Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI Inventarisasi Pekerja Seni Terkena Dampak COVID-19, Isi Formulir Ini -->
close
Pojok Seni
04 April 2020, 4/04/2020 03:30:00 AM WIB
Terbaru 2020-04-03T20:30:37Z
ArtikelBerita

Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI Inventarisasi Pekerja Seni Terkena Dampak COVID-19, Isi Formulir Ini

Advertisement


PojokSeni.com - Anda pekerja seni? Maka tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pekerja seni pasti menjadi salah satu yang terkena dampak COVID-19 (Corona) secara ekonomi.

Bagi yang memiliki profesi kesenian, apalagi seni pertunjukan yang melibatkan banyak orang, kerumunan dan kegiatan, sudah pasti akan menderita kerugian. Beberapa pertunjukan teater, tari, musik dan sebagainya terpaksa dibatalkan, atau diundur karena mewabahnya pandemi COVID-19 ini.

Dalam hal ini, tidak hanya seniman saja, tapi kru pendukung, manajemen grup seni dan anggota lainnya juga mendapatkan kerugian yang serupa. Bahkan, ada banyak pula pekerja seni yang hanya mengandalkan hidupnya pada seni semata, tentu akan sangat kesulitan menghadapi wabah COVID-19 ini. (Baca: Ini Deretan Pertunjukan Teater yang Dibatalkan atau Diundurkan Karena Corona)

Untuk itu, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI melalui pengumumannya di sosial media resmi mereka menyebutkan bahwa pihaknya hendak menginventarisasi para pekerja seni yang terdampak COVID-19 secara ekonomi.

Untuk itu, apabila Anda termasuk dalam kategori pekerja seni yang terdampak COVID-19, maka silahkan isi formulir di pranala bit.ly/borangpsps

Masih belum disebutkan apa tindak lanjut setelah pengisian formulir tersebut. Tentunya, kita berharap ada tindakan nyata dari Pemerintah RI melalui stakeholder terkait untuk membantu para pekerja seni yang saat ini mengalami kesulitan. Jangankan untuk menggelar sebuah pementasan, sedangkan menggelar latihan saja sudah terhambat.

Ads