Website dan Email Profesional, Cara Jadikan UMKM Anda Lebih Profesional -->
close
Pojok Seni
29 February 2020, 2/29/2020 02:31:00 PM WIB
Terbaru 2020-02-29T07:31:59Z
Artikel Sponsor

Website dan Email Profesional, Cara Jadikan UMKM Anda Lebih Profesional

Advertisement

pojokseni.com - Sebesar atau sekecil apapun bisnis yang Anda miliki, website dan email profesional akan menjadikan usaha Anda lebih terlihat profesional.

Anda bisa melihat bagaimana website perusahaan bermunculan di Indonesia, berbarengan dengan hadirnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga banyak bermunculan di Indonesia.

Tidak perlu modal besar, karena saat ini Anda memang tengah berada di era teknologi dan informasi bisa dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru.

UMKM yang banyak bermunculan saat ini didominasi dari segi fesyen, kuliner, eCommerce dan sebagainya. Tentu saja, melihat usaha-usaha yang kini tengah berkembang, malah ada yang maju, ada dua kesamaan dari usaha tersebut. Pertama memiliki domain perusahaan sendiri (mungkin .com atau .co.id), dan yang kedua memiliki email perusahaan yang profesional.

Kedua hal tersebut menjadi syarat bagi setiap usaha yang ingin mengandalkan internet untuk berkembang. Bentuk email profesional tentunya berbeda dengan email biasa (gratisan) seperti memanfaatkan layanan gmail, yahoo dan sebagainya.

Email profesional memiliki nama seperti ini:



  • redaksi@pojokseni.com
  • iklan@kompas.com
  • admin@tokopedia.com
  • jauhari.ramadan@tokobagus.com


Apa Kelebihan Email Profesional?


Banyak UMKM merasa email profesional tidak begitu diperlukan untuk meningkatkan usaha mereka. Bila Anda berpikir seperti itu, coba lihat ilustrasi ini:


  1. Ada dua email masuk ke inbox Anda, yang pertama dari perusahaan "FULAN" dan yang satu lagi dari perusahaan "FULANAH", keduanya sama-sama menawarkan produk atau kerjasama dengan Anda. Tapi, email pertama adalah marketing@fulan.com sedangkan email yang kedua marketing.fulanah@gmail.com. Kedua isi emailnya benar-benar menarik perhatian Anda, tapi secara jujur, email  yang mana yang akan Anda perhatikan?
  2. Ada kejadian ketika sebuah UMKM memberikan reward atau semacam hadiah bagi pelanggan setianya. Namun, setelah ditunggu berbulan-bulan, pelanggannya tak juga datang untuk mengambil hadiah. Ternyata, UMKM tersebut menghubungi pelangganya via email dan emailnya masih gratisan. Hasilnya, pelanggan setianya yang menang itu takut akan penipuan hadiah, maka mengabaikan saja pemberitahuan pemenang tersebut.


Dari dua kasus di atas, membuktikan bahwa perkara email profesional bukan hal yang remeh. Hal ini bukan hanya perkara reputasi dan branding, tapi juga keamanan dan kepercayaan. Keamanan yang dimaksud adalah, dengan memiliki email profesional dengan domain sendiri, tentunya Anda bisa menjaga keamanan data perusahaan Anda.

Kenapa? Karena dengan memiliki email perusahaan, berarti Anda telah membeli atau memiliki hosting. Maka, email Anda terjaga di dalam hosting Anda sendiri, apabila penuh bisa segera Anda bersihkan sendiri. Dengan demikian, Anda bisa terus menjaga data perusahaan tidak hilang.

Apa yang dibutuhkan untuk memiliki email profesional? Hanya domain dan hosting, yah hanya dua itu. Anda tinggal membeli domain murah berekstensi (dot)com, (dot)co.id, (dot)id dan sebagainya. Apabila Anda sudah punya domain sendiri, selanjutnya Anda perlu hosting.

Hosting adalah tempat Anda meletakkan seluruh data di website. Mulai dari gambar, sampai plugin yang Anda di website Anda akan disimpan di dalam hosting. Apabila ada yang mencoba melihat data-data tersebut, maka Anda akan segera mengetahuinya.

Hosting yang murah, biasanya disewa alias dikontrakkan, sering juga disebut "sharing hosting". Blogger, UMKM dan lainnya tentu akan sangat cocok menggunakan hosting satu ini. Harga dari setiap hosting berbeda-beda, tergantung ukurannya. Semakin besar ukuran hosting yang Anda sewa, maka biayanya semakin mahal.

Tapi, bagi yang tidak mau ribet, ada jenis hosting unlimited (hosting tak terbatas) tapi harganya cukup terjangkau. Salah satunya bisa Anda dapatkan di penyedia hosting unlimited murah di Indonesia, seharga mulai dari Rp24.900 per bulan. Cukup terjangkau, bukan?

Jadi, tertarik untuk memiliki email profesional untuk UMKM Anda? Kenapa tidak? (ai/pojokseni.com) 




Ads