Bagaimana Cara Aman Investasi Kripto? Pakai Aplikasi Ajaib Aja! -->
close
Pojok Seni
13 June 2022, 6/13/2022 05:00:00 PM WIB
Terbaru 2022-06-13T10:00:09Z
Artikel SponsorRekomendasi

Bagaimana Cara Aman Investasi Kripto? Pakai Aplikasi Ajaib Aja!

Advertisement
dimana investasi aset crypto yang aman

Pojok Seni - Saat ini, banyak orang memilih untuk berinvestasi demi masa depan yang lebih terjamin. Ada beragam instrumen investasi, mulai dari investasi emas, tanah, valas, saham, hingga yang cukup populer saat ini yaitu investasi aset kripto. 


Investasi Aset Kripto


Sebelum memutuskan untuk investasi aset kripto, tentunya Anda mesti mengetahui dulu apa itu aset kripto. Aset kripto (cryptocurrency) adalah mata uang digital atau virtual yang peredarannya dijamin oleh cryptography. Karena cryptography inilah, mata uang digital satu ini tidak bisa dipalsukan.


Hal ini yang membuat daya tarik aset kripto dibandingkan investasi mata uang konvensional. Sebab, menabung uang bisa jadi terkena masalah uang palsu. Sedangkan kripto justru akan terhindar dari masalah tersebut.


Aset crypto ini juga memiliki sebuah jaringan yang terdesentralisasi menggunakan sejenis teknologi yang disebut blockchain. Satu lagi, mata uang ini bukan atau tidak dikeluarkan oleh otoritas keuangan satu negara. Hasilnya, aturan terhadap mata uang digital ini merupakan algoritma enkripsi dan sejumlah teknik kriptografi, bukan dari aturan yang dikeluarkan otoritas tertentu.


Bagaimana Cara Berinvestasi Aset Crypto?


Agar lebih aman dan terhindar dari investasi bodong, maka pilih platform atau aplikasi investasi yang sudah aman dan terjamin. Di Indonesia, investasi aset crypto juga sudah mendapatkan legalitas, dan diawasi oleh Kementerian Perdagangan, melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 


Ketentuan teknis berinvestasi aset crypto sudah diatur dalam Peraturan Bappebti Nomor 5 tahun 2019. Maka, salah satu patokan keamanan tempat berinvestasi aset crypto di Indonesia adalah, penyelenggara investasi tersebut sudah tercatat dan diawasi oleh Bappebti. Tidak hanya penyelenggaranya, tapi juga jenis aset kriptonya juga sudah terdaftar di Bappebti. Hingga tahun 2020 lalu, tercatat ada 229 jenis aset kripto yang tercatat dan boleh diperdagangkan di Indonesia.


Salah satu tempat untuk berinvestasi aset kripto di Indonesia ialah di aplikasi Ajaib yang bisa Anda download di App Store atau Google Play Store. Aset kripto kini hadir di Ajaib, hal ini menjadikan Ajaib sebagai aplikasi yang pertama bisa untuk investasi saham, reksa dana, dan aset kripto di satu aplikasi saja.


Kelebihan Berinvestasi Aset Kripto di Ajaib


Tidak hanya bitcoin, aset kripto lainnya juga tersedia di Ajaib, setidaknya hingga saat artikel ini ditulis, ada 15 aset kripto yang bisa dibeli di Ajaib Kripto. Untuk Anda yang baru memulai, atau masih pemula, perlu dicatat bahwa investasi di Ajaib juga cukup mudah, bahkan untuk Anda yang masih pemula.


Terpenting, aset kripto di Ajaib sudah terjamin oleh platform perlindungan kripto dengan proteksi atau keamanan paling mutakhir di dunia yakni CoinCover dan Fireblocks. Ditambah lagi, Ajaib Kripto sudah terdaftar juga diawasi oleh Bappebti. 

Anda bisa belajar cara investasi aset crypto di website Ajaib lewat sejumlah konten menarik dan edukatif yang bisa Anda akses. Setiap konten edukasi terkait investasi aset crypto juga terus diperbaharui sesuai perkembangan global, jadi Anda tidak usah takut ketinggalan.

Perlu diingat juga bahwa investasi aset kripto mengandung risiko dan potensi kerugian. Jadi, pastikan kamu berinvestasi pada instrumen yang sesuai dengan profil risiko kamu ya. Lakukan riset terlebih dahulu dan hindari FOMO dalam berinvestasi, termasuk aset kripto.


Cara Mendaftarkan Diri di Ajaib


cara aman investasi kripto

Kalau sudah yakin dan ingin melanjutkan berinvestasi aset kripto di Ajaib, maka langkah berikutnya adalah membuka akun di Ajaib. Caranya sangat gampang, loh. Berikut langkah-langkah untuk memulai investasi aset crypto di Ajaib.


  1. Masuk ke PlayStore atau App Store lalu unduh aplikasi Ajaib secara gratis.
  2. Lalu, klik "Daftar" dan isi email serta password Anda. 
  3. Setelah selesai, cek email yang Anda gunakan untuk mendaftar dan konfirmasikan email tersebut.
  4. Setelah selesai konfirmasi email, klik "Aktifkan Sekarang" yang berada di laman Beranda.
  5. Nah, langkah berikutnya adalah pilih jenis investasi yang ingin Anda lakukan. Misalnya Anda ingin investasi "Aset Kripto" maka klik pilihan tersebut.
  6. Berikutnya adalah klik tombol "Lengkapi Data Diri" dan isi dengan data yang sesuai dengan KTP Anda. Klik, "Lanjut".
  7. Tahap berikutnya adalah verifikasi identitas yang dilakukan dengan video selfie. Gunakan kamera depan agar Anda bisa melihat hasilnya, tapi pastikan video Anda lebih jelas. Setelah memastikan hasil video sudah aman, klik "Lanjut".
  8. Berikutnya ada beberapa formulir yang harus Anda lengkapi, mulai dari formulir Profil Risiko, Investor, Informasi Pekerjaan, dan Informasi Rekening. Setelah selesai semua, klik "Lanjut"
  9. Seperti biasa, Anda akan diminta untuk membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Lalu, Anda diminta membubuhkan tanda tangan (secara digital) bila sudah setuju dan mengetahui semua syarat dan ketentuan.
  10. Setelah menandatangani kolom yang disediakan, klik "Simpan" dan berikutnya klik "Lanjut"
  11. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan PIN aplikasi Ajaib. 
  12. Pendaftaran sudah selesai dan Anda akan menunggu proses verifikasi data dari pihak Ajaib.


Cukup mudah dan simpel, bukan? Aplikasi yang mudah digunakan dan sudah terjamin keamanannya. Jadi, jangan ragu lagi dan melanjutkan perjalanan investasimu di Ajaib Kripto! Download aplikasi Ajaib dan mulai investasi aset crypto sekarang.

Ads