7 Kesenian Khas Jawa Barat Tradisional Unik yang Mesti Anda Ketahui -->
close
Pojok Seni
22 February 2020, 2/22/2020 12:22:00 PM WIB
Terbaru 2020-02-22T05:22:54Z
ArtikelSeni

7 Kesenian Khas Jawa Barat Tradisional Unik yang Mesti Anda Ketahui

Advertisement
Gedung Sate, salah satu ikon Bandung, Ibukota Jawa Barat (sumber foto: Suara.com)
pojokseni.com - Jawa Barat merupakan salah satu provinsi, yang terletak dibagian barat pulau Jawa. Mayoritas penduduk Jawa Barat merupakan suku Sunda. Memiliki luas wilayah 35.377,76+AKA-km dan dihuni oleh kurang lebih 48.683.861 jiwa, provinsi Jawa Barat memiliki sejumlah seni dan tradisi yang menarik untuk dipelajari.

Kesenian Khas Jawa Barat


Sesuai dengan semboyan masyarakat sunda, yakni "Someah hade ka semah". Yang berarti sikap ramah tamah terhadap tamu atau pendatang. Maka tak heran, suku Sunda dikenal dengan keramahann
ya.

Selain itu, Jawa Barat juga memiliki sejumlah kesenian yang sangat menarik untuk dibahas. Dan berikut adalah beberapa Kesenian khas Jawa Barat.

Wayang Golek

Wayang golek, salah satu kesenian khas Jawa Barat
Wayang golek merupakan salah satu kesenian paling populer di tanah Sunda. Pagelaran wayang golek, selalu menjadi hiburan yang paling dinanti. Wayang golek sendiri adalah kesenian, berupa boneka kayu dan dimainkan oleh dalang.

Cerita dari wayang golek, kebanyakan merupakan adaptasi dari kisah Mahabarata dan Ramayana.

Wayang golek hampir tersebar ke seluruh penjuru provinsi Jawa Barat. Dari mulai Cirebon yang berada di ujung timur, hingga Banten yang berada di ujung barat.

Jaipong

Jaipong, kesenian khas Jawa Barat (sumber foto: GoodNewsfrom Indonesia)

Pagelaran wayang golek, biasanya diselingi dengan pentas tari Jaipong. Tari Jaipong sendiri merupakan kesenian khas Jawa Barat, yang menggabungkan beberapa gerakan seperti tari ronggeng, ketuk tilu, dan pencak silat. Tari Jaipong dikenal memiliki gerakan yang energik, dan humoris.

Dikutip dari sebuah sumber, tari Jaipong sendiri berasal dari kota Bandung, dan diciptakan oleh seorang seniman berdarah Sunda.

Tari Merak

Tari Merak, kesenian khas Jawa Barat (sumber foto: Romadecade.org)

Selain tari Jaipong, kesenian khas Jawa Barat lainya adalah Tari Merak. Sesuai namanya, tari ini terinspirasi dari tingkah laku burung merak. Tari merak sendiri pertama kali diciptakan oleh R. Tjetje Somantri, dan biasanya dipentaskan oleh tiga penari atau lebih. Kostum dan gerakan tari merak, meniru gerakan merak yang sedang menarik perhatian lawan jenisnya.

Sisingaan

Kesenian Jawa Barat Sisingaan (sumber foto: jelajahnusae.com)

Sisingaan biasanya dipentaskan sebagai hiburan di acara khitanan. Namun ternyata, kesenian yang berasal dari Subang ini memiliki nilai filosofis yang tinggi. Sisingaan dijadikan lambang perlawanan pribumi, terhadap VOC.

Pentas Sisingaan, biasanya terdiri dari 8 orang pengusung, 2 sisingaan, pengunggang sisingaan, pengiring musik, dan juruh kawih.

Delapan orang pengusung sisingaan, melambangkan rakyat yang tertindas. Sedangkan singa, melambangkan VOC dan penjajah. Penunggang singa yang biasanya anak-anak, melambangkan generasi muda yang harus bisa mengusir dan menunggangi penjajah.

Angklung

Angklung, alat musik Jawa Barat

Angklung adalah alat musik khas Jawa Barat, yang terbuat dari bambu. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Benturan antar pipa bambu, menghasilkan bunyi dengan nada yang indah.

Untuk membuat angklung, biasanya menggunakan bambu hitam (awi wulung) dan bambu ater (awi temen). Salah satu fungsi angklung adalah sebagai pemompa semangat, saat berada di medan pertempuran. Maka tak heran, dahulu Belanda melarang penggunaan angklung.

Calung

Calung, alat musik Jawa Barat

Hampir mirip seperti angklung, calung juga merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Bedanya, calung ditabuh dengan cara dipukul. Calung sendiri menghasilkan nada pentatonik.

Bahan utama calung, biasanya berupa bambu hitam (awi wulung) atau bambu ater (awi temen).

Tutunggulan

Tatunggulan, kesenian unik dari Jawa Barat (sumber foto: AntaraNews)

Kesenian khas Jawa Barat selanjutnya adalah tutunggulan. Tutunggulan sendiri merupakan bunyi-bunyian, yang berasal dari tabuhan lesung dan alu. Dengan memukul dibagian tertentu, biasanya akan menciptakan bunyi tersendiri. Ditambah dengan ritem dan irama yang tepat, bisa menghasilkan bunyi yang semarak dan ramai.

Biasanya kesenian Tutunggulan dimainkan oleh wanita, dan diiringi kawih-kawih yang dinyanyikan pemainnya.

Sebenarnya, masih banyak kesenian khas Jawa Barat lainya yang menarik untuk dibahas. Namun tidak dapat saya tulis semua, mengingat jumlahnya yang sangat banyak.

Yang terpenting adalah, tugas kita secara bersama untuk terus menjaga dan melestarikan kesenian yang ada. (ai/pojokseni.com)

Ads