Ada Apa Di BI NETIFEST 2019 ? -->
close
Satria Marcelino
20 March 2019, 3/20/2019 01:00:00 AM WIB
Terbaru 2019-03-19T18:00:04Z
ArtikelUlasan

Ada Apa Di BI NETIFEST 2019 ?

Advertisement
BI Netifest 2019
pojokseni.com - BI Netifest 2019 merupakan sebuah acara super-eksklusif yang diadakan oleh Bank Indonesia dalam rangka mengumpulkan para finalis lomba BI Goes To Campus (BIGTC) di satu tempat agar mereka bisa saling bertemu, mengenal dan diharapkan para “netizen” yang telah dianggap sebagai “influencer” ini dapat menjadi “influencer” yang baik. Mengapa saya sebut acara ini super-ekslusif ? Karena setiap peserta yang hadir, diinapkan di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, sebuah hotel bintang 4 dengan 19 lantai menjulang tinggi. Tidak sampai di situ, acara ini juga mengundang artis pada malam puncaknya, nanti akan saya ulas di akhir ulasan ini. Acara ini digelar selama dua hari, yaitu 1-2 Maret 2019. BI Netifest sendiri merupakan singkatan dari Bank Indonesia Netizen Festival.

Nah, kebetulan pojokseni.com yang diwakili oleh salah satu penulisnya yaitu Satria Marcelino mengikuti lomba ini dan lolos menjadi finalis. Apa saja yang dilakukan pojokseni.com di hari pertama BI Netifest 2019 ?
Satria Marcelino - Perwakilan pojokseni.com

Agenda pertama yang wajib dilakukan di hari pertama, yaitu bangun dari tidur, kemudian para peserta dipersilahkan untuk sarapan yang telah disediakan oleh pihak hotel dan semua itu dilakukan dengan tidak terburu-buru, karena acara baru akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Tepat pukul 13.30 setelah istirahat, sholat dan makan, para peserta diangkut dengan sebuah bus menuju museum yang sangat menarik bagi saya, Museum Bank Indonesia. Setelah tiba di museum, para peserta dipersilahkan untuk registrasi dan mendapatkan sebuah tote-bag yang berisikan sebuah tempat minum dengan cetakan nama Bank Indonesia di sisi luarnya kemudian sebuah majalah yang membahsa Big Data serta tentunya sebuah nametag yang telah tercetak nama peserta.
Para Peserta Mengantre Untuk Registrasi
Agenda selanjutnya yaitu Tour De Museum, begitu mereka menyebutnya, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan mulai menyusuri tiap bagian dari museum ini sendiri. Sebelum masuk ke bagian dalam museum, para peserta diharuskan untuk meninggalkan tas mereka, baik itu tas kecil ataupun tas besar. Apa saja yang ada di dalam museum ? Banyak sekali, fokusnya sendiri menceritakan tentang sejarah Bank Indonesia itu sendiri dari zaman kolonial hingga sekarang. Hal menarik dari museum ini adalah cara pengemasan informasi yang sangat informatif dan dapat dengan mudah dipahami oleh setiap orang yang datang, mulai dari patung, reka adegan sebuah pertemuan, tulisan, replika barang hingga peralatan elektronik yang menyediakan berbagai informasi interaktif.
Deretan Tokoh Di Dinding Museum Bank Indonesia
Layar Interaktif yang Mengajarkan Penggunaan Uang
Setelah Tour De Museum, agenda selanjutnya adalah “Ngobrol Asik Kopi Nusantara” dengan menghadirkan seorang barista cantik bernama Gabriella dan Ayudia serta Ditto, seorang vlogger yang sedang tren saat ini. Talkshow santai ini mengupas tentang kualitas dan potensi kopi nusantara dan juga membahasa bisnis kopi di era ekonomi digital yang merupakan peluang bagi para milenial untuk mengeluarkan kreatifitas mereka. Menariknya di Talkshow santai ini, memang benar-benar santai dan asik, di sekitaran panggung terdapat 6 buah booth kopi dari berbagai daerah, yaitu Aceh, Medan, Padang, Lampung, Bandung dan Nusa Tenggara Barat. Menariknya, setiap orang yang hadir dapat menikmati kopi secara gratis, kecuali Anda ingin membeli biji kopi yang ada di dalam kemasan untuk dibawa pulang. Saya sendiri membeli kopi arabika dan robusta dari Nusa Tenggara Barat, nanti untuk bagian kopi akan dibuatkan ulasan tersendiri.
Ngobrol Asik Kopi Nusantara

Ayudia dan Ditto
Malam tiba, setelah para peserta makan malam, acara pun dibuka dengan sebuah tarian kontemporer dengan diiringi lagu yang diolah oleh seorang pemusik EDM (Electronic Dance Music) yang memiliki nama panggung Alffy Rev. Acara ini sendiri dipandu oleh Daniel Mananta, seorang artis yang sering kita kenal dengan nama VJ Daniel. Acara kemudian dibuka oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara. Beliau menyampaikan tugas BI dlm menjaga stabilitas nilai tukar dilaksanakan melalui sektor riil, salah satunya pariwisata & kopi. Untuk itu, di BI Netifest 2019 ini, BI mendorong sektor riil menembus pasar ekspor melalui platform digital dalam rangka memperkuat devisa negara. Setelah itu acara pengumuman nominasi tiap mata lomba, acara ini berlangsung dengan penuh bunyi detakan jantung.
Peserta Antusias Menyaksikan Pertunjukan

Penampailan Pembuka

VJ Daniel dan Rekannya Membawakan Acara



Setelah setiap pemenang diumumkan, acara dilanjutkan dengan nyanyian seorang bintang Indonesian Idol, Brisia Jodie yang diiringi oleh musik dari Alffy Rev. Terakhir, acara ditutup dengan penampilan dari RAN yang membawakan sekitar 7 buah lagu yang dinyanyikan berkesinambungan, tak jarang mereka memberi jeda di tengah lagu untuk minum sejenak, wajar saja, keringat mereka sangat banyak berjatuhan pada malam itu.
Brisia Jodie ft. Alffy Rev
RAN Membawakan 7 Buah Lagu
Setelah acara selesai, para peserta diantar pulang menggunakan bus yang sama ke hotel tempat para peserta diinapkan.

Lalu, apa yang terjadi di hari kedua ? Hari kedua dipenuhi dengan berbagai macam workshop, dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, para peserta mendapatkan materi dari berbagai narasumber. Apa saja workshop tersebut ? Simak pembahasan selanjutnya hanya di pojokseni.com.  (smc/pojokseni.com)

#binetifest2019

Ads