19 March 2020

author photo

Baca Juga

Belajar jadi investor bagi milenial
PojokSeni.com - Anda ingin belajar jadi investor, dengan pendanaan yang kecil dan membantu ratusan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia? Anda bisa mencoba di situs Modal Rakyat (modalrakyat.id). Tapi, sebelumnya baca dulu artikel ini sampai selesai, agar tidak ragu memulai.

Sistemnya gotong royong, jadi misalnya Anda hanya punya dana Rp 50.000 dan tapi Anda ingin membantu menjadi pendana di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau di usaha mikro, seperti toko, mini market dan sebagainya.

Nah, pihak Modal Rakyat nantinya akan mengumpulkan sejumlah pendana, sampai jumlah dananya cukup untuk dipinjamkan pada UKM maupun usaha mikro yang membutuhkan.

Bila UKM, seperti start-up, perusahaan dan sebagainya, akan meminjam dengan dana yang besar di atas Rp 200 juta, maka proses pengumpulan dana dari banyak pendana akan berlangsung dalam waktu 2 bulan. Tapi, untuk usaha mikro yang meminjam dana di bawah Rp 10 juta, maka proses pengumpulannya biasanya jauh lebih cepat.



Usaha mikro yang akan mendapatkan pinjaman cukup beragam. Mulai dari toko kelontong, counter penjual pulsa, sampai toko buku. Anda bahkan bisa melihat data lengkap peminjam dana dari dokumen yang sudah diunggah sebelumnya oleh peminjam sebagai syarat pengajuan pinjaman.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih sendiri usaha apa yang ingin Anda danai. Anda bisa melihat peluang pendanaan, lalu lihat apa saja usaha yang membutuhkan pinjaman dana segar untuk jalannya usaha mereka.

Kelebihan Menjadi Investor Pemula di Modal Rakyat

Industri rumahan, salah satu yang mendapat pinjaman dana dari Modal Rakyat
Kegiatan usaha Modal Rakyat diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Modal Rakyat patuh pada peraturan OJK Nomor 77/POJK. Berdasarkan situs resminya, Modal Rakyat telah terdaftar di OJK dengan Surat Tanda Bukti Terdaftar dari OJK Nomor S-386/NB.213/2018 tanggal 8 Juni 2018.

Selain itu, Modal Rakyat juga menjadi tempat yang tepat untuk belajar investasi bagi remaja dan usia muda, karena minimal pendanaannya sangat rendah. Yah, minimal pendanaan yang diberlakukan di Modal Rakyat hanya Rp 25.000 saja. Dengan hanya Rp 25.000, Anda sudah membantu banyak UKM dan usaha mikro di Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka.

Anda bisa memilih calon peminjam dana

Berapa besar keuntungan yang akan didapatkan investor? Nah, karena pendanaannya kecil, serta bunga yang dibebankan pada peminjam juga cukup kecil (hanya sekitar 12%) maka tentunya pengembalian dananya juga tidak begitu besar. Misalnya Anda meminjamkan Rp 1.000.000, maka dalam satu tahun maksimal Anda hanya akan mendapatkan keuntungan 25%. Itu berarti, dana yang Anda miliki pada akhir tahun adalah Rp 1.250.000.

Tentunya, tidak begitu besar, bukan? Apalagi bila dibandingkan dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan dari investasi yang masih diragukan kebenarannya. Tapi, Anda bebas dari risiko kehilangan uang, dan juga bisa membantu UKM dan usaha mikro yang membutuhkan bantuan dana untuk dapat berkembang.

Latihan "Coba Dulu" Jadi Investor

Ilustrasi Investor
Bagaimana cara mendaftar di Modal Rakyat? Apa saja syaratnya? Nah, Anda hanya perlu mengikuti aturan yang diperlukan. Anda akan diminta data lengkap, foto pribadi, dan hal-hal lainnya untuk validasi diri.

Kemudian, setelah semua data diri sudah lengkap dan verifikasi diri juga sudah dilakukan, Anda sudah mulai bisa mendanai. Belum ada dana? Atau, mau belajar dulu?

Nah, Anda bisa belajar alias coba dulu jadi investor. Caranya, mendaftar lewat banner di bawah ini, kemudian ketika selesai melakukan pendaftaran, pada kode promo ketik "COBADULU25" (huruf kapital semuanya).



Maka, apabila pendaftaran dan verifikasi selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan Rp 25.000 di akun Anda. Nah, Rp 25.000 ini cukup untuk pendanaan minimal di Modal Rakyat. Misalnya Anda pinjamkan pada usaha mikro yang mungkin meminjam sekitar Rp 1 juta, tentunya akan sangat membantu bukan.

Berapa dana yang akan kembali? Ketika tenor sudah selesai dan uang yang dipinjam oleh usaha tersebut sudah dikembalikan, maka dana Anda yang dikembalikan adalah sekitar Rp 25.500.

Gunakan "suntikan dana" ini untuk berlatih menjadi investor. Apabila Anda sudah siap, maka silahkan berinvestasi. Proses penyetoran dana untuk mendanai juga cukup mudah, tinggal pilih dari beberapa bank, lalu setorkan lewat ATM, mobile banking atau cara lainnya.

Yuk, belajar jadi investor dan bantu UKM dan usaha mikro di Indonesia lebih berkembang. Jika sudah siap, silahkan mendaftar di pranala ini: Menjadi Pendana di Modal Rakyat
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...