Pentas Pantomim Kolaborasi Prodi Seni Pertunjukan Unimed dan Teater ISBI Aceh Hibur Warga Deli Serdang -->
close
Pojok Seni
11 December 2021, 12/11/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-11T00:00:00Z
eventteater

Pentas Pantomim Kolaborasi Prodi Seni Pertunjukan Unimed dan Teater ISBI Aceh Hibur Warga Deli Serdang

Advertisement
pentas pantomime Unimed


PojokSeni.com - Pementasan kolaborasi mahasiswa Prodi Seni Pertunjukan Unimed bersama mahasiswa Teater Isbi Aceh. Program kerjasama dengan melibatkan lintas mahasiswa yang di gawangi oleh Frisdo Ekardo, S.Sn,M.Sn sebagai sutradara sekaligus dosen pembimbing karya. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Prodi Seni Pertunjukan Fbs Unimed Martozet, S.Sn, M.A, serta dosen seni pertunjukan Dr. Nurwani, S.ST, M.Hum dan Ilham Rifandi S,Sn, M.Sn. Pementasan teater yang ditampilkan merupakan pementasan  Pantomim yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desesember 2021 lalu ini bertujuan untuk meningkatkan energi kolaborasi antar mahasiswa ke dalam ruang lingkup sosial masyarakat. 

Pementasan ini dilaksanakan di daerah Tambak Bayan, Desa Saintis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Rangkaian kegiatan dimulai dari penampilan bakat anak-anak daerah Tambak Bayan, penampilan puisi dari Ilham Rifandi,S.Sn,M.Sn serta tiga kelompok karya pantomim.  Masing-masing karya yang ditampilkan berdasarkan dari fenomena sosial masyarakat. Dengan hadirnya karya pantomim serta mengembalikan teks sosial menjadi teks dramatik pertunjukan pantomim, bertujuan agar seni peran pantomim mampu menjadi refleksi  masyarakat. Pertunjukan ditampilkan dalam panggung sederhana, mensiasati ruang yang ada demi terwujudnya apresiasi masyarakat. 

Antusiasi masyarakat sangat terlihat dari banyaknya apresiasi yang membanjiri lokasi pertunjukan. Anak-anak yang berada di lokasi pertunjukan sangat menikmati serta merasakan apresiasi baru. Karena kegiatan serta penampilan pantomim merupakan hal baru dari lingkungan Tambak Bayan.

kegiatan ini perlu dilaksanakan beberapa waktu, palingkurang satu bulan dan paling lama sekali satu tahun. "Melalui agenda dan pertunjukan dapat memberikan sarana hiburan serta edukasi yang dapat menyelamatkan anak-anak Tambak Bayan dari kebiasan negatif yang tidak bermanfaat,"  kata seorang tokoh masyarakat setempat, Itteh.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lucas seorang apresiasi yang berasal dari Amerika Serikat. Dia juga mengatakan, "kegiatan ini sangat bagus, mereka lucu dan kami semua sangat menikmati". 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi Seni pertunjukan Fbs Unimed ini merupakan bentuk alternatif media pendidikan yang dilaksanakan melalui penampilan karya seni. Menjadikan masyarakat sebagai penonton aktif. Mereka dapat berinteraksi bersama. Sehingga sebuah pertunjukan dapat memberikan efek terhadap lingkungan sosial masyarakat. Karena bagaimanapun hal yang jauh lebih penting dari sebuah pertunjukan teater adalah manfaat dari tontonannya. Bukan dari mana dan di mana pertunjukan itu ditampilkan. "Selain kota kota besar, masyarakat daerah juga perlu mendapatkan apresiasi," kata Frisdo Ekardo,S.Sn selaku dosen yang mendampingi pertunjukan Pantomim.

Di akhir kegiatan juga adanya diskusi interaksi bersama pemantik Frisdo Ekardo, S.Sn,M.Sn dan Ilham Rifandi, S.Sn,M.Sn. Dengan adanya ruang diskusi dalam setiap penampilan teater berharap adanya  evaluasi dalam meningkatkan materi serta capaian dari kegiatan-kegiatan ke depannya. Sehingga memberikan dampak positif bagi setiap masyarakat.

Ads