04 December 2018

author photo
RW03 Kelurahan Lempuing menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) sumber foto: Pedoman Bengkulu

pojokseni.com - Tahun 2018, menjadi tahun yang berbeda bagi Kelurahan Lempuing, Kota Bengkulu. Tahun ini, salah satu RW di kelurahan tersebut, RW 03, terpilih menjadi salah satu Kampung Berseri Astra (KBA) di Indonesia.

KBA adalah program Corporate Social Responsible (CSR) dari Astra yang sudah digelar sejak 2013 lalu. Hingga 2018, berarti ada 77 KBA yang sudah tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Kelurahan Lempuing di Kota Bengkulu adalah salah satunya.

Ada tiga hal yang utama ingin dicapai dengan program KBA ini, dengan tujuan agar setiap KBA dapat lebih berseri. Tiga program tersebut adalah mencapai bebas buta aksara di desa/kelurahan yang dituju hingga 86 %, meningkatkan angka partisipasi sekolah serta menjadikan pendidikan di KBA tersebut mengukir prestasi di tingkat lebih tinggi. Tentunya, program ini sangat membantu program utama dari negara untuk meningkatkan pendidikan dan literasi di seluruh Indonesia.

Banjir Bantuan


Kampanye Cari Aman di Lempuing, Kota Bengkulu (sumber foto: Bengkulu Ekspress)

Sebagai KBA, maka RT 03 Kelurahan Lempuing mendapatkan banyak bantuan. Salah satunya Posyandu di Lempuing Indah V yang mendapatkan bantuan paket makanan Balita pada tanggal 12 November 2018 silam. Selain paket makanan Balita, Posyandu tersebut juga mendapatkan banyak stiker perilaku hidup bersih untuk mendukung sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di daerah tersebut.

Selanjutnya, Koperasi yang terletak di kelurahan tersebut, mendapatkan bantuan pinjaman modal dari Astra Affliated Company (AFFCO). Tentunya pinjaman modal untuk koperasi tersebut, selain menunjang pergerakan koperasi di KBA tersebut, juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kelurahan Lempuing dan Kota Bengkulu pada umumnya.

Ada juga bantuan pemeriksaan kesehatan gratis di kelurahan tersebut. Kampanye hidup sehat juga digalakkan di warga kelurahan tersebut.

Selain bantuan, juga ada beberapa kegiatan lainnya yang digelar oleh Astra di KBA Lempuing tersebut. Salah satunya kegiatan mengasyikkan bertajuk kampanye "Cari Aman saat Berkendara".

Lewat kegiatan kampanye "Cari Aman saat Berkendara" tersebut, Astra berpesan agar anak-anak di bawah umur tidak mengendarai motor untuk menjaga keamanan saat berkendara. Selain itu, ibu-ibu yang membawa motor juga musti lebih berhati-hati. Pengendara motor juga diharapkan dapat mematuhi peraturan lalu lintas, berkendara serta menggunakan helm, safety bell dan peralatan keamanan lainnya saat berkendara. (sc/pojokseni)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement