Anda Disibukkan dengan Proyek ? Berikut Tips dan Trik Menyewa Freelancer -->
close
Pojok Seni
25 February 2020, 2/25/2020 08:27:00 PM WIB
Terbaru 2020-02-25T13:27:54Z
DigiMartMarketplace Produk dan Jasa DigitalSitus Freelancer IndonesiaUlasan

Anda Disibukkan dengan Proyek ? Berikut Tips dan Trik Menyewa Freelancer

Advertisement
foto: HackerNoon

pojokseni.com - Freelancer atau biasa disebut pekerja lepas merupakan jenis pekerjaan yang sedang populer di zaman sekarang ini. Bagaimana tidak, seorang freelancer/pekerja lepas dapat bekerja di mana saja dan kapan saja asalkan target kerja terpenuhi. Siapa yang tidak menginginkan pekerjaan seperti itu apalagi generasi milenial yang cenderung berjiwa bebas. Karena kepopuleran pekerjaan freelancer, maka banyak orang yang memiliki proyek besar bahkan perusahaan sekalipun berbondong-bondong mencari jasa freelancer dalam menunjang pekerjaan mereka.

Misalnya saja perusahaan, dengan menyewa freelancer, maka perusahaan dapat menghemat biaya, seperti biaya transport, biaya makan, ataupun biaya pelatihan. Di samping itu, perusahaan juga tidak perlu menambah posisi untuk karyawan baru dan juga dengan jasa freelancer, maka hasil pekerjaan yang didapat bisa beragam karena beda kepala beda juga ide yang didapat sehingga hasilnya akan menjadi lebih berwarna. Tidak hanya perusahaan, individu sekalipun dapat menyewa freelancer/pekerja lepas, misalnya seseorang yang memiliki sebuah usaha restoran dan memerlukan logo untuk restoran barunya sehingga ia tak perlu repot mencari karyawan di posisi desain grafis, tapi ia hanya perlu mencari jasa freelancer/pekerja lepas.

foto: Shutterstock

Di samping nilai positif yang didapat dari menyewa pekerja lepas, ada beberapa kendala yang akan dihadapi, misalnya saja komunikasi dengan pekerja lepas, waktu penyelesaian, dan juga sistem pembayaran. Di era modern saat ini, semakin mudah dalam mencari dan menemukan pekerja lepas. Cukup dengan mengetikkan kata kunci Situs Freelancer Indonesia di kolom mesin pencari, maka akan banyak daftar situs Marketplace Produk dan Jasa Digital yang menyediakan tempat untuk mencari dan menemukan pekerja lepas. Akan tetapi, semakin banyak Marketplace Produk dan Jasa Digital, maka semakin sulit juga untuk menyaring situs mana yang memiliki banyak freelancer yang sesuai dengan harapan kita.

Maka dari itu, Pojok Seni merangkum beberapa tips dan trik dalam menyewa freelancer/pekerja lepas untuk Anda, baik individu ataupun pemilik perusahaan.

  • Buat Peta Proyek



foto: Shutterstock
Dalam tahap perencanaan pengerjaan proyek, ada hal yang harus dilakukan yaitu pemetaan proyek itu sendiri. Pemetaan proyek sendiri dimaksudkan agar kita dapat mengetahui bagaimana proyek harus dimulai, apa saja yang harus dilakukan di tengah proyek, apa saja opsi yang dapat dipilih jika keadaan yang dihadapi berbeda dari rencana awal, dan bagaimana hasil akhir yang diharapkan.

  • Tentukan Jenis Freelancer/Pekerja Lepas yang Dibutuhkan


foto: Shutterstock
Proyek akan berjalan dengan optimal jika semua terencana dengan baik, termasuk dalam hal menentukan jenis freelancer yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek. Jenis freelancer/pekerja lepas harus ditentukan dengan matang, mulai dari pembagian jenis pekerjaan hingga beban kerja agar proyek dapat berjalan optimal.

  • Cari dan Temukan di Situs Freelancer Indonesia yang terpercaya


Situs DIGIMART.CO.ID
Ini adalah salah satu tips yang sangat penting, yaitu mencari dan menemukan freelancer di “kandangnya” atau biasa dikenal dengan nama Situs Freelancer Indonesia. Banyak sekali situs serupa yang menyediakan fasilitas yang hampir sama, sehingga akan sedikit susah dalam memilih mana yang tepat untuk proyek yang sedang Anda kerjakan. Salah satu dari Situs Freelancer Indonesia yang kami rekomendasikan yaitu DIGIMART.CO.ID atau biasa disebut DIGIMART. Situs ini tidak hanya menyediakan jasa, tapi juga banyak produk yang bisa Anda temukan, misalnya tema website wordpress, remote desktop, VPS murah, dan lain sebagainya. Cara kerja situs ini juga mudah dipahami, cukup cari produk dan jasa yang diinginkan, perhatikan deskripsi dan kinerja penjual, kelola transaksi Anda, dan pesanan anda siap diproses. Mudah bukan? Segera kunjungi DIGIMART.CO.ID untuk menemukan lebih banyak freelancer agar proyek Anda dapat selesai dengan sempurna.

  • Jalin Hubungan yang Baik dengan Freelancer/Pekerja Lepas


foto: Shutterstock
Freelancer adalah seorang manusia juga sama seperti kita, tentu memiliki hati dan perasaan. Meskipun dalam hal ini kita yang menyewa jasa mereka, bukan berarti kita bisa bertindak semena-mena, misal memberi perintah yang tidak ada di dalam perjanjian kerja, memberi perintah yang tidak masuk akal, atau beberapa tindakan yang lain. Jalinlah hubungan yang baik dengan freelancer agar proyek Anda bisa selesai bukan hanya tepat waktu, tapi juga sempurna dan sesuai harapan. Bukan tidak mungkin Anda dan si freelancer tersebut menjadi teman dan suatu saat mengerjakan proyek bersama, jadi jalinlah hubungan yang baik, karena “Apa yang kita tanam, itu yang kita tuai”.

  • Berikan Rating Sesuai dengan yang Anda Alami


foto: Shutterstock
Nilai sebuah rating sangat berpengaruh dengan hidup seorang freelancer  ketika sudah berkecimpung di sebuah Marketplace produk dan jasa digital, karena rating merupakan sugesti bagi orang lain dalam hal mencari dan menentukan freelancer mana yang akan direkrut untuk mengerjakan proyek. Di DIGIMART.CO.ID sendiri rating terdapat di bawah nama akun si penjual, sehingga akan terlihat jelas berapa rating yang diperoleh oleh si penjual produk ataupun jasa. Maka dari itu, berilah rating yang sejujurnya, karena dengan seperti itu, berarti kita juga akan membantu orang lain dalam menentukan pilihan, jangan lupa bahwa pengalaman adalah guru terbaik.

Selama kami terdaftar di DIGIMART.CO.ID, kami sangat merekomendasikan kepada kalian yang sedang mengerjakan atau akan mengerjakan suatu proyek, agar dapat mencari dan menemukan freelancer atau pekerja lepas. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menemukan produk seperti tema website wordpress, remote desktop, dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apalagi, segera kunjungi DIGIMART.CO.ID karena ribuan freelancer sudah menunggu untuk menyelesaikan proyek Anda. (smc/pojokseni.com)

Ads