08 October 2020

author photo

Baca Juga


PojokSeni.com - Ada banyak aktor, pelukis musisi dan seniman lainnya yang mendapatkan label legenda ketika telah meninggal dunia. Termasuk pula ketika pentolan band Van Halen, Eddie Van Halen, musisi legendaris asal Belanda yang ternyata juga memiliki darah Indonesia dari ibunya.


Gitaris bernama lengkap Edward Lodewijk Van Halen ini meninggal di usia 65 beberapa waktu lalu karena kanker. Ia adalah ikon rock n roll dunia dan telah menjadi seorang legenda. Tapi, bukan karena telah meninggal dunia saja, melainkan karena banyak penemuannya yang menjadikan musik dunia menjadi semakin maju.


Ia adalah sosok jenius dan inventor. Ia menjadi seorang gitaris sekaligus penemu dan beberapa ciptaannya menjadi paten gitar miliknya hingga saat ini. Ditambah lagi, teknik yang mumpuni, sehingga seandainya seorang gitaris lain menggunakan gadget yang sama dengan Eddie, sound yang dihasilkan juaga tidak sama.


Beberapa penemuan dari Eddie Van Halen yang telah menjadi paten musiknya antara lain:


Stringed Instrument With Adjustable String Tension Control


Ada semacam "pasak" atau tiang tambahan yang diletakkan di ekor gitar. Lalu senar gitar melilit "pasak" tersebut menjadikan nada lebih konsisten.


Guitar Peghead


Ada peg tuning yang ditempatkan di sisi berlawanan dari headstock gitar. Hal tersebut menjadikan ketegangan senar dapat terus dipertahankan dan mengurangi kemungkinan putus senar.


Musical Instrument Support


Sebuah perangkat yang menjadikan gitaris bisa memainkan instrumentnya dalam posisi tegak lurus dengan tubuhnya. Dengan demikian, gitaris bisa mencapai suara yang biasanya tidak bisa digapai dengan cara konvensional.


Selain patennya di bidang musik, Eddie Van Halen juga dikenal dengan berbagai teknik yang mumpuni. Salah satunya yang paling terkenal adalah two hand tapping.


Ketika Van Halen meluncurkan album berjudul sama dengan nama band di tahun 1978, Eddie Van Halen menampilkan lagu pembuka berjudul Eruption yang merupakan instrument gitar solo melody. Permainan tapping dan two hand tapping, serta speed yang tinggi menjadikan dunia terperangah.


Belum cukup sampai di situ, ternyata Eddie Van Halen juga pemain keyboard dan piano yang mumpuni. Lagu fenomenal Van Halen berjudul Jump misalnya, dibuka dengan nada yang ikonik dari keyboard Eddie Van Halen. Di lagu yang sama, ia memainkan solo gitar dan solo keyboard yang sama memukaunya. 


Sayang sekali, dunia harus kehilangan gitaris legenda satu ini di tanggal 6 Oktober lalu. Semoga tempat terbaik diberikan pada Eddie untuk semua jasanya di bidang musik.

your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...