Cara Membuat Website Toko Online Bagi Pemula dengan Harga Rp500.000 -->
close
Pojok Seni
15 April 2022, 4/15/2022 02:06:00 AM WIB
Terbaru 2022-04-14T19:06:05Z
Artikel SponsorNarasi

Cara Membuat Website Toko Online Bagi Pemula dengan Harga Rp500.000

Advertisement
Tips membuat website mudah dan murah
Cara membuat website toko online dengan harga hanya Rp500.000

Pojok Seni - Di era digital seperti saat ini, toko online menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap pebisnis. Katakanlah Anda bisa saja menjual barang dagangan Anda lewat marketplace kenamaan untuk mendapatkan pembeli. Namun, hal tersebut kurang baik untuk brand Anda.


Kenapa seperti itu? Bayangkan saja, bila Anda adalah seorang desainer pakaian, lalu membuat sebuah baju dengan desain Anda sendiri, juga brand Anda sendiri. Kemudian, seseorang membeli produk Anda dari marketplace kenamaan. Ketika ditanyakan pada pembeli tersebut, darimana ia membeli baju itu? Maka jawabannya adalah nama marketplace tersebut, bukan brand atau toko Anda.


Itulah kenapa, bagi pebisnis sejati, toko online menjadi salah satu yang wajib dimiliki meski Anda juga mungkin memanfaatkan marketplace kenamaan, serta media sosial untuk memperluas jangkauan pembeli. Tidak hanya itu, dengan sejumlah strategi marketing digital seperti teknik SEO, ads, dan sebagainya, Anda bisa menaikkan peringkat website Anda di posisi tertinggi, bahkan mengalahkan marketplace tersebut khusus untuk produk atau brand Anda sendiri.


Namun, banyak pebisnis memilih untuk tidak memiliki situs web atau website untuk toko onlinenya sendiri. Penyebabnya, sedikit takut karena harganya mahal. Mulai dari harga pembuatannya, pemeliharaan, sewa hosting dan domain, dan sebagainya.


Untuk itu, kali ini Pojok Seni akan membagikan tips membuat website yang murah dan mudah. Dengan modal tidak sampai Rp500 ribu, Anda sudah bisa memiliki sebuah website toko online yang keren, menarik perhatian pembeli, serta siap bersaing dengan para kompetitor Anda. Bagaimana caranya?


Apa itu Website Toko Online?


Sebelum kita memulai, Anda mesti tahu dulu apa itu website dan apa itu toko online. Website, adalah sekumpulan halaman di internet yang saling berhubungan dengan satu domain. Situs web ini berada di server web sehingga pengunjung atau pelanggan Anda memerlukan jaringan (baik internet maupun jaringan lokal/LAN) untuk mengaksesnya. Alamat internet untuk mengakses website Anda disebut Uniform Resource Locator (URL).


Toko online, adalah suatu bentuk toko/tempat berjualan yang diakses secara daring/online. Itu berarti, sebuah toko yang berada di "dunia maya" atau "dunia digital", yang memungkinkan seorang pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi tanpa harus ada pertemuan fisik. Hal-hal yang mesti dipenuhi di sebuah toko online adalah adanya foto/video dari barang yang dijual, harga, informasi pembelian dan pembayaran, testimoni, dan sebagainya.


Dari dua pengertian di atas, bisa kita lihat bahwa website toko online ialah sebuah kumpulan laman web yang berisi sebuah toko/tempat berjualan online. Yah, seperti sejumlah marketplace terkenal, hanya saja yang dijual di toko online Anda ialah produk Anda pribadi. Bisa saja Anda menjual produk lain sebagai afliasi, atau kerja sama lainnya.


Kembali ke bahasan semula, bagaimana cara membuat website toko online tersebut dengan harga yang murah meriah, serta mudah pengelolaan dan perawatannya?


Tips membuat website toko online murah dan mudah


Website memiliki berbagai platform atau sering pula disebut CMS (Content Management System). Di antara seluruh website yang sering Anda kunjungi di dunia ini, paling banyak di antaranya menggunakan CMS Wordpress. Nah, Wordpress inilah yang masuk dalam kategori CMS paling murah dan mudah untuk dikelola.


1. Cari Hosting dan Domain Murah


Pertama, sebelum memulai, Anda mesti cari hosting murah terlebih dulu. Akan lebih baik bila Anda mencari hosting yang sekaligus memberikan gratis domain. Jadi harganya lebih murah. Rata-rata harga hosting untuk besar ruang (space) 2 GigaByte (GB) adalah sekitar Rp30ribuan per bulan. Itu berarti, Anda bisa menyewa per tahun dengan harga total Rp360.000 saja.


Anda bisa cari hosting murah yang space-nya lebih kecil misalnya 750MB, bila keperluan Anda lebih kecil. Sewanya jauh lebih murah, yakni sekitar Rp15ribuan per bulan. Itu berarti, per tahun, sewa totalnya hanya Rp180.000 saja.


Sedangkan hosting yang lebih besar, misalnya space hingga 5GB, harga sewanya mulai dari Rp56 ribuan per bulan. Tapi, jangan hanya cari hosting murah, tapi lihat juga penawarannya. Penawaran terbaik ialah Anda mendapatkan unlimited bandwitdh, unlimited email, unlimited website, gratis domain, support IPv4 dan IPv6, dan mendapatkan akses ke SSH.


Biasanya, untuk mendapatkan semua yang disebut di atas, Anda akan menyewa paket hosting 2GB space dengan biaya (per tahun) Rp360.000. Sampai di sini, Anda sudah punya alamat website, alamat email sendiri, dan hosting.


2. Buat Wordpress


Berikutnya, Anda mesti menginstal Wordpress bisa lewat Softculous, atau lainya. Kemudian, Anda masuk (login) ke dashboard admin Wordpress dan menginstal Plugin yang penting untuk toko online Anda. Dua plugin yang biasa digunakan untuk toko online ialah All in One SEO Pack, dan WooCommerce.


All in One SEO Pack bisa dibeli dengan harga sekitar Rp30 ribuan saja, sedangkan WooCommerce bisa secara gratis, namun tentunya fiturnya belum begitu lengkap. Untuk melengkapi beberapa fitur lainnya, Anda bisa membeli satu persatu secara perlahan. Sekedar informasi, untuk semua fitur secara lengkap biasanya Anda dikenai biaya sekitar $60 per situs/tahun atau sekitar Rp850.000 ribu. Itulah kenapa, untuk di awal ini kita ambil yang gratis saja.


Sampai di sini, Anda sudah punya Wordpress, yang kemudian disambungkan dengan hosting dan alamat domain Anda, serta plug in awal yang dibutuhkan. Anda membutuhkan dana sekitar Rp400.000 saja.


3. Cari Template/Tema Toko Online


Berikutnya, Anda bisa mencari template/tema Wordpress yang mendukung toko online Anda. Anda bisa mengambil secara gratis template premium yang disediakan Wordpress, atau membeli di pihak ketiga. Harga template ini berkisar dari Rp100.000 hingga Rp300.000, bahkan ada juga yang di atas itu. Untuk awal, Anda bisa mengambil template toko online secara gratis yang disediakan Wordpress, atau membeli dengan harga maksimal Rp100.000.


Berikutnya, lakukan penataan letak dan gadget di website Anda, susun sebaik mungkin agar menarik. Sampai saat ini, Anda sudah mengeluarkan dana sekitar Rp500.000.


4. Upload Produk dan Berjualan!


Setelah semuanya siap, maka langkah berikutnya ialah mulailah upload produk Anda satu persatu. Cari foto terbaik dari produk yang akan Anda jual, juga tuliskan secara detail spesifikasi produk tersebut. Juga berikan harga dan cara pembayaran.


Untuk tahap awal, website Anda sudah siap berjalan. Maka, sudah masuk waktunya yang paling dinanti, mulailah berjualan!


Seiring meningkatnya penjualan, keuntungan, dan populernya website Anda, maka perlahan-lahan lakukan peningkatan seperti hosting, plug in, cara pembayaran, dan sebagainya. Tujuannya tentu hanya satu, kepuasan pelanggan. 


Selamat mencoba.

Ads