27 August 2018

author photo

Baca Juga


pojokseni.com - Artefak bukan sekedar penanda peradaban di masa lampau, lebih dari itu, ia merupakan visi peradaban di masa depan.

Jejak kehidupan yang terarsipkan di bawah tanah Situs Kota Cina, Paya Pasir, Medan Marelan pada 10 abad silam di setiap elemen artefak; batu (arca, lingga yoni, candi, nisan), kayu (kapal), tanah (tembikar, bata, keramik), kaca (manik-manik), logam (perunggu, emas, tembaga) akan hadir di antara gedung-gedung bertingkat dan erangan kendaraan. Peradaban Nusantara yang sangat kental dengan nuansa ritual dalam menjaga keseimbangan ekosistem kehidupan memberi pengajaran kebudayaan leluhur yang adiluhung di era milenia yg glamour dan profan ini.

Di situs kota China tertulis dengan jelas dan tegas jejak-jejak peradaban Kota Medan kini yang telah kehilangan spirit identitasnya. Dari artefak-artefak ini kita dapat membaca dengan terang interaksi yang harmonis dan dinamis antara budaya Karo, Melayu, India dan Cina. Tubuh kita adalah pembauran multi gen tersebut. Dari Situs Kota Cina kita dapat mendeteksi hakekat Nusantara yang majemuk, beragam, saling menghargai dan menghormati perbedaan serta kaya dengan nilai seni dan budaya. Presiden Pertama kita (Ir. Soekarno) pernah mengucapkan: Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah!!!

Ucapan itu bukan sekedar omong kosong belaka. Karena bangsa yang mudah dijajah adalah bangsa yang melupakan sejarahnya sendiri. Bangsa yang kehilangan identitas. Bangsa yang buta dan tuli dengan eksistensinya.

Lewat artefak-artefak Situs Kota Cina, kita mengaji kembali peradaban kita yang kini luntur dihajar Modernitas Tanpa Pijakan. Pembangunan Yang Menghancurkan.

Maka mari kita rayakan kehadiran artefak-artefak Situs Kota Cina abad 12 silam untuk mengenal betapa kayanya kita sebagai pewaris Nusantara.

Kita meng"ada" bersama di sini:

PEKAN PERADABAN


18-23 September 2018

Taman Budaya Sumatera Utara, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 33 Medan.

Ada berbagai Kegiatan Budaya yang bukan sekedar hiburan, namun kental dengan muatan edukasi, baik itu seni, sejarah, antrolologi, arkeologi, sosial, wisata dan ekonomi kreatif.


1. Pertunjukan Teater Artefak Repro-Diksi Tanda

2. Pameran Museum Situs Kota Cina

3. Parade Instalasi

4. Pagelaran Budaya (Melayu, Karo, Batak, India, Cina)

5. Orasi Penemu Situs Kota Cina: Dr. Edward Mckinnon

6. Workshop Teater

7. Belajar Membuat Tembikar

8. Lomba Mewarnai Tembikar

9. Lomba Mewarnai dan Menggambar

10. Lomba Cipta dan Baca Puisi, Tema Peradaban.



Hadirlah Sebagai Pewaris Nusantara. (mp/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...