19 July 2020

author photo

Baca Juga

Tommy Cooper
Tommy Cooper (sumber foto: Wikipedia)

PojokSeni.com - Di tahun 1970-an sampa 1980-an, dunia mengenal nama Tommy Cooper yang terkenal dengan topi fez merah dan rumbai-rumbainya. Serta cerutu di mulutnya yang besar ukurannya. Ia pelawak kenamaan, yang memulai karirnya dari seorang pesulap gagal.

Ia berlatih sulap di The Magic Circle, namun setiap menampilkan adegan sulap justru selalu gagal. Sampai akhirnya, ia malah sengaja membuat kesalahan ketika menampilkan trik sulap dengan tujuan agar penonton tertawa. Penonton awalnya adalah rekan-rekannya di angkatan darat, sekitar tahun 1940-an akhir.

Karir Tommy Cooper terus melesat sebagai pelawak. Ia debut di BBC tahun 1948 lalu memiliki acara sendiri di BBC tahun 1970-an. Cooper selalu berhasil menghibur penonton dan penggemarnya, bahkan sampai akhir hayatnya. Yah, Cooper meregang nyawa ketika sedang siaran langsung. Ketika ia pingsan di atas panggung, penonton di studio maupun di rumah menganggap hal tersebut adalah salah satu dari lawakan Tommy Cooper, sehingga semuanya tertawa.

Kejadian tersebut terjadi tahun 1982, ketika Cooper sedang tampil di acara London Weekend yang disiarkan langsung dari Her Majesty's Theater di London. 
Meninggalnya Tommy Cooper
Tommy Cooper pingsan karena serangan jantung di atas panggung dan ditertawakan (sumber: Youtube)

Ia pingsan di atas panggung dan ada jutaan orang yang menyaksikannya. Nyatanya, saat itu ia terkena serangan jantung, dan semua orang yang menontonnya mengira ia sedang melawak. Maka, semuanya tertawa. Tepat, ketika Cooper membutuhkan bantuan dan harus secepatnya dibawa ke rumah sakit.

Lebih sialnya, bahkan ada penonton di Her Majety's Theatre yang tertawa sampai terjatuh dan terguling. Ada yang tak bisa berhenti tertawa sampai capek. Sampai akhirnya musik untuk jeda dari orkestra berbunyi, dan Cooper didekati oleh tim dan kru. Saat itu, semuanya sadar bahwa Cooper baru saja mendapatkan serangan jantung yang sangat fatal. Dan, semuanya sudah terlambat.

Cooper tak bisa diselamatkan, dan pada malam yang sama ia meninggal dunia di perjalanan menuju rumah sakit. Kabar meninggalnya Cooper juga tidak disampaikan keesokan harinya, namun dunia menyadari telah kehilangan seorang penghibur terbaiknya ketika acara kremasi jenazah Cooper dilakukan esok harinya.

Patung Tommy Cooper
Patung Tommy Cooper

Tahun 2008, sebuah patung untuk menghormati Tommy Cooper selesai didirikan di tempat kelahirannya, daerah bernama Caephilly. Lalu, salah satu bintang hip-hop setempat Dan Le Sac dan Scroobius Pip menulis lagu khusus untuk Tommy Cooper di tahun yang sama.

Juga ada beberapa plakat penghargaan yang dikirimkan ke rumahnya beberapa tahun terakhir. Beberapa acara, dan pementasan teater untuk mengenangnya juga digelar. Namun, Tommy Cooper tetap menjadi salah satu selebriti dunia yang meninggal begitu tragis; ditertawakan penggemarnya sendiri.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...