3 Film Terbaik Korea dan India, Mana yang Lebih Menarik? -->
close
Pojok Seni
04 March 2020, 3/04/2020 07:02:00 PM WIB
Terbaru 2020-03-04T12:02:59Z
ResensiUlasan

3 Film Terbaik Korea dan India, Mana yang Lebih Menarik?

Advertisement


pojokseni.com – Selain Hollywood, ada dua tempat produksi film box office yang ada saat ini, yaitu India dengan Bollywood-nya dan Korea Selatan dengan Hallyuwood-nya. Kedua negara ini mulai menanjak naik popularitas industri perfilmannya akhir-akhir ini. Bukti nyatanya adalah kemenangan film Parasite pada ajang Oscar beberapa waktu yang lalu.

PojokSeni mencoba untuk mengulas 3 film terbaik dari kedua industry tersebut, berdasar dari beberapa hal, yakni rating, penilaian kritikus dan hal-hal lainnya.

Film Korea


1. Parasite (Gisaengchung) - 2019


Tidak dapat diragukan lagi bahwa film Parasite harus masuk ke dalam list film terbaik dari negeri ginseng. Bahkan, Oscar memberikan penghargaan best picture yang merupakan penghargaan tertinggi yang diraih oleh suatu film pada tahun tersebut. Selain penghargaan dari Oscar, film ini juga menang di berbagai ajang lainnya.

Film yang menceritakan intrik antara dua keluarga yang memiliki latar belakang sangat berbeda antara si kaya dan si miskin. Sangat relevan dengan isu sosial yang terjadi pada saat ini dan menghadirkan sebuah kisah yang sangat sulit ditebak namun dapat kita nikmati dan ikuti. Inilah yang menjadi point plus dari film tersebut. Selain kemampuan aktor dan aktris yang sangat mempuni dalam film tersebut.

Selain itu, factor lain seperti kualitas gambar dan musik dari tangan sutradara bong joon-ho juga menjadikan film ini sangat layak untuk mendapatkan best picture Oscar. Karena pengambilan gambar dan musik yang dihadirkan sangatlah apik dan cantik, serta sangat memanjakan penonton untuk menyaksikan tiap adegan yang dihadirkan film parasite. Terkhusus untuk adegan buah persik yang sangat menunjukkan kekuatan pengambilan gambar dan musik pendukung film parasite yang sangat memorable untuk dilupakan

2. Miracle in Cell no 7 (7 Beonbangui Seonmul) – 2013


Film yang sempat diadaptasi kembali di beberapa Negara ini memang layak dicap sebagai film keluarga tersedih dari Negara korea. Info terbaru menyatakan bahwa film ini akan di garap ulang untuk versi Indonesia oleh falcon pictures yang menghadirkan vino g bastian dan tora sudiro sebagai pemerannya. Meskipun penulis sangat tidak mengharpkan lebih dari versi indonesianya karena kualitas versi originalnya sudah sangat tinggi ditambah teaser aplikasi TikTok yang sangat terkesan konyol dan merusak image film tersebut.

Menceritakan tentang seorang anak perempuan dan ayahnya yang berkebutuhan khusus terjebak dalam suatu kejadian kematian seorang anak sehingga membuat sang ayah terpaksa memasuki penjara karena penegakan hukum yang salah dan kecintaan sang ayah terhadap anaknya. Di dalam penjara , sang ayah dipertemukan oleh lima orang tahanan lainnya dan dimulailah kisah sang ayah, teman tahanan serta sang anak yang menyusup demi bertemu sang ayah.

Kekuatan dari film terletak di kisah yang sangat menyentuh, bahkan bisa dipastikan penonton dapat menjatuhkan air mata setelah menonton film tersebut. Selain itu, pesan dan sindiran juga menjadi nilai positif dari film ini. Seperti ketercintaan terhadap keluarga dan ketidak adilan membuat film ini sangat layak untuk ditonton semua kalangan.

3. Train to Busan (Busanhaeng) – 2016


Film yang sekuelnya (Train to Busan 2) baru diumumkan beberapa jam yang lalu saat artikel ini dibuat, adalah sebuah film thriller zombie terbaik saat ini.  Film yang sempat laris dan disukai oleh penggemar film di penjuru dunia ini, mengisahkan seorang manajer keuangan Seok Woo yang berniat berlibur dengan anaknya Soo An ke Busan untuk bertemu dengan ibunya.

Sayangnya, kereta yang dimasuki oleh mereka disusupi oleh seorang wanita yang terinfeksi virus zombie dan menyebar di kereta tersebut

Walau di beberapa daerah virus ini telah menyebar dengan cepat. Dan terjadilah sebuah kisah penumpang kereta yang berjuang untuk selamat dari ancaman virus tersebut dan mengungsi ke kota Busan.

Sejumlah situs dan kritikus film menyebut bahwa ini merupakan film thriler terbaik yang pernah dibuat Korea.


Film India



1. 3 Idiots – 2009


Film pertama yang masuk list ini adalah film 3 Idiots. Film ini disebut sebagai alah satu film dari 100 film yang harus ditonton minimal sekali seumur hidup. Pesan yang kuat, dan bobot cerita yang menarik, sangat menyentuh, sekaligus menghadirkan kelucuan dan bumbu kisah asmara, menjadikan film ini sangat kompleks.

Mengisahkan 3 orang mahasiswa jurusan teknik mesin yang menjalani kehidupan keras di kampus mereka Imperial Collage of Engineering (ICE) yang harus bertahan dari penindasan dari rektor kampus mereka. Selain itu kisah persahabatan diantara ketiganya juga menjadi bagian yang dihadirkan oleh film ini.

Meskipun film ini terbilang sebagai film lama, film ini masih sangat layak untuk ditonton. Apalagi buat pecinta film Bollywood pasti akan dimanjakan oleh film ini karena film ini tidak melepaskan ciri film Bollywood. Yaitu tarian dan nyanyian yang terselip di keseluruhan film.

2. PK (PeeKay) – 2014


Film satu ini memiliki bobot cerita yang cukup berat dan cenderung "berbahaya" karena merembet ke ranah religi. Film ini menceritakan seorang alien yang digambarkan sama dengani sosok manusia yang datang ke bumi untuk menggali informasi yang ada di bumi.

Namun naasnya setibanya di bumi sang alien kehilangan transpoter yang ternyata dicuri oleh manusia. Maka dimulailah kisah sang alien untuk mendapatkan tranpotter itu kembali yang dimana transpotter ini berguna untuk alat komunikasi sang alien ke rekan-rekannya.

3. Lagaan – 2001


Film satu ini disebut-sebut sebagai film Bollywood yang "rasa Hollywood". Sejumlah bintang Bollywwod, seperti Amir Khaan, Gracy Singh, Rachel Shelley dan Paul Blackthorne. Kisah tentang penjajahan Inggris di India tahun 1893, dan ada pajak/upeti (dalam bahasa India Lagaan) yang kerap ditarik oleh pemerintah kolonial.

Masalah bermula ketika pajak dinaikkan menjadi sangat tinggi dan mencekik warga. Sejak saat itu, sejumlah masyarakat di Desa Champener, Gujarat, India melakukan perlawanan. Namun, perlawanan pertama justru lewat pertandingan Cricket.

Film ini meraih kesuksesan di India, juga di dunia. Film ini juga masuk nominasi Oscar dalam kategori film internasional atau berbahasa Asing terbaik. Rating mencapai 8,3 dan metascore yang baik menjadikan film ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda.

Itu tadi tiga film terbaik Korea dan juga tiga film terbaik India. Menurut Anda, mana yang lebih menarik untuk disaksikan? (its/pojokseni)

Ads