12 November 2019

author photo
Kapten Miller memimpin Band Angkatan Udara (Khusus) di siaran BBC, 13 Juli 1944, dari Corn Exchange di Bedford, Inggris. (Koleksi Alton Glenn dan Helen Miller, Arsip Glenn Miller, Pusat Penelitian Musik Amerika, Universitas Colorado Boulder)

Pemimpin band Glenn Miller, yang hilang di laut 75 tahun yang lalu, memainkan dan memutar ulang lagu itu sebelum pasukan bertugas dalam Perang Dunia II

pojokseni.com - 15 Desember 1944, tepatnya pukul 13:45 waktu setempat, Jumat siang yang mendung di bandara Royal Air Force dekat Bedford, Inggris, Mayor Angkatan Darat AS Glenn Miller berjuang melawan alunan udara yang menyengat di wajahnya dari baling-baling yang sedang berjalan saat ia melemparkan tas kerjanya. dan tas pakaian militer ke dalam kabin pesawat terbang yang tidak bergerak. Mesin tunggal C-64 Norseman, yang dikemudikan oleh Petugas Penerbangan John RS Morgan, naik dalam hitungan menit.
Miller dan Band Amerika-nya dari Pasukan Ekspedisi Sekutu telah muncul di Inggris sejak awal Juli. Sekarang otoritas militer menginginkan orkestra untuk menghibur pasukan di Benua. Bertekad untuk terbang ke depan dan menyelesaikan pengaturan tur, Miller memberi tahu saudara lelakinya dalam surat 12 Desember bahwa "melarang menukik ke Selat, saya akan berada di Paris dalam beberapa hari."

Orkestra Glenn Miller merekam "Moonlight Serenade" pada tahun 1939
sebagai sisi B dari 78 rpm pada label RCA Bluebird. (Andrea Modica)

Miller mengkomposisi musik pada tahun 1935 hanya sebagai "Miller's Tune." Sempat berpindah dari satu penerbit ke penerbit lain dan akhirnya ke penulis lirik Mitchell Parish. Pada tahun 1939 saat Miller merekam lagu sebagai sisi B piringan hitam itu di bawah label RCA Bluebird, seorang produser telah mengubah namanya lagi, kali ini untuk menggemakan sisi A rekaman, komposisi Frankie Carle "Sunrise Serenade." Tetapi sementara "Sunrise" mendapat banyak permainan selama beberapa minggu, "Moonlight Serenade" mengalahkannya sejauh ini.

Lembaran musik untuk “Moonlight Serenade,” 1939.
(Museum Nasional Sejarah Amerika)

Pada 1942, sembilan bulan setelah serangan di Pearl Harbor, Miller mendaftar di Angkatan Darat. Pada Januari 1943, Kapten Miller adalah direktur band-band untuk Komando Pelatihan Angkatan Udara, mengembangkan band-band di pangkalan-pangkalan di seluruh negeri serta memimpin orkestra konser elit dan unit produksi radio. Dia juga menjadi juru bicara Angkatan Udara, penggalang dana obligasi perang dan perekrut.
Di Inggris, band-nya akan membuat 300 penampilan pribadi dan hampir 200 siaran. "Kami menerima tepuk tangan yang tulus" untuk "Moonlight Serenade," kata Miller, "Saya yakin bahwa apa yang kami lakukan di sini bernilai jauh lebih dari semua uang yang bisa saya dapatkan sebagai warga sipil."

Miller baru berusia 40 tahun pada hari Desember ia naik ke C-64 Norseman dan berangkat ke Prancis. Dia tidak pernah tiba, tentu saja, suatu kerugian yang tidak berlebihan untuk mengguncang Amerika Serikat dan angkatan bersenjatanya. Misteri dan desas-desus lama mengelilingi hilangnya pesawat. Salah satu teori yang menonjol adalah bahwa pembom RAF Lancaster yang kembali dari misi yang dibatalkan telah secara tidak sengaja menabrak pesawatnya dengan bom yang dibuang melalui Selat Inggris.

Mayor Miller dan Band Angkatan Udara Angkatan Darat (Khusus) tampil untuk audiensi 3.000 di Kelompok Bom ke-100 Angkatan Udara Kedelapan di Thorpe Abbots, Inggris, pada malam 1 September 1944. (Koleksi Alton Glenn dan Helen Miller, Arsip Glenn Miller, Pusat Penelitian Musik Amerika, Universitas Colorado Boulder)

Saya menemukan jawaban yang lebih masuk akal ketika meneliti buku saya tahun 2017, Glenn Miller Declassified . Dokumen-dokumen pemerintah yang baru dirilis menggambarkan penyelidikan Angkatan Udara Kedelapan sendiri atas bencana itu: Pesawat, yang memiliki sejarah masalah lapisan karburator dan kebocoran cairan hidrolik, kemungkinan besar membeku dan mengalami kerusakan mesin pada ketinggian rendah di atas laut yang dingin. Hingga hari ini, penjelajah mencari puing-puing C-64 yang hancur di antara ribuan keping pesawat Perang Dunia II yang berserakan di Selat Inggris. Namun puing-puing pesawat yang membawa Miller belum pernah ditemukan.

Kapten Glenn Miller, Januari 1943. (Koleksi Alton Glenn dan Helen Miller,
Arsip Glenn Miller, Pusat Penelitian Musik Amerika, Universitas Colorado Boulder)



Alunan "Moonlight Serenade" (Mitchell Parrish-Glenn Miller) (Musik Robbins) direkam pada bulan April 1939 tepatnya pada tanggal 4, bertempat di Victor Studio No. 2 di 155 East 24th Street di New York City. Sumber: Glenn Miller Archives, Pusat Penelitian Musik Amerika, Universitas Colorado Boulder dan dari Perkumpulan Glenn Miller dan Sony Legacy Music) (smc/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement