Monolog (1) -->
close
08 February 2013, 2/08/2013 08:07:00 PM WIB
Terbaru 2014-01-21T07:04:06Z
Materi TeaterteaterTeater Petass

Monolog (1)

Advertisement
Raja monolog Indonesia, Butet K dalam monolog "Kucing"

Apa itu Monolog?
Dari berbagai penjelasan, seperti dikutip dari "dasar-dasar Dramaturgi" oleh Japi Tambajong (lebih dikenal Remy Sylado), sempat diulas sedikit tentang Monolog. Kurang lebih intinya ialah Monolog adalah istilah keilmuan yang diambil dari kata mono yang artinya satu dan log dari kata logi yang artinya ilmu.Secara harfiah monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni peran dimana hanya dibutuhkan satu orang atau dialog bisu untuk melakukan adegan / sketsa nya . Jelas sekali, kata monolog memang lebih banyak ditujukan untuk kegiatan seni terutama seni peran dan teater.
Dari kamus Besar Bahasa Indonesia, dipaparkan bahwa Monolog adalah pembicaraan yg dilakukan dengan diri sendiri; bisa juga berarti adegan sandiwara dng pelaku tunggal yg membawakan percakapan seorang diri.
Wikipedia juga punya penjelasan sendiri terhadap kata Monolog. Menurut Wikipedia, Monolog berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari mono artinya satu dan legein artinya berbicara. Jadi monolog artinya satu orang yang berbicara. Hanya satu orang yang menentukan pokok pembicaraan dan yang lainnya diam
Lantas, jelas sekali bahwa penyederhanaan arti kata Monolog ialah drama dan sendirian. Bisa berbentuk drama bisu (seperti Mr bean oleh Rowan Atkinson atau Charlie Chaplin) bisa juga berbentuk drama dengan dialog.
Teater Petass sebelumnya telah menyuguhkan beberapa penampilan monolog dengan berbagai naskah
tercatat : (1) Lilin  (naskah oleh Adhy Pratama) diperankan oleh Loren sebanyak 3 kali penampilan, (2) Rekaman terakhir Krapp (naskah oleh Samuel Beckett) diperankan oleh Egok (3) Mesin tik yang mati (naskah oleh NN) diperankan oleh Deta (4) Lagu Pak Tua oleh Maman (5) Galery oleh Sinta Jenong dan masih beberapa penampilan lagi. Dalam bahasan selanjutnya, akan dilanjutkan pembahasan terhadap Monolog ini.
untuk download naskah-naskah monolog ikuti link DISINI 

www.teaterpetass.com  

Ads