Sudah Daftarkan Sanggar Seni Anda ke Kemdikbud? Ini Caranya -->
close
Pojok Seni
11 December 2019, 12/11/2019 01:15:00 AM WIB
Terbaru 2019-12-10T18:15:09Z
ArtikelBerita

Sudah Daftarkan Sanggar Seni Anda ke Kemdikbud? Ini Caranya

Advertisement
Halaman muka Situs Data Kesenian Nasional
pojokseni.com - Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta seniman segera mengisi data sanggar dan pelaku seni ke aplikasi daring di alamat http://sidesi.kemdikbud.go.id/.

Pengisian data ini ditujukan untuk memudahkan pemberian fasilitas dan bantuan kepada para pelaku seni, komunitas dan sanggar agar dapat terus berkarya. Pengisian data bisa dilakukan di mana saja, dan lengkap. Dengan demikian, pemerintah mampu melakukan pemetaan sanggar seni di seluruh Indonesia dengan tepat.

Pengisian syarat tersebut juga mudah, yakni dengan mengisi data dan kelengkapan yang diperlukan melalui formulir yang ada di situs atau aplikasi tersebut. Setelah itu, grup atau profil Anda akan segera terdata dan pengembangan secara integratif bisa dilakukan dengan tepat sasaran.

Apabila Anda belum mengisi data tersebut, berikut caranya. 



  • Pertama, klik dulu alamat situs http://sidesi.kemdikbud.go.id/.
  • Kedua, Anda akan masuk dalam halaman muka situs tersebut, lalu klik daftar di sudut kanan atas.
  • Ketiga, Anda akan bertemu dengan formulir yang harus Anda isi dengan data yang valid dan akurat. 
  • Keempat, pastikan komputer Anda "allow" pencarian koordinat lokasi.
  • Kelima, khusus untuk file legalitas (apabila grup Anda sudah memiliki badan hukum) Anda bisa memilih SK Notaris, atau SK Kepala Daerah. Kemudian, SK tersebut bisa Anda scan dan unduh filenya berupa jpg, jpeg, png atau PDF.
  • Keenam, setelah mengisi semua data dengan lengkap dan valid, silahkan memasukkan kata sandi yang Anda siapkan sendiri untuk kemudahan Anda login nantinya.
  • Ketujuh, isi captcha (tantangan huruf) untuk memastikan bahwa Anda bukan robot. Setelah selesai, klik "daftarkan sanggar".


Nah, dengan demikian, sanggar atau komunitas Anda sudah didaftarkan di Sidesi Kemdikbud. Lanjutkan berkarya, agar selanjutnya karya Anda bisa didengar dan mendapat dukungan fasilitas dari Kemdikbud. (ai/pojokseni)

Ads