Makna Penting Kesehatan Mental Dalam Lirik Lagu "Runtuh" Feby Putri feat Fiersa Besari -->
close
Pojok Seni
15 January 2023, 1/15/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-01-15T01:00:00Z
ArtikelUlasan

Makna Penting Kesehatan Mental Dalam Lirik Lagu "Runtuh" Feby Putri feat Fiersa Besari

Advertisement
Runtuh Feby Putri dan Fiersa Besari


Oleh: Khairunnisa Tarabuke*


Dapat kita ketahui dalam dunia makna Pemaparan definisi kata runtuh yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menunjukkan penjelasan yang bersifat sirkumlokasi, makna “runtuh” dalam lagu yang dibawakan Feby Putri ini seperti pemahaman bagaimana kata sastra yaitu, kata runtuh merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan peristiwa yang terjadi pada (benda) kata “runtuh” menunjukan bahwa sesuatu jatuh dan sulit untuk di angkat lagi. Kata runtuh dalam pemakaiannya tidak hanya digunakan untuk menerangkan peristiwa pada benda, tetapi juga dapat menyatakan kejadian yang dialami manusia. 


Makna kata runtuh berubah menjadi ‘longsor’ ketika kata runtuh digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi pada tanah. Makna kata runtuh berubah menjadi ‘gugur’ ketika kata runtuh digunakan untuk menjelaskan peristiwa jatuhnya buah-buahan yang sudah masak. Makna kata runtuh dapat pula berubah menjadi makna kias. Makna kata runtuh berubah menjadi ‘hilang atau hancur’ ketika digunakan secara kias untuk mengungkapkan peristiwa yang berhubungan tentang kekuasaan atau keadaan psikologis seseorang. 


Lirik lagu merupakan suatu karya yang mampu menghibur masyarakat. Menulis lirik membutuhkan proses yang cukup panjang dan membutuhkan pemahaman yang sangat mendalam. Melalui proses ini, pencipta lagu berusaha menuangkan inspirasi apa saja yang terlintas di benaknya. Inspirasi bisa berupa pengalaman pribadi penulis di masa lalu atau pengalaman orang lain. Inspirasi yang dihasilkan digunakan untuk membuat lirik yang berisi ekspresi emosi seperti marah, benci, cinta, sedih, dendam, dll.


Penggunaan bahasa Indonesia pada masa ini membawa perubahan besar dalam pengucapan tuturan. Penyampaian verbalnya sudah tidak standar lagi. Hal ini disebabkan oleh era globalisasi yang berkembang pesat. Contoh penggunaan variasi linguistik dalam lagu-lagu gubahan judul lagu memancing interpretasi karena menimbulkan makna baru yang bisa muncul dalam bentuk pemahaman baru. Namun, meski ini bukan masalah besar, banyak variasi kata bahkan bahasa baru yang bisa diperkaya dengan penambahan bahasa Indonesia. 


Salah satu lagu yang sedang viral dan hangat untuk dibahas yaitu “runtuh” dari feby putri dan juga Fiersa Besari, lagu ini sangat populer dikalangan anak muda jaman sekarang karena, memiliki pemaknaan yang sangat baik dan bagus di setiap arti yang tertulis dalam lirik lagunya. Hal itu terlihat dari lirik lagunya yang sangat puitis namun memiliki makna yang dalam. 


Melalui lagu ini, seolah mengerti bahwa setiap orang memiliki masalah yang seringkali disembunyikan untuk terlihat bahagia. Seperti dalam lirik ini, diilustrasikan dengan baik tergambar bagaimana setiap orang harus tertawa walau di hati meronta: "Ketika mereka meminta tawa ternyata rela tak semudah kata" Orang-orang di sekitarnya ingin dia tetap bahagia dan bersyukur. Namun sayangnya tidak semudah itu melepaskan sesuatu dan menjadi bahagia lagi. 


"Tak perlu khawatir, ku hanya terluka. Terbiasa tuk pura-pura tertawa. Namun bolehkah sekali saja ku menangis?” 


