Obat Cacing, Fungsi dan Manfaatnya untuk Anak -->
close
Pojok Seni
10 March 2019, 3/10/2019 11:14:00 PM WIB
Terbaru 2019-03-10T16:14:40Z
Artikel Sponsor

Obat Cacing, Fungsi dan Manfaatnya untuk Anak

Advertisement

pojokseni.com - Obat cacing merupakan salah satu obat yang seringkali disepelekan oleh banyak orang tua, karena dianggap sebagai salah satu hal yang menurunkan gengsi. Di mana seorang anak mengkonsumsi obat cacing padahal untuk negara yang memiliki iklim tropis, khususnya di Indonesia.

Ditambah lagi pada daerah yang memiliki kebersihan kurang baik, maka obat cacing sangat diperlukan dan juga dibutuhkan. Jika tidak diatasi dengan baik, maka terjadi infeksi cacing yang dapat menimbulkan komplikasi salah satunya adalah anemi.

Hal ini juga sangat penting untuk anak-anak yang seringkali terpapar oleh kuman dan juga bermain secara sembarangan. Namun harus tetap berhati-hati dengan obat cacing karena bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya jika diberikan secara sembarangan.

Pengertian Cacingan 


Cacing atau penyakit cacingan merupakan salah satu kondisi kesehatan yang terjadi semasa anak-anak hingga dewasa, di mana cacingan seringkali dianggap sebagai faktor yang berkaitan dengan gizi buruk ataupun gangguan pertumbuhan, serta kemampuan kognitif pada anak.

Cacingan seringkali terjadi di mana ketika cacing parasit masuk dan hidup di dalam tubuh seseorang. Selanjutnya mereka dapat berkembang biak dan juga menyerap nutrisi yang ada dalam tubuh, sehingga menyebabkan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh anak-anak menjadi hilang dan dikonsumsi oleh cacing tersebut.

Gejala Cacingan 


Hal yang perlu Anda ketahui adalah infeksi cacing pada anak-anak, seringkali tidak menunjukkan gejala yang cukup signifikan. Biasanya ditandai dengan gejala biasa seperti :


  • Sakit perut 
  • Adanya penurunan berat badan 
  • Kehilangan nafsu makan 
  • Anemia 
  • Ruam gatal gatal 
  • Mual serta nyeri di sekitar anus dan juga 
  • Sulit untuk tidur 


Di sisi lain jika muncul gejala yang lebih parah, maka akan terjadi muntah, diare, hingga tinja berdarah. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh semua orang tua, karena cacingan sendiri akan penyakit yang sulit untuk diatasi.

Nah, untungnya hampir semua infeksi cacing bisa diatasi dengan obat oral dokter akan membantu meresepkan obat cacing untuk anak dan juga melakukan perawatan cacingan.
Berdasarkan jenis infeksi cacing yang ada pada si kecil. Untuk membeli obat secara bebas atau sembarangan karena bisa jadi obat cacing yang anda beli secara sembarangan, tidak cocok untuk anak-anak dan justru menimbulkan bahaya.

Obat Cacing Anak yang Bagus dan Ampuh


Cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau disebut juga anthelmintic. Mebendazole, Albendazole, Levamisole, dan Pyrantel merupakan beberapa obat cacing untuk anak yang aman dikonsumsi Si Kecil.

Albendazole

Obat cacing ini digunakan untuk mengobati infeksi cacing pita dengan membunuh parasit yang sensitif. Jangan gunakan albendazole jika anak memiliki alergi terhadap obat ini. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat tersebut untuk anak Anda.

Levamisole

Anthelminthic yang satu ini digunakan untuk mengobati infeksi ascariasis dan infeksi cacing tambang campuran. Obat ini aman dikonsumsi baik dewasa ataupun anak-anak. Bagi ibu hamil, levamisole tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama trimester pertama.

Pyrantel

Pyrantel juga merupakan obat jenis antihelmintic atau anti-cacing. Obat ini mencegah cacing untuk tumbuh dan berkembang biak di dalam tubuh. Pirantel digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi dan cacing gelang. Sebelum memberikan pirantel pada Si Kecil.

Mebendazole

Obat cacing untuk anak yang satu ini digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing tambang. Sebelum mengonsumsi mebendazol, penting bagi Bunda untuk berkonsultasi ke dokter. Mebendazole tidak dianjurkan diberikan pada anak usia di bawah dua tahun.

Mengatasi dan  Mencegah Cacingan 


Meskipun obat cacing anak bisa berguna untuk mengatasi berbagai masalah penyakit, salah satunya adalah penyakit cacingan anak. Namun seringkali menyebutkan bahwa lebih baik mencegah dibandingkan mengobati selain dengan obat cacing. Untuk anak Anda juga harus bisa melakukan berbagai langkah pencegahan terhadap penyakit ini, sehingga dengan begitu anda akan terhindar dari penyakit tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter yang bisa membebani anak.

Anda bisa melakukan perawatan dengan cara yang sangat mudah, yang dimulai menjaga kebersihan rumah dan juga toilet dengan menggunakan desinfektan yang baik. Setelah itu jangan biarkan anak Anda berjalan atau bermain tanpa alas kaki di tempat-tempat yang memungkinkan adanya kotoran genangan air tanah serta kubanga. Tempat tersebut merupakan tempat yang memungkinkan terdapat cacing yang cukup banyak dan bisa masuk ke dalam tubuh anak-anak melalui pori-pori.

Di sisi lain jagalah kebersihan mainan anak-anak dan pastikan seluruh anggota keluarga untuk melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun, sebelum makan ataupun setelah dari toilet. Kebersihan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan kuku anak Anda.
Potong kukunya jika sudah panjang, mengingat kuku yang panjang merupakan salah satu tempat bersarangnya bakteri dan juga kuman.

Cacing juga bisa didapatkan dengan makanan yang sembarangan dan tidak matang. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang sudah direbus secara matang dan juga mendidih.

Selain itu mencuci buah dan juga sayuran secara menyeluruh dengan air bersih, serta cobalah untuk memilih daging dan ikan yang masih segar secara seksama dan masaklah daging secara matang. Karena berbagai masakan atau makanan yang belum matang atau setengah matang memungkinkan adanya cacing. (as/pojokseni.com)

Ads