Penulisan Kritik Seni : Transformasi Imajinasi ke Media Massa -->
close
Pojok Seni
18 March 2016, 3/18/2016 10:39:00 PM WIB
Terbaru 2016-03-19T04:31:11Z
BeritaMedia PatnerSeni

Penulisan Kritik Seni : Transformasi Imajinasi ke Media Massa

Advertisement



"Mahasiswa Seni juga harus bisa menulis kritik seni"

pojokseni.com - Prodi Seni Teater ISI Padangpanjang akan menggelar Workshop Penulisan kritik Seni dengan tema "Mentransformasikan dan membahasakan kekayaan imajinasi ke dalam tulisan kritik seni di media massa". Acara ini akan digelar pada tanggal 23 hingga 24 Maret 2016 mendatang.

Acara ini digelar dengan tujuan agar mahasiswa ISI Padangpanjang dapat menulis kritik atau apresiasi setiap karya seni melalui media publikasi seperti Blog, koran online hingga media cetak. Sebelumnya, Prodi yang telah berdiri sejak tahun 1997 ini telah banyak menghasilkan produk kekaryaan yang diapresiasi oleh masyarakat Sumatera Barat. Sayangnya, kekayaan produksi kekaryaan tersebut tidak diimbangi dengan produk kecendikiaan, seperti tulisan kritik dan apresiasi seni.

Tulisan yang dimaksud, selain merupakan media promosi, juga merupakan branding image dari sebuah perguruan Tinggi. Sedangkan ruang kreatif untuk menulis masih belum menjadi identitas bagi setiap mahasiswa di ISI Padangpanjang.


Ilustrasi Kritik
Hal inilah yang membuat Prodi Seni Teater menjadi gelisah. Diperlukan sebuah pelatihan penulisan, agar mahasiswa dapat menuangkan ide-ide cemerlang dan gagasan menarik dalam bentuk tulisan kritik. Tentu, sebelum itu, mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam teknik dan metode penulisan agar ide atau gagasan yang ditransformasikan ke dalam tulisan menjadi dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Pemaparan tersebut mendasari perlunya workshop bagi mahasiswa Prodi Teater ISI Padangpanjang. Pelatihan tersebut bertujuan dasar untuk meningkatkan kemampuan menulis dan pengolahan kata dalam bentuk tulisan kritik seni. Disamping itu, pelatihan ini ditujukan agar objek pelatihan mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan metode dan teknik Penulisan. 

Informasi terhimpun pojokseni.com, bentuk kegiatan ini adalah workshop 2 hari. Beberapa materi yang akan dibagikan pada mahasiswa antara lain : 

- Informasi terkini tentang perkembangan metode dan teknik Penulisan 
- Praktek / Simulasi penulisan ide/ gagasan kreatif para peserta 


Selain itu, acara ini akan digelar di Ruang Studio Teater ,ISI Padangpanjang dengan target peserta adalah 38 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 25 orang peserta dari mahasiswa Prodi Seni Teater dan 5 orang utusan dari Prodi Pasca Sarjana ISI Padangpanjang sejumlah 5 orang, ditambah lagi 6 orang mahasiswa dari utusan setiap prodi di fakultas seni pertunjukan.

Calon peserta tidak perlu khawatir, karena workshop ini tidak dipungut biaya. Calon peserta yang berminat dapat menghubungi sekretariat panitia di :

Program Studi Seni Teater - Fakultas Seni Pertunjukan-ISI Padangpanjang. Gedung Teater Lantai 2. Jln. Bahder Johan -Padangpanjang 
Contact person : 
Saaduddin, M.Sn : 081371972228
Email : hanyadidin@gmail.com

Pemateri yang akan dihadirkan antara lain, Yusrizal KW dan Arie F Batubara. Keduanya dikenal sebagai penulis kritik seni. Yusrizal KW dikenal sebagai sastrawan, wartawan dan kritikus seni Indonesia, sedangkan Arie F Batubara pernah meraih Penulis kritik teater terbaik Festival Film Indonesia pada tahun 1986. (ai/pojokseni)

Ads