Plus Minus Belanja Online yang Perlu Anda Ketahui -->
close
Pojok Seni
02 January 2019, 1/02/2019 12:40:00 AM WIB
Terbaru 2019-01-01T17:40:43Z
Artikel Sponsor

Plus Minus Belanja Online yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement
pojokseni.com - Dengan berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula sistem belanja online yang ada di Indonesia. Banyak masyarakat yang mulai menyadari bahwa berbelanja online lebih menguntungkan ketimbang berbelanja offline. Bahkan bagi Anda penggila barang-barang mall, Anda tak perlu pergi jalan-jalan seharian di mall untuk berbelanja barang yang Anda inginkan karena saat ini sudah terdapat mall online yang mampu mengakomodir hobi belanja Anda. 

Contohnya adalah ilotte.com yang memberikan fasilitas bagi Anda yang gila belanja namun tak memiliki waktu untuk berbelanja secara offline ke mall, karena Anda dapat berbelanja barang-barang layaknya di mall melalui ilotte.com

Meskipun sudah banyak masyarakat yang sadar bahwa belanja secara online sangat menguntungkan, namun masih ada segelintir masyarakat yang masih meragukan belanja online. Berikut ini akan dibahas mengenai plus dan minus berbelanja secara online yang perlu Anda ketahui. 

Kelebihan Belanja Online


Hemat dari segi waktu


Belanja secara online sangat cocok untuk Anda yang memiliki segudang kesibukan dan aktivitas tinggi. Dengan berbelanja secara online, Anda tak perlu membuang waktu untuk datang langsung ke toko atau mall guna membeli barang atau produk yang diinginkan. Anda juga tak perlu menghabiskan waktu untuk memilih barang yang ingin Anda beli. Bayangkan ketika Anda harus pergi ke mall dan menghabiskan waktu banyak, akan sangat menguntungkan ketika Anda dapat berbelanja secara online. Anda tak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk perjalanan ke mall atau toko serta untuk memilih barang. Alangkah lebih baiknya jika Anda memanfaatka waktu tersebut untuk bekerja atau melakukan aktiviras lain yang lebih bermanfaat.


Hemat dari segi tenaga


Anda hanya memerlukan smartphone atau laptop saja untuk berbelanja secara online tanpa perlu berletih-letih pergi ke mall. Setelah memilih barang kemudian melakukan transaksi, Anda cukup menunggu barang akan tiba di rumah Anda dengan selamat. Anda cukup meluangkan waktu beberapa menit saja melalui aplikasi smartphone Anda, Anda dapat berbelanja barang apapun yang Anda inginkan. Tenaga yang seharusnya Anda keluarkan untuk pergi ke toko atau mall pun dapat dihemat dengan belanja secara online. Menguntungkan bukan?

Lebih praktis 


Dari segi kepraktisan, belanja secara online jauh lebih praktis ketimbang belanja secara offline. Anda tak perlu berdesakan dengan pengunjung lain saat memilih barang di mall serta tak perlu berkeliling mall untuk memperoleh barang yang Anda inginkan. Hal ini tentu sangat praktis dan mudah terutama bagi Anda yang terkendala transportasi dan tenaga. Jika tak cocok dengan harga sebuah produk, Amda tak perlu mencari produk ke toko lain, cukup membandingkan harga yang tertera pada aplikasi toko online saja.

Fleksibel saat belanja



Nilai lebih lain dari belanja online adalah Anda dapat melakukan aktivitas belanja produk secara fleksibel tanpa perlu dibatasi oleh waktu dan tempat. Dalam hal belanja online, Anda dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja, baik malam hari atau siang hari. Hanya menggunakan smartphone saja, Anda bisa memilih produk sesuka hati. Anda pun dapat belanja dengan santai tanpa terburu-buru waktu karena belanja online sangat fleksibel. 

Bebas memilih produk yang bervariasi


Berbelanja secara online seperti melalui ilotte.com dapat memungkinkan Anda dalam memilih produk apa saja yang Anda inginkan. Anda bebas memilih produk yang beragam karena produk yang ditampilkan pun banyak variannya. Anda dapat langsung memilih produk yang lain jika produk yang satu tak cocok dengan keinginan Anda. Hal ini tentu berbeda dengan belanja offline Anda harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke toko lain jika produk yang diinginkan taka da dan tak tersedia.

Kesempatan mendapatkan harga promo



Berbelanja secara online juga memberikan keuntungan dari segi ekonomi, karena biasanya akan ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan melalui mall online atau toko online. Anda berkesempatan mendapatkan harga promo dan diskon dengan pembelian tertentu yang sangat menguntungkan. 

Tak hanya itu, harga produk yang dibeli secara online pun lebih murah dibandingkan jika Anda membeli produk atau barang secara offline. Hal ini dikarenakan tidak adanya ongkos distribusi produk yang memakan biaya cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan harga seminimal mungkin dari produk yang Anda beli secara online. Cukup hemat bukan?

Cara pembayaran mudah dan beragam


Nilai plus lain dari belanja online adalah tata cara pembayarannya yang mudah, praktis, dan beragam disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memilih tata cara pembayaran baik melalui transfer bank, rekening, bersama, maupun cash on delivery. Sistem pembayaran yang ditawarkan akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja secara online.

Fasilitas kredit untuk produk tertentu


Tak perlu khawatir untuk pembelian produk dengan harga yang tinggi karena terdapat fasilitas kredit ketika Anda berbelanja secara online. Biasanya fasilitas kredit ini diberikan untuk produk elektrionik seperti kamera, smarphone, dan juga laptop. 

Kekurangan belanja online


Tidak dapat melihat barang secara langsung


Meskipun banyak keuntungan yang dodapat, namun tak dapat dipungkiri jika belanja secara online juga mengandung nilai minus. Salah satu diantaranya adalah Anda tak dapat melihat dan memilih secara langsung barang atau produk yang Anda beli. Anda tak dapat memilah mana produk yang sesuai dengan keinginan atau tidak karena barang yang dibeli tidak dapat dilihat langsung. Namun tak perlu khawatir karena jika terdapat cacat dalam produk tersebut Anda dapat menukarnya dengan produk lain atau melakukan klaim garansi untuk pengembalian barang.

Rawan penipuan jika tidak berhati-hati


Kelemahan lain dari belanja online adalah rawannya penipuan di dalam transaksi. Hal ini dikarenakan Anda tak bertemu langsung dengan penjual serta tak melihat produk secara nyata. Oleh karena itu Anda perlu mencari toko online atau mall online yang terpercaya agar transaksi Anda aman, contohnya adalah dengan berbelanja online melalui situs ilotte.com.

Tidak dapat langsung menikmati produk setelah membayar


Belanja online juga tidak memungkinkan Anda untuk dapat langsung menikmati dan membawa pulang barang yang Anda beli setelah membayarnya. Hal ini diakrenakan Anda perlu menunggu proses pengiriman barang terlebih dahulu selama beberapa hari. Untuk itulah Anda perlu bersabar menanti barang yang Anda beli dikirimkan terlebuh dahulu ke alamat Anda.

Itulah beberapa plus dan minus dari belanja online yang perlu Anda tahu. Meskipun ada resikonya, namun jika menilik dari kelebihannya yang segudang, balanja online cukup efektif dalam memberikan kepuasan belanja bagi para custome. Asalkan hati-hati dan mau bersabar, tentu belanja online akan memberikan manfaat yang besar untuk Anda. Selamat mencoba, semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda yang hendak berbelanja produk secara online melalui toko online atau mall online. (sc/pojokseni.com)

Ads