Terpaksa Harus Begadang? Ini Tips Biar Kuat Begadang -->
close
Pojok Seni
16 April 2020, 4/16/2020 03:31:00 AM WIB
Terbaru 2020-04-15T20:31:24Z
Artikel Sponsor

Terpaksa Harus Begadang? Ini Tips Biar Kuat Begadang

Advertisement

PojokSeni - Saat sedang muncul ide dan inspirasi, jangan biarkan diam di kepala, langsung curahkan agar tidak hilang. Begitu proses kerja para penulis, baik fiksi maupun nonfiksi.

Sayangnya, saat hendak menutup mata di malam hari, ide itu terkadang datang. Nah, kebanyakan penulis memilih menghabiskan waktu semalaman yang hening dan tanpa gangguan untuk mencurahkan semua pikirannya lewat tulisan.

Begadang bukan hanya bagi para penulis yang kejar deadline. Bisa juga bagi para mahasiswa yang dikejar waktu menyelesaikan skripsi. Atau, bisa jadi Anda mendapatkan jatah atau giliran ronda malam, atau memang bekerja shift malam, tentunya sesekali mesti begadang. Atau, ada hal-hal lain yang memaksa Anda mesti begadang.

Tapi, tidak semua orang kuat begadang. Bila sangat diperlukan, misalnya kejar deadline atau lain sebagainya, ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan biar kuat begadang semalaman.


1. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik membuat Anda lebih rileks, tenang, apalagi bila musik yang didengarkan enak didengar. Mendengar musik juga menjadikan rasa kantuk Anda berkurang.

2. Minum Kopi Hitam

Mengonsumsi kafein, tentunya membantu Anda tetap terjaga. Jangan terlalu banyak, Anda hanya butuh sedikit saja. Segelas kopi hitam yang rasanya mantap, tentunya sudah cukup.

3. Lampu tetap Menyala

Jangan bekerja dalam gelap, kecuali Anda agen rahasia. Pastikan cahaya tetap cukup, agar mata Anda tidak cepat lelah dan bisa tetap terjaga semalaman.

4. Sedikit Peregangan

Sebelum mulai pekerjaan Anda, mulailah dengan sedikit peregangan. Tentunya, hanya untuk meregangkan tubuh, jangan sampai terlalu parah hingga Anda kecapekan.

5. Mandi Sebelum Mulai

Mandi air hangat, atau bila tidak terlalu dingin bisa mandi air dingin, akan menjadikan Anda segar sebelum memulai pekerjaan malam Anda.

6. Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih, agar Anda terhindar dari masalah lambung. Tapi, terpenting, dengan tubuh lebih banyak cairan dan lembab, mengantuk Anda bisa berkurang.

Meski demikian, ingat jangan terlalu sering begadang. Anda musti banyak istirahat, jangan sampai kurang. 

Ads