17 November 2018

author photo
Olah tubuh

pojokseni.com - Setiap seniman teater memfokuskan pelatihan olah tubuh untuk persiapan dirinya sebagai aktor. Olah tubuh ditujukan untuk melenturkan tubuh, sehingga dapat memperindah setiap gerakan. Olah tubuh juga memungkinkan tubuh kita agar lebih mudah melakukan setiap gerakan yang kita inginkan.

Dalam pementasan teater, gerak yang ditampilkan harus maksimal. Bahkan, meminjam istilah Stanislavsky, tubuh kita sudah dipersiapkan untuk "dimasukkan" sebuah karakter yang sudah kita ciptakan. Dalam istilah lain, disebut juga dengan "menubuhkan karakter". Karakter yang sudah diciptakan dalam pikiran kita, akan dilanjutkan dengan ditubuhkan. Tentunya, tubuh perlu berada di kelenturan maksimal agar gerak yang dimaksud dapat berjalan dengan maksimal juga.

Dalam beberapa sumber lainnya, olah tubuh disebut juga dengan "memuliakan tubuh". Tubuh kita menjadi salah satu aset terbaik dan termahal yang kita miliki. Tentunya, anugrah tak ternilai dari Tuhan ini musti dimuliakan dan dijaga. Nah, salah satu cara menjaga dan memuliakannya adalah dengan olah tubuh.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa begitu pentingnya olah tubuh, tidak hanya untuk pelaku teater, tapi juga untuk seluruh manusia.

Olahraga Fisik Untuk Olah Tubuh


Untuk membentuk kelenturan tubuh, proses pelatihan dan pengolahannya musti berjalan dengan baik. Olahraga fisik sangat dianjurkan untuk melatih kekuatan dan kelenturan tubuh. Mulai dari gerak wajah (ekspresi), gerak kecil yang dilakukan oleh jari, tangan, kaki dan organ tubuh lainnya, sampai gerakan besar seperti melangkah, berlari, melompat dan sebagainya.

Olahraga fisik yang perlu dilakukan musti menunjang kelenturan tubuh Anda. Tidak hanya kelenturan, kekuatan juga menjadi fokus utama yang akan dibentuk melalui olahraga fisik. Oleh karena itu, mulailah proses latihan olah tubuh Anda dengan pemanasan, lalu lanjutkan dengan melatih setiap jengkal tubuh Anda.

Padukan dengan Tari, Silat dan Pantomime


Selanjutnya, Anda bisa melaju ke tahap berikutnya yakni berlatih tari, silat dan pantomime. Ketiga jenis latihan ini ditujukan untuk membentuk kekuatan serta kelenturan tubuh. Dengan tiga jenis latihan ini, Anda bisa membentuk tubuh Anda menjadi seperti apa yang Anda kehendaki.

Baru selanjutnya, Anda bisa memulai latihan rangkaian gerakan. Latihan yang dimaksud adalah mulai setiap gerakan secara detail dan spesifik. Bila Anda memerankan usia 80 tahun, maka Anda akan mulai memeragakan cara berjalan, cara memegang sesuatu, tertawa, menangis, marah sesuai dengan usia tersebut. Tentunya, hal tersebut adalah paduan dari olah tubuh dan olah pikir, serta olah suara.

Gunakan Pakaian yang Menunjang



Mau tidak mau, harus diakui bahwa pakaian yang Anda kenakan ketika latihan tentunya akan sangat berpengaruh dengan hasil latihan Anda. Menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan ketat misalnya, dapat menjadikan proses membentuk kelenturan tubuh Anda menjadi terganggu. Pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik, tentunya akan membuat sirkulasi udara di tubuh Anda tidak baik pula. Hasilnya, malah membuat Anda berpotensi menderita penyakit tertentu.

Sepatu yang dikenakan ketika berlari, pemanasan dan latihan yang berat juga musti melindungi kaki Anda dengan baik. Anda juga bisa menggunakan peralatan olahraga lainnya untuk menunjang latihan Anda. Salah satu tempat menjual alat dan kelengkapan olahraga, termasuk pakaian dan sepatu adalah Planet Sports. Di Planet Sports Blibli, produk peralatan olahraga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, serta menunjang proses latihan Anda.

Bagaimana? Sudah siap memuliakan tubuh dan mengolah tubuh Anda dengan baik? Selamat latihan dan berproses. (ai/sc/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement