Perlukah Ibu Menyusui Minum Susu Khusus? -->
close
Adhyra Irianto
13 July 2021, 7/13/2021 02:19:00 PM WIB
Terbaru 2021-07-13T07:19:09Z
Artikel Sponsor

Perlukah Ibu Menyusui Minum Susu Khusus?

Advertisement
susu ibu menyusui yang jadi favorit
susu ibu menyusui yang jadi favorit

PojokSeni.com - Ketika Anda menyusui, maka kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan akan semakin meningkat. Hal itu disebabkan karena untuk meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) dan menjadikan ASI semakin bergizi untuk bayi. Jadinya, ketika Anda sedang memberikan ASI ekslusif, maka tambahan asupan nutrisi sangat penting untuk Anda dapatkan. Karena itu, susu ibu menyusui yang jadi favorit adalah yang memiliki banyak kandungan untuk menambah kualitas dan kuantitas ASI yang diberikan pada anak.


Salah satu caranya adalah dengan minum susu khusus untuk ibu menyusui. Jadi, untuk menjawab pertanyaan "perlukah ibu menyusui minum susu khusus?" Maka jawabannya adalah sangat perlu. 


Di samping mengonsumsi makanan bergizi, sebaiknya ibu menyusui menambah menunya dengan minum susu ibu menyusui. Sebab, susu khusus menyusui adalah susu yang memang diformulasikan khusus untuk ibu yang sedang menyusui anaknya.


Apa saja manfaat yang didapatkan dari minum susu ibu menyusui? Ada banyak kandungan seperti vitamin, mineral, dan zat lainnya yang dibutuhkan untuk menjadikan ASI bisa bertambah baik kualitas dan kuantitasnya. Tentunya, kandungan yang dibutuhkan untuk ibu menyusui akan berbeda dengan yang dibutuhkan orang biasa.


Hal itu yang menjadikan kandungan di susu ibu menyusui juga sangat berbeda dengan susu biasa. Ditambah lagi, ada risiko yang mengintai ibu menyusui karena banyak zat besi yang dikeluarkan lewat air susu. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia zat besi yang bisa menyebabkan osteoporosis.


Sedangkan bagi anak yang menerima ASI tersebut, juga mendapatkan banyak manfaat. Karena ASI lebih berkualitas, maka segala manfaat dari ASI juga akan berlipat. Hal itu menyebabkan pertumbuhan otak, tulang, gigi, dan sistem imunitas bagi bayi juga akan berkembang dengan baik.


Hal yang mesti diperhatikan dalam memilih susu ibu menyusui


Hal yang harus diperhatikan ketika memilih susu ibu bayi adalah memperhatikan kandungan dari susu tersebut. Ada banyak nutrisi yang penting bagi ibu hamil mesti berada dalam susu tersebut.


Apa saja kandungan susu ibu menyusui yang mesti ada? Pertama adalah gangliosida GA yang mesti lebih tinggi. Gangliosida GA adalah sejenis glikosfingolipid kompleks, tujuannya untuk membantu pembentukan struktur, fungsi sinaps, pertumbuhan dan perkembangan neuron serta memori dalam otak hingga bayi berusia 6 bulan. Oleh karena itu, gangliosida GA sangat dibutuhkan oleh bayi agar otaknya bisa berkembang dengan lebih baik. 


Selanjut, susu ibu menyusui juga mesti mengandung Omega-3 (DHA) yang cukup. Sebab, DHA sangat baik dalam menumbuhkembangkan kemampuan dan perkembangan otak. Hal itu bisa menyebabkan bayi Anda menjadi cerdas dan sehat jantungnya.


Kandungan lain yang juga mesti ada adalah vitamin B. Vitamin B sangat berguna untuk memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup.


Selain kandungan di atas, tentunya susu tersebut juga sebaiknya mengandung serat pangan untuk memelihara fungsi saat menyusui. Sebagai tambahan, susu ibu menyusui tersebut juga harus diperkaya dengan kalsium dan zat besi. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan untuk menunjang selama masa menyusui.


Menu makanan sehat alami yang mesti jadi tambahan bagi ibu menyusui


Tentunya sebagai penambah susu ibu menyusui yang selalu menjadi favorit bagi banyak orang, akan lebih baik bila dilengkapi juga menu makanan sehat yang alami. Salah satunya adalah daun katuk yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Selain daun katuk, beberapa jenis sayuran seperti selada, brokoli, dan wortel juga mesti dipertimbangkan untuk masuk dalam menu Anda.


Berikutnya ada kacang-kacangan, pepaya muda, biji wijen, dan pare. Iya, pare yang pahit itu ternyata mengandung banyak asam folat yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi ASI.


Jadi, agar lebih sehat perhatikan betul menu makanan Anda sehari-hari selama sedang menyusui. Ditambah lagi dengan susu ibu menyusui, tentunya akan menjadikan kualitas dan kuantitas ASI akan semakin meningkat. 


Tentunya, tidak hanya susu ibu menyusui yang jadi favorit untuk dipertimbangkan. Tapi, makanan sehat yang alami serta pola hidup sehat juga menjadi pilihan yang tepat untuk dipertimbangkan. 

Ads