembunuhan ganda yang brutal terhadap seorang gadis juga pelayan seorang dokter bernama Ramesh Tandon. Polisi yang menyelidiki ini dengan sembrono dan memaksakan diri menuduh Ramesh Tandon sebagai pelaku pembunuhan terhadap putri dan pelayannya sendiri. Alhasil, berkat media, masyarakat terpecah, separuh mendukung Ramesh dan separuh ikut menuding Ramesh sebagai pelakunya. 

Kemudian, kasus ini diambil alih oleh CDI (Central Department of Investigation) India. Tim yang dipimpin oleh Ashwin (Irffan Khan) berhasil membuka tabir kasus tersebut. Meskipun diawal mereka sempat disulitkan lantaran TKP yang sudah kacau, barang bukti yang hilang dan lain-lain. Mereka berhasil menemukan siapa pelaku sebenarnya, dengan beberapa bukti yang memberatkan. 

Tapi, entah karena apa, laporan mereka tidak diterima dan Ramesh Tandon tetap mendapat vonis bersalah dan mendapat hukuman seumur hidup. Ending dari film ini memang membuat dongkol hati, dan menunjukkan betapa lemahnya hukum dibanding uang dan lain-lain. Film ini diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di negara tersebut tahun 2008 lalu.  


3.  Rahasya 



Dr Sachin Mahajan dituduh membunuh putrinya sendiri. Ia mencoba menyatakan diri tidak bersalah, namun segala bukti memberatkannya. Seorang detective dari CBI India bernama Sunil Paraskar (Kay Kay Menon) berhasil mengungkap kasus tersebut. Ternyata, kasus ini tidak sesepele yang dikira. Setelah kematian putri dr Sachin, berturut-turut terjadi pembunuhan yang akhirnya juga merenggut nyawa dr Sachin. 

Pelaku berhasil ditemukan, juga dibeberkan adanya keterlibatan perwira Polisi dalam kasus tersebut. Film ini disajikan seperti cerita Agatha Cristie, namun kisah yang diangkat juga berdasar dari kisah nyata juga pada tahun 2008. Kasus tersebut dikenal di India dengan nama Noida Double Murder Case. Namun akhir ceritanya cukup mengejutkan.


4. Detective Byomkesh Bakshy



Mengambil setting Calcutta tahun 1940-an, ketika Jepang sedang menginvasi India. Byomkesh Bakshy (Sushant Sing) mendapat tugas pertama untuk mengungkap adanya kasus seseorang yang menghilang. Kasus ini ternyata bukan hanya sekedar tentang seorang yang hilang, lebih dari itu, karena orang yang dicari tersebut adalah salah satu ahli kimia di zaman itu. Kasus ini berkaitan dengan penyeludupan Candu (sejenis narkotika) dari China dan Jepang untuk diedarkan di seluruh India, lewat Calcutta. 

Byomeksh tinggal di sebuah rumah kos-kosan milik Dr Guha. Tidak disangka, Dr Guha adalah dalang dari semua kejadian tersebut. Bahkan, Dr Guha juga berencana untuk membantu Jepang, menguasai India. Oleh sebab itu, kasus ini begitu lekat dengan masalah politik dan penuh intrik.

Baca juga: Murah dan Lengkap! Ini Rekomendasi Tempat Beli Gitar Akustik


5. Mardaani



Seorang Inspektur Polisi dari Divisi Kriminal bernama Shivani Shivaji Roy (Rani Mukerji), memiliki seorang keponakan. Keponakannya melaporkan bahwa teman dekatnya yang tinggal di panti asuhan telah hilang beberapa hari terakhir. Shivani mencoba mencari gadis malang tersebut dan berhadapan dengan kelompok besar penjualan anak dan narkotika di India. Dalam proses untuk menangkap siapa dalang utama dari kasus tersebut, Shivani mendapat banyak tekanan, termasuk untuk keluarganya.

Di akhir film tersebut, diketahui bahwa ternyata seorang Menteri yang mendanai kelompok tersebut untuk keuntungan pribadi. Film tersebut dibuat untuk tujuan mengetuk hati pihak terkait di negeri itu untuk segera memberantas kasus human traficking di India. Sebab, untuk jumlah kasus penjualan anak dibawah umur yang kemudian dijadikan pelacur, India hanya kalah dengan Meksiko.  (**)