10 January 2019

author photo

Baca Juga



pojokseni.com - Seni teater dan olah vokal sangat mementingkan pernafasan, atau olah nafas dalam menunjang olah vokal yang lebih mumpuni. Baik dalam dialog drama, maupun saat bernyanyi, nafas yang baik akan menunjang penyampaian teks dan subteks dengan baik pula. Dengan demikian, pesan dan makna dari satu kata, atau kalimat juga akan tersampai dengan baik juga.

Oleh karena itu, dalam persiapan seorang aktor, dan juga persiapan menjadi seorang penyanyi, olah nafas menjadi salah satu hal terpenting yang musti dikuasai dengan baik. Salah satu jenis olah nafas yang paling populer dan wajib dikuasai oleh aktor dan penyanyi adalah nafas perut. Nafas perut menjadikan vokal yang dikeluarkan lebih bulat, bersih dan jelas. Dengan demikian, tujuan dari penampilan atau pementasan tersebut bisa tersampai dengan baik.

Tapi, selain memiliki fungsi yang sangat sentral dalam teater dan seni tarik suara, nafas perut juga sangat berguna dalam kesehatan. Apa saja fungsi dari nafas perut bagi kesehatan? Berikut PojokSeni mengumpulkan dari berbagai sumber untuk Anda.

1. Relaksasi


Bayangkan, di tengah pekerjaan menumpuk, stress dan tekanan lainnya, Anda bisa melakukan relaksasi sejenak dengan sangat cepat. Tanpa harus berdiri dari tempat kerja Anda, atau tanpa harus mengeluarkan biaya. Satu yang Anda lakukan hanya bernafas.

Yah, nafas perut yang dilakukan dengan sempurna akan merelaksasi diri sejenak. Dengan demikian, Anda bisa mencoba melakukan relaksasi, apabila Anda telah melakukan nafas perut dengan baik dan tepat.

2. Mencegah Infeksi Paru-paru


Seniman, walaupun tidak seluruhnya, identik dengan gaya hidup yang bohemian. Meski "nyentrik" namun hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan. Terlalu banyak merokok, begadang, kurang tidur, dan hal lainnya bisa berakibat buruk bagi paru-paru Anda.

Beruntungnya, seniman teater dan penyanyi juga berlatih nafas perut. Nafas perut apabila dilakukan dengan sempurna dan rutin, menurut laman Pyschcentral, dipercaya dapat mencegah infeksi di paru-paru dan jaringan di sekitarnya.

3. Mengurangi Pegal


Badan pegal-pegal karena terlalu lama merunduk, menghadap monitor dan sebagainya? Lakukan nafas perut dengan sempurna. Yah, nafas perut yang dilakukan dengan teknik yang baik dan sempurna akan mengurangi pegal-pegal di tubuh Anda.

4. Menguatkan Otot Perut dan Diafragma


Ini salah satu fungsi yang akan langsung Anda dapatkan ketika sudah berlatih nafas perut dengan benar. Tentunya, ketika melakukan nafas perut dengan tepat, maka akan terjadi kontraksi di otot diafragma dan otot perut Anda. Hasilnya, menggunakan nafas perut dengan tepat dan sempurna akan terus menguatkan otot perut dan diafragma Anda.

5. Memperpanjang Nafas


Anda memiliki masalah terlalu pendek nafas? Irama nafas yang terlalu lambat atau terlalu cepat? Tentunya, masalah-masalah abnormal dalam hal pernafasan juga bisa teratasi dengan menggunakan nafas perut yang baik dan sempurna secara rutin. Sebab, nafas perut yang baik juga mengurangi kebutuhan oksigen dan menjadikan bernafas Anda lebih efisien.

Nah, itu tadi fungsi nafas perut bagi semua orang. Jadi, apapun profesi Anda, juga siapapun Anda, sangat penting bagi Anda mampu melakukan nafas perut dengan baik dan benar. Artikel tentang bagaimana latihan nafas perut yang baik dan sempurna juga bisa Anda dapatkan di situs PojokSeni.

Artikel berkaitan:



Bagikan artikel ini pada teman-teman Anda yang masih malas latihan nafas perut, yah. (ai/pojokseni)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...