04 October 2019

author photo
Acara LIFEs di Salihara tahun lalu

pojokseni.com - Komunitas Salihara akan menggelar acara bertajuk LIFEs (Literature and Idea Festival) atau Festival Sastra dan Gagasan. Ini adalah gelaran ke-8, dan mengangkat tema My Story, Shared History (Kisahku, Sejarah Bersama). Acara ini sedianya akan digelar di Salihara, tanggal 12 - 20 Oktober 2019 mendatang.

Sejarah adalah cerita, dan sastra memberi ruang luas pada keragaman cerita. Hal ini yang menjadikan irisan antara keduanya. Namun, sering terjadi perseteruan antara beberapa orang lantaran perbedaan versi cerita sejarah. Hal ini didasari pada satu hal, yang menjadi masalah besar bangsa ini, yakni historiografi yang tertutup dan dogmatis, yang cenderung tak memberi ruang pada keragaman cerita.

Karena itu, acara LIFEs tahun ini mengajak sejumlah penulis dan pembaca untuk merayakan keragaman cerita individu, untuk mengisi ruang kosong dalam sejarah, baik sejarah besar bangsa, maupun antar bangsa. Sebanyak 31 orang penampil dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Belanda, Singapura, Malaysia dan Prancis akan mengisi kegiatan ini. Beberapa kegiatan yang dijadwalkan antara lain pentas, diskusi, kelas, pameran dan kompetisi.

Informasi yang diterima Pojokseni.com dari panitia menyebutkan ada beberapa bintang tamu dalam kegiatan ini antara lain Hilmar Farid, Ayu Utami, Rizal Iwan, Felix K Nesi, Nancy Jouwe, Lara Nuberg dan Robin Block. Selain nama-nama tersebut, masih akan ada banyak nama seniman, penulis dan penampil dari berbagai negara yang ikut hadir dalam kegiatan ini.

Juga akan ada acara malam minggu bersama generasi muda yang merupakan bintang sastra Indonesia bertajuk Starry, Story Night. Acara ini dilanjutkan dengan makan malam Rijsttafel yakni makan malam sastra yang tren sejak zaman Hindia Belanda, dengan meja makan berisi sajian khas Nusantara.

Tertarik mengikuti acara ini? Anda bisa menghubungi IG Salihara untuk keterangan lebih lanjut. (rp/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement