Festival Musik Di Bawah Air Florida -->
close
Pojok Seni
20 September 2019, 9/20/2019 03:54:00 PM WIB
Terbaru 2019-09-20T08:54:46Z
BeritaMusik

Festival Musik Di Bawah Air Florida

Advertisement
Sekelompok orang memainkan alat musik di bawah permukaan air.

Untuk menarik perhatian pada konservasi terumbu karang, penyelam bermain 'bass-oons' dan 'trombonefish' di Festival Musik Bawah Air di Key West.
pojokseni.com - Terletak di kedalaman 20 kaki di bawah permukaan, pasir bergelombang di dasar laut di lepas pantai Florida Keys mungkin bukan tempat yang tepat untuk menyelenggarakan festival musik, tetapi itu tidak menghentikan penggemar musik untuk menyelam di bawah air untuk menggelar festival.
Selama 35 tahun terakhir, bentangan surga sekitar enam mil ke arah selatan Big Pine Key ini, telah menyelenggarakan Festival Musik Bawah Air, sebuah acara yang memadukan musik dengan konservasi. Dilengkapi dengan gitar, terompet, drum dan alat musik lainnya. Stasiun radio lokal US-1 Radio 104.1 FM juga ikut menyiarkan langsung pertunjukan itu untuk dinikmati oleh masyarakat.
Salah satu alat musik hybrid.
Selama bertahun-tahun, acara ini berubah dari upaya kecil yang dilakukan bersama oleh beberapa penduduk setempat, termasuk mantan disk jockey, Bill Becker dan dokter gigi Fred Troxel, dengan gagasan bahwa dengan begitu, orang-orang dapat melihat apa yang terjadi di bawah permukaan, dengan harapan kemungkinan orang-orang akan tertarik untuk melindungi kekayaan laut mereka. August Powers, seorang seniman lokal, membuat kerajinan alat musik asli menggunakan timah dan tembaga non-korosif, yang terinspirasi oleh kehidupan laut dan termasuk alat musik hybrid yang lucu seperti "bass-oon" dan "obloe-fish" itu persilangan antara obo dan blowfish. Di masa lalu, ia telah menciptakan "trombonefish" dan "manta-lin."
Wanita yang memainkan alat musik hybrid.
“Tiga puluh lima tahun yang lalu beberapa penduduk lokal Keys duduk dan ingin mencari cara untuk membawa kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga, memelihara, dan membangun kembali terumbu karang,” kata Dave Turner, direktur eksekutif Lower.
Saat ini tidak jarang bagi penyelam untuk mengenakan kostum hiu atau ikan sebelum turun ke dalam, tetapi fokus festival tetap sama, yaitu untuk melindungi terumbu karang setempat dan lingkungan laut yang merupakan Daerah Pelestarian Suaka Looe Key Sanctuary.

Menurut Departemen Perlindungan Lingkungan Florida, “Florida adalah satu-satunya negara bagian di Amerika Serikat kontinental dengan formasi terumbu karang dangkal yang luas di dekat pesisirnya.” Karena terumbu karang menyediakan ekosistem penting bagi kehidupan laut, penting bahwa mereka tetap dilindungi, terutama karena banyak terumbu karang di seluruh dunia dan terus terancam.
Memainkan terompet di dekat ikan.

“Pelestarian terumbu karang adalah tujuan utama kami,” kata Turner. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, festival berlangsung di daerah berpasir di dekatnya sehingga para musisi tidak mengganggu karang ketika mereka tampil. Meskipun mengadakan festival musik di bawah air mungkin tampak sedikit di luar sana, Turner dengan cepat menunjukkan bahwa itu benar-benar masuk akal.
"Musiknya jelas tidak sejelas ketika Anda sedang duduk di sebuah ruangan dengan stereo, tetapi Anda masih bisa mendengarnya dan memahami lirik dan musiknya," katanya. "Jika Anda pergi ke bawah air, Anda akan mengenali Lagu dan itu akan terdengar sama, hanya saja memiliki nada yang sedikit berbeda. Ditambah suara akan bergerak lebih cepat dan juga jangkauan lebih jauh ketika di bawah air. "
Wanita yang memainkan alat musik hybrid.
Festival Musik Bawah Air tidak memungut biaya apapun dari pengunjung alias gratis. Festival ini berlangsung mulai pukul 10:00 hingga 14:00 waktu setempat setiap tanggal 13 Juli.

Apakah menurut kalian hal tersebut efektif untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya terumbu karang ? Laut adalah kekayaan kita, maka dari itu kita harus menjaganya agar anak cucu kita kelak dapat menikmati apa yang telah kita nikmati. (smc/pojokseni)

Ads