Berapa Biaya Kuliah di Universitas Terbaik Dunia? -->
close
Pojok Seni
05 May 2021, 5/05/2021 06:12:00 PM WIB
Terbaru 2021-05-05T11:12:57Z
Artikel Sponsor

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Terbaik Dunia?

Advertisement
Biaya kuliah di Universitas Terbaik Dunia
Biaya kuliah di Universitas Terbaik Dunia


Anda mungkin membayangkan betapa tingginya biaya kuliah di universitas terbaik Indonesia. Apalagi bila dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas terbaik dunia. Namun, apakah Anda tahu berapa sebenarnya angka yang harus dikeluarkan untuk biaya kuliah di universitas terbaik dunia?

Misalnya kita ambil satu contoh jurusan ekonomi, akutansi, keuangan, dan bidang serupa. Tentunya, jurusan-jurusan ini adalah salah satu yang banyak diminati di universitas di luar negeri. Terutama ketika trend anak muda saat ini bergerak ke arah wiraswasta, dan banyaknya perusahaan yang berdiri.

Mari kita simak biaya kuliah universitas terbaik dunia untuk jurusan ekonomi, akutansi, dan keuangan. 

Harvard University


Pertama, kalau menyebut universitas terbaik dunia tentunya Anda akan teringat dengan Harvard University. Diklaim sebagai universitas terbaik dunia, terutama untuk jurusan ekonomi, akutansi, dan keuangan. Lebih mengerikannya lagi, Harvard University merupakan almamater dari 8 orang presiden Amerika Serikat. 

Berapa biaya kuliah di universitas yang berada di Cambridge, Massachusetts, USA ini? Untuk tingkat pasca sarjana, sampai doktoral (Ph.D) Anda mesti merogoh kocek sebesar US$ 61.700 per tahun. Angka itu setara dengan Rp891 juta per tahun.

Stanford University


Masih universitas di negeri paman sam, kali ini di California ada Stanford University yang tergolong sebagai universitas terbaik di dunia, apalagi untuk bidang keuangan, akutansi, dan ekonomi. Posisi kampus yang berada di dekat peradaban dunia, juga menjadikan kampus ini mampu memberi kontribusi pada dunia.

Untuk kuliah di Stanford University, Anda setidaknya mesti merogoh kocek sekitar US$ 53.000 per tahun untuk biaya kuliah. Angka tersebut setara dengan Rp765 juta per tahun.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)


Masih berada di Amerika Serikat, MIT pada beberapa tahun terakhir mendapatkan popularitas dan nama baik untuk perguruan tinggi dengan kontribusi besar pada dunia. Tidak hanya itu, pengembangan ilmu pengetahuan modern juga menjadi kelebihan dari MIT. 

Untuk kuliah di sini, Anda perlu merogoh kocek di US$ 53.400 per tahun untuk biaya kuliah. Sedangkan bila dirupiahkan, angka tersebut sebesar Rp771 juta.

University of Oxford


Sebagai salah satu kampus tertua dunia, Oxford sangat melegenda. Tentunya, kuliah di Oxford menjadi kejaran banyak orang di dunia. Namun, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di Oxford?

Jawabannya, biaya yang harus dikeluarka adalah GBP 34.768 per tahun, atau setara dengan US$48.371. Atau bila dirupiahkan, setara dengan Rp700 juta.

University of Chicago


Nama University of Chicago menjadi ternama karena salah satu lulusannya menjadi presiden Amerika Serikat, yakni Barrack Obama. Untuk jurusan akutansi, keuangan, dan ekonomi, maka universitas satu ini adalah salah satu favorit dunia.

Untuk kuliah di University of Chicago, Anda perlu merogoh kocek sebesar USD53.292 atau sekitar Rp769 juta.

Nah itu tadi rata-rata biaya untuk kuliah ke luar negeri, terutama di universitas top dunia. Tentunya, Anda bisa mempertimbangkan peluang beasiswa dan sebagainya untuk dapat kuliah di deretan kampus ternama dunia di atas. 

Bila memutuskan untuk biaya sendiri, alias mandiri, maka tentunya angka yang disebutkan di atas adalah angka minimal yang harus Anda persiapkan per tahun untuk kuliah di deretan universitas terbaik dunia.

Ads