Dengan kata-kata di atas, seperti seseorang berusaha terlihat bahagia di depan orang lain meskipun mereka tahu mereka terluka Jauh di lubuk hati, dia hanya ingin menangis. Dia juga tahu bahwa dia akan segera menghadapi situasi yang mengharuskan dia untuk bahagia, yaitu tidak menunjukkan kesedihannya. 


Pada akhirnya makna dari Runtuh Feby Putri feat Fiersa Besari ini dapat membuat kita paham serta mengajarkan kepada masyarakat untuk belajar menerima segala kondisi yang berkaitan dengan diri sendiri, termasuk sebuah kesedihan dan lukanya yang terdapat di setiap orang. Dari lagu ini juga kita dapat tahu, bagaimana perasaan orang yang terlihat baik-baik saja tapi ternyata berkelahi dengan dirinya sendiri atau terbelenggu dalam pikirannya sendiri. Dalam lagu ini memiliki makna mendalam bahwa manusia tidak mungkin baik-baik saja dengan cobaan yang ada.


"Sebagai manusia itu, bersyukur itu bagus untuk dilakukan. Tapi mengeluh juga bukan berarti tidak boleh untuk dilakukan. Karena setiap manusia itu punya batasan gitu", kata yang disiratkan oleh penyanyi lagu runtuh, sudah memperlihatkan bagaimana makna yang terdapat di dalam lagunya


Kata-kata lagu memiliki kesamaan dengan rima, hanya saja kata-kata lagu juga memiliki kekhasan tersendiri, karena gagasan yang disampaikan lirik diperkuat dengan melodi dan jenis ritme yang disesuaikan dengan lirik lagu, dan warna vokal penyanyi. Tak hanya melodi dan suara nyanyiannya, lirik lagunya pun sarat makna. Meskipun memilih kata-kata yang cukup mudah dipahami tidak membutuhkan kemampuan untuk memperoleh makna yang dalam dan sangat jelas. 


Lagu ini memiliki makna mendalam seperti  seseorang yang depresi dan belum menemukan solusi untuk masalahnya tetapi dipaksa oleh lingkungan untuk menjadi "rela" yang tidak begitu mengerti bagaimana keadaan sebenarnya. Setiap lirik juga memiliki tujuan tertentu yang ingin disampaikan kepada penonton sebagai pendengar, seperti tujuan lirik pada umumnya. Melalui nyanyian, orang mengungkapkan perasaan, keinginan, aspirasi dan cita-cita yang mewakili sikap hidup dan zeitgeist. Oleh karena itu, melalui seni kita juga dapat menangkap pemikiran dan semangat yang menjadi ciri perjuangan pada masa itu.


Banyak sekali makna yang ada dalam sebuah kata “runtuh” ini misalnya, Runtuh sebuah kata runtuh berarti: jatuh karena rusak, tentang bangunan atau bagian bangunan yang terletak di bagian atas reruntuhannya berupa puing-puing yang berserakan. Seperti yang disebutkan runtuh juga bisa dikaitkan dengan (benda). Dan juga bisa dikaitkan dengan perasaan yang manusia alami seperti keruntuhan pada jiwa logisnya. Lagu Runtuh bercerita tentang hal-hal yang biasa dialami orang yaitu membohongi diri sendiri, terus tertawa meski hati sakit, menunjukkan sikap seolah tidak terjadi apa-apa meski banyak hal yang menekan hati dan pikiran. 


Tetapi kadang-kadang orang menjadi sangat tertekan ketika mereka mencoba memberi tahu orang lain untuk hanya memberitahu mereka untuk bersyukur dan melepaskan apa yang terjadi. Kemudian menariknya lagu ini menawarkan semacam “solusi” ketika kita sebagai manusia berada di titik ini, yaitu menangis. Menangis itu wajar, terkadang kita tidak terlalu membutuhkan nasehat atau dorongan, kita hanya butuh waktu, ruang dan orang untuk mengeluh dan menangis.


*Penulis adalah mahasiswa  Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang 

Ads