Seni, Imitasi dan Representasi (Bagian I) -->
close
Pojok Seni
26 February 2019, 2/26/2019 01:48:00 AM WIB
Terbaru 2019-02-25T18:48:07Z
ArtikelSeni

Seni, Imitasi dan Representasi (Bagian I)

Advertisement

Plato

pojokseni.com - Teori-teori awal yang dikenal atas seni dalam filsafat Barat diusulkan oleh Plato dan Aristoteles muridnya. Fakta –fakta atas bentuk seni yang paling meresahkan mereka adalah drama. Dalam bukunya yang berjudul  “Republik”, Plato memperkenalkan sebuah model negara yang ideal.

Dalam bukunya, ada  bagian Plato menguraikan Negara Ideal, ia berpendapat bahwa para penyair-terutama dramawan-harus dilarang. Dalam rangka untuk membenarkan atas dilarangnya penyair dan dramawan dari negara ideal, Plato telah memberikan alasan untuk itu. Dan alasan Plato ditemukan ada hubungannya dengan apa yang ia anggap sebagai sifat drama. Menurut Plato, esensi dari drama adalah imitasi-bersifat mensimulasi penampilan. Artinya, aktor dalam drama meniru tindakan siapapun yang mereka wakili. Dalam Medea, aktor, misalnya, sifat meniru harus memiliki penjelasan.

Plato berpikir bahwa ini adalah masalah utama karena ia percaya bahwa sebuah pertunjukkan drama mampu menarik emosi dan mengaduk emosi, tentu berbahaya secara sosial. Jika warga Negaranya tidak stabil maka Negara tersebut juga tidak stabil, siap untuk terombang-ambing oleh hasutan bukan oleh akal sehat.

Uraian Plato terhadap puisi masih kita dengar sampai hari ini ketika datang diskusi ke sebuah media massa. Seringkali kita diberitahu bahwa TV dengan citra-nya yang menggoda – penampilan yang menggiurkan - membuat kita untuk memilih tanpa pikir panjang. Dirancang dengan hati-hati, visual yang menawan, iklan politik menarik emosi pemberi suara (dalam pemilihan presiden misalnya) daripada menarik pikiran mereka. Jika Plato masih hidup hari ini, dia mungkin ingin menyensor iklan politik untuk alasan yang sama bahwa ia ingin melarang penyair drama.

Aristoteles, bagaimanapun, percaya bahwa masalah yang dikemukakan Plato terlalu dibesar-besarkan. Meskipun ia setuju bahwa drama membangkitkan reaksi emosional dari penonton, namun dia berpikir bahwa  tidak semua drama melakukan hal tersebut . Tragedi membangkitkan kasihan dan ketakutan kepada penonton, namun, Aristoteles berkata, hal ini bertujuan untuk menimbulkan katarsis, dan katarsis bertujuan untuk membersihkan emosi. Yang dimaksud dengan "katarsis" diperdebatkan di kalangan ulama.

Beberapa mengatakan bahwa itu berarti "mengklarifikasi" emosi; yang lain berkata bahwa katarsis berarti "memurnikan" mereka; dan yang lain berpendapat bahwa katasis berarti "mengevakuasi" mereka. Tapi, dalam hal apapun, jelas bahwa Aristoteles berpikir drama merangsang tanggapan emosional untuk tujuan menguntungkan, bahkan jika kita tidak yakin tentang sifat dasar yang tepat maka tujuan tersebut ada dalam pikiran.

Selanjutnya, Aristoteles juga berpikir bahwa Plato keliru mengira bahwa drama tidak mengatasi pikiran penonton. Aristoteles menyatakan bahwa orang dapat belajar dari imitasi, termasuk imitasi dramatis, bahwa kemahiran ilmu pengetahuan berasal dari meniru yang merupakan sumber utama  yang dinikmati oleh penonton yang mereka dapatkan dari sebuah pertunjukkan.

Secara khusus, Aristoteles berpikir bahwa dari puisi dramatis, penonton dan pembaca mampu belajar tentang peristiwa sosial - tentang bagaimana sebuah peristiwa sosial yang cenderung berubah-ubah dimungkinkan untuk dimasukkan ke dalam gerak laku (misalnya, pada suatu waktu, seorang wanita yang kuat dan cerdik seperti Medea dilemparkan oleh saingannya yang lebih muda).

Dengan demikian, Aristoteles berpendapat secara implisit bahwa drama sudah cukup baik bagi kita dan berhenti menerapkan rekomendasi Plato. Penyair dramatis dapat tetap tinggal di kota yang layak.

Meskipun Plato dan Aristoteles tidak setuju dalam diagnosis mereka dari efek puisi dramatis, mereka tetap setuju pada sifatnya. Keduanya terlibat secara esensi bahwa puisi meniru gerak laku.

Puisi dramatis mewakili peristiwa sosial kemudian peristiwa sosial disimulasikan di atas panggung. Plato dan Aristoteles juga berbicara tentang lukisan dalam diskusi mereka tentang puisi, dan, sekali lagi, keduanya sepakat bahwa lukisan pada dasarnya adalah soal meniru - kelihatan seakan-akan benar. Plato menggambarkan lukisan dengan persamaan menunjuk ke arah cermin - ide Shakespeare meluas ke drama Hamlet ketika menginstruksikan pemain untuk memegang cermin ke atas agar melihat diri mereka.

Apa yang pelukis coba lakukan, pada pandangan Platonis-Aristotelian, adalah untuk mereproduksi penampilan dari sesuatu – menyalinnya – tidak hanya manusia, tetapi objek dan peristiwa. Pandangan mereka tentang lukisan sejajar dengan pandangan budaya mereka. Cerita Yunani populer dari pelukis Zeuxis, misalnya, Zeuxis dipuji karena ia mampu menggambar anggur begitu mirip dengan rupa anggur sesungguhnya sehingga burung mencoba untuk memakannya.


Sejak Plato dan Aristoteles memikirkan bahwa tari dan musik menyertai dramatik (atau agama) pertunjukkan, atau resital puitis, mereka berpikir bahwa bentuk seni ini memandang  pada tujuan dari representasi. Mereka tidak memandang bahwa tari dan musik merupakan sebuah bentuk seni yang terpisah, tetapi sebagai tambahan atau pengganti dalam drama. Tari dan musik bagian dari drama, dan, dengan demikian, mereka seharusnya melayani tujuan meniru drama. Jadi, bersama dengan drama dan lukisan, Plato dan Aristoteles memikirkan musik dan tari sebagai seni yang imitatif (meniru) atau representasional.

Ketika orang-orang Yunani menggunakan kata mereka untuk "seni," mereka memiliki konsepsi yang lebih luas dalam pikiran dari yang kita lakukan hari ini. Bagi mereka, seni adalah praktek yang memerlukan keterampilan. Kedokteran dan keprajuritan adalah seni pada konsepsi ini. Dengan demikian, Plato dan Aristoteles tidak akan mendefinisikan seni, dalam pengertian mereka, semata-mata hanya terlibat dalam imitasi (meniru).

Namun, jelas bahwa ketika mereka berbicara tentang apa yang kita sebut seni - hal seperti puisi, drama, lukisan, patung, tari dan musik - Plato dan Aristoteles berpikir bahwa ini saling berbagi fitur umum bersama (seperti musik dan tari menjadi tambahan dalam drama): mereka semua terlibat dalam imitasi. (isi/pojokseni.com)

Ads