Delilah Memotong Rambut Samson dengan Keris, Kata Rembrandt -->
close
Pojok Seni
28 December 2021, 12/28/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-28T00:00:00Z
BeritaSejarahSeni

Delilah Memotong Rambut Samson dengan Keris, Kata Rembrandt

Advertisement
Samson betrayed by Delilah
Lukisan karya Rembrandt van Rijn, Samson Betrayed by Delilah (sumber foto: Wikipedia)


PojokSeni.com - Anda tentu sudah tidak asing dengan kisah Samson si manusia terkuat dan tak terkalahkan, namun kelemahannya adalah rambutnya. Ketika rambutnya dipotong oleh Delilah, kekasihnya sendiri yang berkhianat, maka Samson menjadi tak berdaya. Ia menjadi orang yang sangat lemah dan bisa dikalahkan oleh musuh-musuhnya.


Kisah yang termaktub dalam Alkitab tersebut sudah menjadi kisah mitologi populer di dunia. Seorang pelukis asal Belanda bernama Rembrandt Harmenszoon van Rijn melukiskannya dengan indah  dalam lukisannya berjudul Samson Dikhianati oleh Delilah (Samson Betrayed by Delilah) yang dilukis sekitar tahun 1628 hingga 1630.


Namun di lukisan Rembrandt, Delilah justru memotong rambut Samson dengan keris. Yah, keris dari tanah Jawa. Unik, bukan?


Mengenal Maestro Lukis Belanda, Rembrandt van Rijn


Rembrandt van Rijn


Rembrandt Harmenszoon van Rijn, atau lebih dikenal dengan nama pendek Rembrandt van Rijn adalah maestro pelukis asal Belanda. Ia adalah salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa hingga hari ini. Salah satu keahliannya yang paling dikenal ialah manipulasi ekspos cahaya pada objek untuk menghadirkan efek tertentu dalam karya-karyanya. Hal itu menjadi kontribusi besarnya pada sejarah seni rupa dunia. 


Hal itu juga yang menjadikan Belanda berada di masa keemasan seni rupa pada abad ke-17. Nama Rembrandt dan jasa-jasanya menjadikan pemerintah Belanda mengangkatnya sebagai salah satu pahlawan dan maestri di bidang seni rupa. Ia dikenal pula dengan puluhan lukisan yang saat ini disimpan di berbagai museum di dunia, mulai dari Museum of Fine Arts Boston di Massachussets, Los Angeles County Museum of Art, The Hague, Metropolitan Museum of Art New York, National Gallery London, Musem di Jerman, Belanda, Rusia, Swedia, Amsterdam, Minneapolis, dan sebagainya. Salah satu lukisannya yang paling terkenal adalah "Pelajaran Anatomi oleh Dr Nicolaes Tulp (Anatomy Lesson of Dr Nicolaes Tulp) yang saat ini berada di Maurishuis, The Hague.


Lukisan Samson Betrayed by Delilah


Lukisan Samson Betrayed by Delilah adalah karya Rembrandt yang sekarang disimpan di Gemaldegalerie di Berlin, Jerman. Lukisan ini awalnya merupakan koleksi pribadi dari seorang bernama Govert Flinck, seorang pelukis Belanda yang juga bersahabat dengan Rembrandt. Lukisan tersebut berada di rumahnya hingga akhirnya menjadi milik Frederick 1 dari Prusia. Lukisan tersebut diturunkan ke putranya yang kemudian membawanya ke Berlin.


Dalam lukisan tersebut, digambarkan bahwa Samson sedang tertidur di pangkuan kekasihnya, Delilah. Saat itu, ada dua orang lelaki yang mendatangi Delilah, dan meminta Delilah untuk memotong rambut Samson. Dua orang lelaki itu, satu di antaranya digambarkan penuh dari kepala hingga kaki dan memegang sebuah senjata tajam. Sedangkan satu lagi, hanya digambarkan kepalanya saja muncul dari balik batang besar, tempat Delilah bersandar.


Uniknya, di kaki Samson ada sebuah keris. Keris tersebut yang (mungkin) akan digunakan oleh Delila untuk memotong rambut Samson. Kemungkinan besar, Rembrandt menggambar keris setelah melihat Nusantara yang saat itu masih belum dijajah oleh Belanda. Mengingat, lukisan tersebut dilukis sekitar tahun 1628.


Dari lukisan tersebut, keris sangat jelas tergambar dan berada sarungnya. Keris dan sarungnya terikat di pinggang Samson, yang berarti keris itu merupakan milik Samson. Lihat gambar lukisannya di bawah ini untuk lebih jelas.


Samson betrayed by Delilah
Lukisan Samson Betrayed by Delilah karya Rembrandt (sumber foto: Wikipedia)

Tentunya, hal itu sangat menarik, mengingat keris adalah senjata khas Nusantara. Namun, bisa berada dalam sebuah kisah mitologi ternama yang berasal dari Alkitab.