Beberapa Hal Sepele Ini Bisa Menyelamatkan Nyawa Anda, Banyak Cara di Televisi Menipumu -->
close
Pojok Seni
15 April 2020, 4/15/2020 04:53:00 AM WIB
Terbaru 2020-04-14T21:53:55Z
ArtikelUlasan

Beberapa Hal Sepele Ini Bisa Menyelamatkan Nyawa Anda, Banyak Cara di Televisi Menipumu

Advertisement

PojokSeni.com - Anda sering melihat di televisi, bagaimana cara mempertahankan diri dan menyelamatkan orang yang sedang sekarat, atau hal-hal lainnya yang kadang mengancam nyawa? Beberapa adegan di film apalagi sinetron (Indonesia) di televisi banyak yang menipu. Bila hal itu terjadi pada Anda, jangan ikuti yang ada di televisi, karena nyawa Anda adalah taruhannya.

Beberapa hal sepele di bawah ini, justru sering Anda lihat kebalikannya di sebuah televisi dan film.

1. Mencabut Pisau yang Tertusuk di Perut

Faktanya, mencabut pisau yang tertusuk di perut tidak akan menyelamatkan seseorang. Justru hal itu malah mempercepat risiko korban kehilangan nyawa, karena kehabisan darah.

Cara yang tepat adalah biarkan pisau itu tetap di perutnya, sambil membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Biarkan para tenaga medis yang mencabut pisau itu dari perut korban, karena sudah ada penanganan berikutnya yang akan dilakukan.

2. Berjalan di Tangga dengan Tangan Memegang Sesuatu atau di Kantung

Sering melihat adegan seperti itu di sinetron atau film, bukan? Nyatanya, bila Anda melakukan itu, tanpa ada satu tangan yang mencoba memegang bagian pinggir tangga, maka kemungkinan Anda terjatuh, terpeleset dan sebagainya akan sangat besar.

3. Bertarung dengan Pisau, Memilih untuk Menusuk Lawan

Menusuk memang mematikan, ketimbang "menyabet". Tapi, dalam sebuah pertarungan yang menggunakan pisau pendek, pilihan untuk menyabet atau memotong adalah cara yang paling efektif untuk memenangkan pertarungan.

4. Mengeluarkan Bisa Gigitan Ular dengan Menghisap

Ini paling sering ditemukan pada film zaman dulu. Yah, mungkin orang yang mampu mengeluarkan bisa gigitan ular dengan cara dihisap adalah orang yang punya ilmu kanuragan tinggi.

Faktanya, selain Anda justru "membantu mempercepat penyebaran bisa" itu di tubuh korbannya, Anda justru bisa membuat diri Anda mati keracunan dengan bisa yang tersangkut di rongga mulut Anda. Cara terbaik memang dengan menelpon rumah sakit, atau penanganan medis yang lebih teruji lainnya.

5. Ada Suara dari Kegelapan, dan Anda Mendekatinya

Entah kenapa, ini tipikal film horor. Ketika ada suara di kegelapan, maka karakternya akan selalu mendekat, meski penuh ketakutan dan gemetaran, sendirian!

Bila Anda mendengar suara dari kegelapan, dan saat itu Anda hanya sendirian, maka cari tempat yang terang, lalu cari tempat untuk berlindung atau bersembunyi, silent (diam) ponsel Anda dan mulai menghubungi siapapun yang Anda kenal.

Bila Anda mencoba seperti yang sering ada di film horor, maka berarti Anda mendekat pada satu hal yang mungkin sangat berbahaya atau malah merenggut nyawa Anda.

Beda kasusnya kalau Anda bersama orang lain, setidaknya dua atau tiga orang.

6. Psikopat adalah Orang yang Kejam dan Suka Membunuh

Hem, sepertinya membaca lagi tentang psikopat di buku-buku psikologi, serta hasil penelitian orang lain tentang psikopat akan membuka lagi pikiran Anda.

7. Penyanderaan, Penjahat Meminta Polisi Menjatuhkan Pistol dan Polisi Menuruti demi Sandera tetap Selamat

Bagaimana bila Anda adalah penjahatnya? Anda memegang pistol, di depan Anda ada seorang polisi juga memegang pistol dan Anda memegang seorang sandera. Anda lalu berkata, "jatuhkan pistol Anda, atau kutembak dia!" lalu polisinya menjatuhkan pistol itu. Itu yang ada di film dan televisi.

Maka penjahat yang "sejati" akan segera menembak si polisi, lalu menembak sandera-nya sekalian, bila dalam posisi seperti itu. Baru ia berlari. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan polisi? Tembak penjahatnya, meski ada kemungkinan terkena sandra, tapi itulah kenapa polisi belajar menembak!

8. Kloroform Membuat Orang Pingsan Seketika

Aduh, faktanya hampir 10 menit untuk membuat seseorang pingsan dengan kloroform. Dalam waktu itu, tentunya si calon korban bisa saja merebut kloroform dari Anda, lalu membalikkannya tepat ke mulut Anda.

9. Menggigit Granat Sebelum Melemparkannya

Tentunya, si penggigit pin granat itu memiliki gigi sekuat gajah atau dinosaurus. Bila tidak, maka justru gigi Anda yang lepas, bukannya pin granat itu.

10. Bertemu Perampok Seorang Diri di Tempat Sepi, Lalu Berteriak "Tolong-Tolong"

Iya kalau ada seorang yang tiba-tiba seperti Batman muncul dan menggebuk si perampok. Melakukan hal itu tentu saja bisa menjadikan Anda bulan-bulanan, bahkan mati konyol. Penjahat tentunya tidak akan membawa boneka Hello Kitty, bisa jadi ia malah membawa senjata api.

Cara aman adalah, katakan pada perampok bahwa seluruh uang ada di dalam tas atau dompet Anda, begitu juga ponsel. Lalu, lemparkan sejauh-jauhnya ke arah yang berlawanan dengan arah lari Anda.

11. Menggoyang-goyangkan Tubuh Orang Pingsan, Atau Bahkan Mendudukkannya

Aduh, ini bahkan bisa berakibat fatal bagi si korban. Cara terbaik adalah tetap membiarkannya berbaring dan memberikan penanganan medis atau menghubungi rumah sakit.

12. Ketika Akan Ditabrak Mobil, Hanya Diam dan Berteriak

Ini benar-benar membosankan, apakah si calon korban akan menunggu seorang yang melompat menyelamatkannya? Gerak reflek yang akan dilakukan manusia adalah berlari, melompat dan sebagainya. Meski, mungkin akan tetap ketabrak, tapi berdiam diri, menutup mata dan hanya berteriak itu berarti memang sengaja ingin bunuh diri.

Ads