Ruangbelajar, Platform dengan Ribuan Video Materi dari Ruangguru Mudahkan Siswa Belajar dari Rumah -->
close
Pojok Seni
17 June 2021, 6/17/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-06-17T00:00:00Z
ArtikelArtikel Sponsor

Ruangbelajar, Platform dengan Ribuan Video Materi dari Ruangguru Mudahkan Siswa Belajar dari Rumah

Advertisement
Ruangbelajar by Ruangguru, belajar jadi mudah
Ruangbelajar by Ruangguru, belajar jadi mudah

Pandemi Covid-19 memang masih belum berakhir, namun calon siswa sudah bersiap masuk tahun ajaran baru di Juli mendatang. Si kecil mungkin baru akan masuk SD, atau kakak-kakaknya baru akan masuk SMP, SMA/SMK, atau sekolah sederajat lainnya tentunya bertemu dengan tantangan baru.


Meski sudah ditetapkan oleh negara bahwa sekolah akan digelar dengan tatap muka, tapi tentu saja tidak akan seperti sekolah di masa sebelum pandemi. Salah satu penerapan protokol kesehatan yang mungkin akan terjadi adalah siswa dibagi separuh kelas, atau kemungkinan lain waktu tatap muka di sekolah menjadi lebih singkat.


Bisa dikatakan, orang tua juga mesti ikut mempertimbangkan proses belajar anak, agar tetap optimal. Apalagi, saat ini Indonesia masih mencoba untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan mengejar ketertinggalan. Maka, jalan satu-satunya adalah, meningkatkan intensitas belajar di rumah.


Nah, RuangGuru punya produk baru yang memudahkan masyarakat Indonesia meningkatkan proses belajar anak dari rumah saja. Ruangbelajar namanya, yang merupakan platform belajar online dengan banyak fitur yang menguntungkan dan memudahkan anak mendapatkan pengetahuan.


Ruangbelajar menjadi sebuah terobosan dari Ruangguru dalam bidang pendidikan, sekaligus perkembangan teknologi belajar. Di dalamnya, ada ribuan video materi, pembahasan, dan pendukung pembelajaran lainnya dengan total mencapai 1.200 sub topik untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD, sampai SMA. Tidak hanya itu, ada juga kuis, latihan soal, rangkuman materi yang dibuat dalam bentuk infografis. 


Ruangbelajar, media belajar interaktif


Belajar interaktif di ruangbelajar by Ruangguru

Konten di dalam ruangbelajar dibuat dengan melibatkan lebih dari 100 orang putra-putri terbaik Indonesia. Ke-100 orang tersebut merupakan lulusan dari universitas top dunia dan Indonesia, mulai dari UI, UGM, ITB, sampai Stanford University, Harvard University, Columbia University, Oxford University, National University Singapore, Nanyang Technological University, dan sebagainya. Jadi, memang orang-orang yang tepat untuk bidang pembelajaran tertentu.


Konten di ruangbelajar juga disusun dan dibuat berdasarkan kurikulum 2013 revisi, dan SKLUN yang paling terbaru dari Kemendikbud RI. Jadi, materi pelajaran yang rumit, yang tentunya cukup menyulitkan orang tua untuk membantu tambahan belajar di rumah, menjadi akan lebih simpel dan mudah dengan mengikuti learning journey di ruangbelajar.


Kelebihan Ruangbelajar


Mengikuti ruangbelajar, menjadikan anak bisa mengerti materi pelajaran dengan lebih mudah, dan cepat. Sebab, selain dijelaskan dengan sangat rinci dan detail oleh pengajar yang kompeten, materi juga dibantu dengan animasi dan infografis yang menarik. Ditambah lagi, tutor yang berusia cukup muda menjadi lebih dekat dengan anak dan menjadikan anak tidak bosan untuk belajar.


Tidak hanya itu, belajar di ruangbelajar juga menjadikan anak lebih terkonsentrasi karena seperti belajar privat (1 guru 1 siswa), apalagi materi juga bisa diunduh untuk disaksikan ulang apabila siswa ingin mengulangi materi. 


Bagaimana dengan biaya? 


Itu salah satu kelebihan ruangbelajar ini. Bila di bimbingan belajar (bimbel) orang tua akan menghabiskan hingga lebih dari Rp10 juta per tahun, maka di ruangbelajar biayanya hanya Rp1000 perak per hari. Yah, berarti bila anak Anda belajar full selama 365 hari per tahun, Anda hanya akan terkena biaya Rp365 ribu per tahun!


Selain biaya dan proses belajar yang lebih mudah, masih banyak kelebihan belajar di ruangbelajar lainnya. Berikut tabel kelebihan lainnya bimbel konvensional dengan ruangbelajar. 


Bimbel Jadul vs ruangbelajar


Jadi, tentunya orang tua bisa memilih ruangbelajar by Ruangguru untuk memudahkan anak mengerti materi yang diajarkan di sekolah. Tidak perlu bingung, karena di ruangbelajar ini juga tersedia materi untuk berbagai jenjang.


Misalnya, orang tua yang anaknya masih SD, tentunya lebih kebingungan untuk membantu proses belajar anak. Sebab, orang tua mesti bekerja dan melakukan kesibukan sehari-hari, sedangkan anaknya butuh waktu untuk belajar lagi. Karena itu, ruangbelajar bisa menjadi pilihan yang tepat dan menjadi tambahan untuk anak Anda.


Bahkan bila Anda menempatkan anak di Bimbel pun, ruangbelajar dari ruangguru tetap bisa menjadi penyempurna proses belajar anak ketika sampai di rumah. Karena banyak grafis yang memudahkan, tutor yang bersahabat dan mengajar dengan detil, maka anak akan terasa seperti bermain, hingga tidak membosankan.


Video animasi yang ada di ruangbelajar adalah Dafa Lulu yang khusus untuk ruangbelajar untuk SD. Dengan cerita yang menarik, dan grafis yang memikat, maka anak Anda terasa seperti menonton film namun tetap mendapatkan materi pelajaran.


Fitur di Ruangbelajar


Belajar di ruangbelajar


Ada banyak fitur di ruangbelajar by Ruangguru yang tentunya memaksimalkan proses belajar anak. Berikut fitur yang ada di ruangbelajar 


  • ruangguru PET
  • ruangguru adventure
  • jadwal belajar
  • asah otak 
  • Adapto (rilis Juli)
  • Konsep kilat (rilis Juli)
  • bank soal
  • laporan belajar


Tidak hanya itu, ruangbelajar juga bisa diakses lewat laptop, komputer, maupun smartphone. Jadi, apa saja gawai yang Anda miliki di rumah, semuanya bisa menjadi media pembelajaran untuk anak Anda.


Atau, Anda bisa mengunduh aplikasi Ruangguru untuk mengakses ruangbelajar, tentunya juga bisa diunduh secara gratis.


Anda bisa mengakses Ruangbelajar by Ruangguru sekarang juga dan pilih paket belajar yang paling cocok untuk Anda. Jadi, jangan takut lagi meski pandemi, karena ruangbelajar by Ruangguru tentu bisa tetap mengoptimalkan proses dan hasil pembelajaran anak Anda.

Ads