Download Naskah Drama: Jantan Karya Rian Kurniawan -->
close
Pojok Seni
20 January 2020, 1/20/2020 12:15:00 AM WIB
Terbaru 2020-01-19T17:15:39Z
Materi Teaterteater

Download Naskah Drama: Jantan Karya Rian Kurniawan

Advertisement

pojokseni.com - Jantan, adalah sebuah naskah drama karya Rian Kurniawan, dengan panjang sekitar 24 halaman yang tentunya sangat pas untuk digunakan sebagai naskah pementasan drama.

Naskah ini merupakan pemenang ketiga lomba penulisan naskah drama se-Riau tahun 2019.

Ada tiga orang pemeran dalam naskah ini, antara lain "perempuan tua" alias Tijah.

Dua pemeran lainnya adalah "lelaki tua" alias Darto dan "pemuda" alias Jantan.

Dengan demikian, di naskah ini ada 2 orang pemeran pria dan 1 orang pemeran wanita.

Berikut pengantar dari naskah ini;


Di sebuah tempat yang gelap, kelam dan sunyi. Letaknya masuk dalam peta khasanah negeri melayu. Sungai jantan yang bermuara ke Selat Malaka adalah sungai suci yang dijaga oleh petinggi negeri. Di sungai itu mengalir kasih sayang, dendang tidur seorang Ibu kepada anaknya, serta ribuan nelayan bergantung sejak zaman proto melayu hingga beratus ribu tahum setelahnya. Di negeri melayu nan elok bernama Riau, tersohorlah marwah ke penjuru dunia. Kemegahannya menjadi simbol kekuatan sekaligus simbol ketakutan. Jantan menyimpan sejuta misteri.  Jantan pun menjadi asing ketika gagak-gagak datang dengan jumlah ribuan dari langit berterbangan di atas riak gelombangnya. 

Sehabis badai di negeri antah berantah. Sungai Jantan berubah menjadi sebuah tragedi muara limbah plastik. Pada suatu masa waktu yang tidak diketahui. Putaran bumi yang terus menerus dan semakin menua.  Suasana penuh dengan kesunyian. Panggung penuh dengan limbah plastik. Hanya ada suara burung-burung gagak. Mayat-mayat bergelimpangan namun tertimbun sampah plastik, mereka ada di setiap ruang kosong. Panggung begitu penuh dan sesak. Tampak Seorang perempuan tua menangis, meratap dan sesekali mengalun lagu kesedihan.

Tertarik untuk mementaskan naskah ini? Silahkan download atau unduh naskah drama ini ini pranala ini: Download naskah drama Jantan.

Anda bisa juga mendapatkan naskah drama, monolog dan lain-lainnya di pranala ini: Download naskah drama, monolog dan lain-lain.

Anda memiliki naskah drama atau monolog yang ingin dipublikasikan ke khalayak banyak, silahkan kirimkan ke surel redaksipojokseni@gmail.com. (pojokseni)

Ads