Bersiap Menghadapi Gerhana Matahari Total? Ini yang Perlu Anda Siapkan -->
close
Pojok Seni
24 January 2016, 1/24/2016 11:55:00 PM WIB
Terbaru 2016-01-24T16:55:31Z
ArtikelBerita

Bersiap Menghadapi Gerhana Matahari Total? Ini yang Perlu Anda Siapkan

Advertisement
Gerhana Matahari Total

pojokseni.com - Salah satu fenomena langka, yakni Gerhana Matahari Total akan terjadi di Indonesia. Total, sekitar 10 Provinsi di Indonesia akan beruntung karena bisa melihat kejadian itu secara langsung. Seperti dilansir oleh National Geographic, provinsi-provinsi itu adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana. 

Diramalkan, kejadian ini akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Fenomena ini bisa dikatakan sangat langka dan jarang terjadi di Indonesia. Biasanya, kejadian ini juga akan memanggil sejumlah peneliti ke Indonesia untuk melihat lanjutan kejadian ini.
Bila ingin menyaksikan secara langsung Gerhana Matahari Total ini, pastikan dulu bahwa mata anda dalam kondisi prima, tidak merah juga tidak terkena iritasi. Kemudian, persiapkan kaca mata hitam untuk mengurangi paparan radiasi dari Gerhana Matahari Total tersebut. Saat itu, siang hari akan terasa seperti malam dan akan menjadi sangat gelap. Saat itu, mata yang berada didalam kondisi gelap, berpotensi rusak bila langsung terpapar oleh radiasi tersebut.

Selain itu, menggunakan pembersih mata atau obat tetes mata, jauh sebelum mulai memperhatikan gerhana tersebut juga bisa dilakukan. Terkait kaca mata, akan semakin baik apabila anda menggunakan kaca mata khusus untuk menahan radiasi sinar matahari.
Gerhana Matahari Total seperti ini juga terjadi di Indonesia, puluhan tahun lalu. Tepatnya, kejadian itu terjadi sekitar bulan Juni tahun 1983. Kejadian ini mengundang ribuan peneliti dan ilmuwan ke Indonesia untuk menyaksikan dan meneliti kejadian tersebut. Ingat, akan ada banyak mitos terkait Gerhana Matahari Total tersebut, namun kejadian itu bisa dijelaskan secara logis. (@pojokseni)

Ads