31 July 2020

author photo

Baca Juga

Guy Goma
Guy Goma, berekspresi heran pertama masuk ke ruang studio berita BBC London

pojokseni.com - Seorang bernama Guy Goma, datang ke kantor BBC London karena dipanggil untuk wawancara kerja. Sebelumnya, Guy Goma telah mendaftar untuk bekerja di media terbesar di Inggris tersebut. 

Kejadian berikutnya sungguh tak terduga, bahkan mengejutkan dunia. Saat itu, Guy Goma yang datang ke kantor itu diminta untuk menunggu di ruang resepsionis.

Seorang staff mendatanginya kemudian bertanya, apakah dia adalah Mr. Guy. Tentu saja, Guy Goma mengangguk dan mengiyakan. Staff tersebut kemudian berkata bahwa wawancara akan segera dimulai. Guy Goma lagi-lagi mengiyakan, karena ia memang menunggu untuk diwawancara terkait pekerjaan.

Maka ketika staff tersebut meminta Guy Goma untuk mengikutinya, lelaki itu segera mengikutinya. Lalu, Guy diminta masuk ke dalam sebuah ruangan yang lengkap dengan lampu dan kamera. Serta seorang pewawancara yang sudah siap menantinya.

Ah, gumam Guy Goma, ini mungkin sebuah tes psikologi. Ia tadinya mengira pewawancara tersebut adalah orang yang harus ia wawancarai. Ternyata tidak, ia yang justru menjadi narasumber dan orang di depannya adalah presenter.

Meski Guy Goma sempat terheran, namun ia tetap siap dengan segala hal yang ia kira sebagai tes untuk kerja di media BBC Inggris. Maka, dimulailah sebuah drama yang tak disadari oleh Guy Goma.

"Baiklah pemirsa, kali ini saya bersama seorang ahli teknologi dari website Newswireless, Guy Kewney," kata presenter.

Guy Goma saat itu menelan air ludah, tapi belum menyadari apa yang terjadi sebenarnya. Guy Kewney yang asli masih duduk di ruang resepsionis dan staf yang tadinya diberi tugas untuk menjemput narasumber yang asli, justru salah membawa orang. Yah, satu kesalahan yang cukup fatal. 

Staf bukannya membawa seorang ahli teknologi yang dijadwalkan akan menjadi narasumber di acara itu. Tapi seorang yang datang karena diundang wawancara kerja. 

Ekspresi Guy Goma ketika diperkenalkan sebagai Guy Kewner

Apa bahasannya? Masalah hukum perusahaan raksasa yang didirikan Steve Jobs, Apple. Kasus yang diulas bertajuk Apple Corps vs Apple Computer. Sialnya, acara itu disiarkan secara langsung. Guy Goma masih menyangka bahwa ini merupakan tes psikologi akhirnya melakukan sebuah improvisasi, yah dia menjadi Guy Kewney selama acara tersebut.

Ia menjawab sebaik mungkin -semampunya- semua pertanyaan dari presenter. Ia memang terlihat begitu terheran, panik, menjawab terpotong-potong dan menarik nafas panjang sebelum menjawab. Tapi, jawabannya bahkan mendapatkan pujian dari banyak orang, termasuk Gey Kewney yang asli.

Guy Goma memprediksi akan ada pengunduhan musik daring yang menjadi trend di masa mendatang. Prediksinya akurat, bukan?

Transkrip Wawancara Guy Goma dengan presenter BBC Karen Bowerman 


Karen Bowerman (KB): Ya, Guy Kewney adalah editor situs web teknologi Newswireless . [Kamera mengarah ke Goma, dengan ekspresi bingung, dan sedikit ketakutan] Halo, selamat pagi untuk Anda.
Goma: Selamat pagi.
KB: Apakah Anda terkejut dengan putusan ini hari ini?
Goma: Saya sangat terkejut melihat ... putusan ini dijatuhkan kepada saya, karena saya tidak mengharapkan itu. Ketika saya datang, mereka memberi tahu saya sesuatu yang lain dan saya akan datang. "Kamu mendapat wawancara," itu saja. Jadi kejutan besar.
KB: Kejutan besar, ya, ya.
Goma: Tepat sekali.
KB: Sehubungan dengan urusan yang terlibat, apakah Anda pikir sekarang lebih banyak orang akan mengunduh secara online?
Goma: Sebenarnya, jika Anda bisa pergi ke mana-mana, Anda akan melihat banyak orang mengunduh melalui Internet dan situs web, semua yang mereka inginkan. Tapi saya pikir jauh lebih baik untuk pengembangan dan ... eh ... untuk meningkatkan orang apa yang mereka inginkan, dan untuk mendapatkan cara yang mudah, dan jadi lebih cepat hal-hal yang mereka cari.
KB: Ini sepertinya benar-benar cara industri musik maju sekarang, bahwa orang ingin masuk ke situs web dan mengunduh musik.
Goma: Tepat sekali. Anda dapat pergi ke mana-mana di warnet, dan Anda dapat mengambil ... Anda dapat pergi dengan mudah. Ini akan menjadi cara mudah bagi semua orang untuk mendapatkan sesuatu melalui Internet.
KB: Guy Kewney, terima kasih banyak. 

Guy Goma lantas tetap mengikuti wawancara kerja setelah kejadian itu. Sialnya, ia tidak diterima bekerja di BBC London.

Tapi Guy Goma mendapatkan banyak kesempatan lainnya. Aksi dadakan yang kebetulan tersebut menjadikan ia mendapatkan berkah lainnya. Ia diundang di berbagai televisi lainnya, dan ia menjadi terkenal. Puncaknya, 2 tahun lalu ia mendapatkan penghargaan "The Best England News Moment".

Guy Goma juga diundang lagi ke BBC acara yang sama dalam kesempatan berikutnya, untuk menceritakan pengalamannya ketika salah undang beberapa waktu kemudian. Guy Kewner yang asli menganggap semua itu murni kecelakaan dan memuji Guy Goma. Keduanya lalu bertemu dan saling berkenalan. Yah, mereka tidak mirip sedikitpun. Guy Kewner berkulit putih, sedangkan Guy Goma berkulit gelap.

Kemampuan Improvisasi


Kemampuan improvisasi Guy Goma saat salah undang saat itu memancing hal lainnya. Guy Goma pernah diundang di acara kuis, menggantikan presenter asli hanya beberapa detik saja. Hal itu terjadi tidak lama setelah kejadian salah undang di BBC. Guy Goma dipersilahkan menjadi presenter dan mengaku sebagai Carr, presenter yang asli.

Tapi, ternyata aksi Guy Goma disukai banyak orang. Bahkan ketika edisi kuis tersebut berikutnya, ketika Carr masuk dan membuka acara, penonton dan konstentan di acara tersebut kompak berteriak.

"Bawa Guy Goma kembali! Bawa Guy Goma kembali!"

Kisah Guy Goma juga difilmkan dalam film pendek yang kemudian disiarkan di BBC. Televisi yang dulu salah mengundangnya.

Tonton video kejadian Guy Goma dan BBC salah undang narasumber di bawah ini.



Sumber: 

Youtube News Blooper - Got the Wrong Guy
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...