23 October 2019

author photo
Susan Kare
Perancang grafis ini menerima Lifetime Achievement Award dari Cooper Hewitt untuk ikon komputer, tipografi, dan grafisnya
pojokseni.com - Jika bukan karena sulaman, grafik komputer yang kita kenal dan cintai hari ini mungkin tampak jauh berbeda. Perancang perintis Susan Kare diajari oleh ibunya cara menyulam benang, yang memberinya pengetahuan dasar yang dia butuhkan untuk membuat ikon pertama untuk Apple Macintosh 35 tahun yang lalu. “Prosesnya mengingatkan saya pada bekerja dengan sulaman, pola rajut atau mosaik. Saya beruntung memiliki seorang ibu yang menyukai kerajinan tangan. ”
Gambar monokrom dan resolusi rendah ini dibangun di atas kisi-kisi piksel minimal.

Desain terobosan Kare untuk Macintosh , yang meliputi komputer yang tersenyum saat startup, tempat sampah untuk daur ulang dan disk komputer untuk menyimpan file, sekarang sudah biasa di era digital. Mereka begitu mudah dikenali karena mereka legendaris.
Ikon dan gambarnya — banyak di antaranya dipatenkan melalui US Patent and Trademark Office — untuk Apple, Facebook, IBM, Microsoft, dan klien lain telah membuatnya mendapatkan Lifetime Achievement Award dari Cooper Hewitt, Smithsonian Design Museum . Dia menerima kehormatan 17 Oktober di Penghargaan Desain Nasional Tahunan ke - 20 di Arthur Ross Terrace and Garden di museum.
Dikenal sebagai "Wanita yang memberi Macintosh senyuman ," Kare memiliki sedikit pengalaman dengan komputer ketika dia pertama kali bekerja untuk Apple pada tahun 1983. Dia adalah seorang pematung muda ketika dia menerima telepon dari seorang teman lama yang menanyakan apakah dia akan tertarik melamar pekerjaan menciptakan grafik dan tipografi untuk komputer pribadi baru Apple yang rencananya akan dirilis pada tahun 1984 .
Macintosh dikirimkan dengan rangkaian font asli yang dirancang khusus, yang dimaksudkan untuk memberikan keterbacaan layar serta variasi. Font yang paling tebal, Chicago, digunakan sebagai font sistem Macintosh dari 1984-1997.

Dia dengan cepat mempelajari apa yang perlu dia ketahui dan mulai membuat kumpulan font pertama untuk sistem Macintosh. Karena resolusi layar komputer awal yang terbatas, Kare memastikan desainnya sederhana dan mudah dibaca sambil bergaya dan menarik. “Jenis huruf pertama yang saya rancang adalah Chicago karena kami membutuhkan font sistem yang tebal,” katanya. “Keberanian garis vertikal menginspirasi nama aslinya, Elefont. Saya membuatnya mudah dengan membatasi bentuk huruf menjadi garis vertikal, horizontal atau 45 derajat, dan huruf kapital tingginya sembilan piksel. Sepertinya cukup mudah! ”
Menggunakan grafik pada komputer bukanlah hal baru, tetapi Apple ingin menghilangkan sistem operasi sehingga rata-rata orang akan mengerti secara intuitif apa yang perlu mereka lakukan. Komputer awal cenderung menjadi raksasa yang rumit yang dikembangkan untuk para ilmuwan dan insinyur yang cenderung matematis.
Facebook memungkinkan pengguna untuk saling memberikan hadiah virtual,
token kecil penghargaan yang muncul di halaman profil pengguna.

“Ketika Susan Kare membantu menciptakan antarmuka 'ramah pengguna' Apple di awal tahun 80-an, komputer mulai berbicara dalam gambar,” kata Ellen Lupton, kurator senior desain kontemporer di Cooper Hewitt, Museum Desain Smithsonian. “Ikon-ikonnya yang dipetakan membuat orang merasa disambut dan aman — bahkan ketika sistemnya crash dan memberimu gambar bom. Ikon bitmap asli Kare, dibangun dari kotak hitam kecil, akhirnya diganti dengan ikon yang penuh warna dan bergambar lebih rumit, namun pemikiran intinya tetap sama. Dan Kare terus menciptakan citra yang hangat dan dapat diakses untuk berbagai perusahaan teknologi, termasuk Pinterest, di mana dia bekerja hari ini. ”
Sejak 2015, Kare telah menjabat sebagai direktur kreatif di Pinterest.

Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1986, Kare menjadi direktur kreatif untuk salah satu pendiri Apple Steve Jobs di NeXT, Inc. , Sebuah startup komputer yang berpengaruh yang akhirnya diakuisisi oleh Apple. Dia mendirikan perusahaan desain eponymous sendiri pada tahun 1989, yang menciptakan desain grafis untuk ratusan klien, termasuk Autodesk, Facebook, Fossil, General Magic, IBM, Microsoft dan PayPal.
Sejak 2015, ia telah menjabat sebagai direktur kreatif di Pinterest. Sekali lagi, ia telah menggunakan kecemerlangan konseptualnya untuk mengembangkan serangkaian gambar ikonik, beberapa di antaranya didasarkan pada pin penunjuk untuk melambangkan "menyematkan" item di situs web.

Berkaca pada karirnya, Kare sangat bangga dengan pekerjaan inovatif yang dia lakukan di Apple. Itu adalah waktu yang intens dengan tekanan tak terhitung untuk melakukan peluncuran produk baru yang menuntut berjam-jam kerja, revisi dan bekerja lagi untuk menghasilkan hasil yang menakjubkan. (smc/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement