Lagi, Google Doodle Tampilkan Seniman -->
close
Pojok Seni
30 January 2016, 1/30/2016 06:07:00 PM WIB
Terbaru 2016-01-30T11:23:30Z
BeritaSeni

Lagi, Google Doodle Tampilkan Seniman

Advertisement
Google Doodle hari ini
pojokseni.com - Hari ini, Sabtu (30/1/2015) tampilan Google Doodle menampilkan lukisan tiga orang perempuan, karya seorang pelukis berdarah India kelahiran Budapest, Hungaria bernama Amrita Sher-Gil. Amrita Sher-Gil sudah mulai melukis sejak berusia lima tahun. Hari ini, merupakan hari lahirnya yang ke 103.


Amrita Sher-Gil


Tahun 1924, Amrita Sher-Gil melanjutkan pendidikan di sekolah seni Santa Annunziata di Florence, Italia. Dari sini, ia mulai terinspirasi dengan karya para maestro pelukis dari negeri Pizza tersebut. Berlanjut, ketika ia berusia 16 tahun, ia sehera menuju Paris, bersama ibunya. Di Kota Mode, dan Seni itu, ia kembali belajar cara melukis. Hal itu juga menyebabkan ia mendapat pengaruh cukup besar dari gaya lukis ala barat.


Salah satu lukisannya, berjudul Perempuan-perempuan Muda (Young Girls) yang dibuatnya pada tahun 1932 mendapat penghargaan penting di Paris, setahun sesudahnya. Penghargaan itu merupakan yang pertama kali diterima oleh gadis muda berdarah Asia. Hasilnya, karya-karya Amrita Sher-Gil setelah itu selalu menjadi yang termahal dizamannya. Seratus lukisan termahal karya Amrita Sher-Gil saat ini dipamerkan di National Gallery of Modern Art di Paris.
Lukisan Young Girls karya Amrita
Sedikit tentang Amrita Sher-Gil, ia merupakan sulung dari dua bersaudara, buah hati dari pasangan Umrao Singh Ser-Gil Majithia dan Marie Antoniete Gottesmann. Bila ayahnya adalkah seorang bangsawan dan pemuka agama, maka ibunya adalah seorang penyanyi opera. Meskipun begitu, ada seorang lagi yang ikut membimbing Amrita Sher-Gil dalam melukis yakni Ervin Baktay, pamannya. 


Vivan Sundaram
Selain itu, anda pasti ingat dengan Vivan Sundaram, seorang seniman kontemporer? Vivan adalah anak dari Indira Sundaram Sher-Gil yang merupakan adik kandung Amrita Sher-Gil. (@pojokseni)


Ads