Cara Membuat Toko Online Sendiri di Shopee dan Merekap dengan Buku Warung -->
close
Pojok Seni
22 September 2021, 9/22/2021 01:18:00 AM WIB
Terbaru 2021-09-21T18:24:01Z
Artikel Sponsor

Cara Membuat Toko Online Sendiri di Shopee dan Merekap dengan Buku Warung

Advertisement
Cara membuat toko online sendiri


Sebagai seorang pemilik usaha, membuka toko online atau membuka online shop menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk perkembangan bisnis yang lebih baik sekaligus menarik konsumen baru. Salah satu marketplace yang paling banyak digunakan oleh pebisnis online ialah Shopee. Selain populer, cara membuat toko online di Shopee pun juga mudah.


Shopee tak hanya memudahkan konsumen Anda dalam berbelanja, namun juga berpotensi menggaet konsumen-konsumen baru dan jumlah omset penjualan Anda. Berikut ini cara mudah membuat toko online di Shopee.


1. Buat Akun 


Sebelum membuat toko online, pastikan Anda telah memiliki akun di Shopee. Cara membuat akun di shopee ialah dengan mengunjungi https://shopee.co.id/ atau mengunduh aplikasi Shopee di Play Store dan Apple Store. Lalu, klik Daftar dan masukkan nomor ponsel Anda. Kemudian lakukan verifikasi menggunakan nomor ponsel yang terdaftar dan email. Pastikan alamat email dan nomor ponsel Anda belum pernah digunakan untuk mendaftar Shopee.


2. Lengkapi Profil


Setelah memiliki akun Shopee, pada pojok kiri atas khusus tampilan menu website, klik menu Jual. Namun jika Anda menggunakan ponsel, maka klik menu Saya pada sisi kanan bawah lalu klik Mulai Jual pada sisi kiri atas. Langkah berikutnya ialah melengkapi profil toko online melalui Seller Centre

Pertama, pilih menu Pengaturan Toko, kemudian isi profil toko dengan lengkap. Mulai dari nama toko online, deskripsi, cantumkan logo jika perlu, kemudian tak lupa isi banner toko juga. Setelah semua data terisi lengkap, klik Simpan.


3. Mengatur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman


Pilih menu 'Alamat Saya' kemudian masukkan alamat lengkap toko Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu alamat bisa menambahkan alamat baru dengan mengklik 'Tambah' pada pojok kanan atas kemudian klik Simpan.


Selanjutnya, pilih jasa kirim yang tersedia di kota Anda. Semakin banyak layanan jasa kirim yang Anda pilih, maka semakin memudahkan konsumen untuk berbelanja. Klik Jasa Kirim lalu centang ekspedisi yang anda pilih kemudian klik Simpan.


4. Masukkan Nomor Rekening Bank


Setelah melengkapi data diri toko hingga memilih jasa kirim, yang tak kalah penting ialah mencantumkan nomor rekening. Nomor rekening ini berguna untuk pencairan dana penjualan. Klik menu Kartu/Rekening Bank, kemudian masukkan password Shopee lalu klik Tambah Rekening Bank, terakhir klik Lanjut.


5. Mulai Berjualan


Nah setelah selesai melengkapi data-data yang diperlukan, kini saatnya Anda mulai berjualan. Cara jualan di Shopee, klik menu Tambah Produk Baru lalu isi data produk mulai dari nama hingga harga lalu klik Simpan. Kini produk Anda sudah terunggah di Shopee dan siap berjualan.


Itulah cara membuat toko online sendiri di Shopee, mudah bukan? Selamat mencoba dan raup keuntungan yang berlipat.


Walaupun berjualan di Shopee berbasis online, rekap penjualan juga sangat penting untuk dilakukan, dengan begitu Anda akan lebih mudah menganalisa hasil penjualan Anda.


Untuk itu, Anda bisa gunakan aplikasi pencatat penjualan Buku Warung, untuk memudahkan Anda dalam mencatat maupun merekap penjualan dari usaha Anda. Jualan di Shopee begitu mudah, kan? Dengan berjualan online, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah tanpa harus keluar rumah.