Panggung Kita, Kesempatan Pentas di Eksotika Art Space



pojokseni.com - Panggung Kita merupakan program berkala yang di-inisiasi oleh Eksotika (Estetika Seni Kolaborasi Fieldtrip dan Satusaka). Program ini dilakukan setiap 1 bulan sekali dimulai dari Agustus 2018 di Eksotika Art Space Kulonprogo.

Eksotika sebagai event manager akan mengunduh komunitas-komunitas seni pertunjukan se-Indonesia untuk mementaskan karyanya di Eksotika Art Space.

Baca juga : Perbedaan Mendasar Antara Realisme dan Naturalisme

Program Panggung Kita terbuka untuk semua komunitas seni pertunjukan di Indonesia tanpa melalui proses kurasi atau seleksi. Cara pendaftarannya pun sangat mudah, komunitas yang ingin menampilkan karyanya hanya perlu memahami proposal yang sudah dibuat dan mengisi formulir pendaftaran.

Selanjutnya, pihak Eksotika akan membuatkan jadwal pementasan di setiap hari Sabtu Pon (menurut penanggalan Jawa).

Baca juga: Penguasaan Panggung Teater : Blocking yang Baik

"Alasan kenapa kami memilih hari sabtu setiap bulan PON menurut penanggalan Jawa cukup sederhana, PON adalah akronim dari Pentas Omah Ngruno (PON) yaitu nama tempat dimana Eksotika Art Space berdiri," kata Abimanyu Prasastia Perdana, Artistic Director dari Fieldtrip Performing Art.

Tujuan dibuatnya program Panggung Kita selain untuk mengisi acara di Eksotika Art Space, juga untuk menjadikan tempat tersebut sebagai media silahturahmi seluruh pelakon (pelaku dan penikmat seni pertunjukan) sehingga keramah tamahan dan keakraban benar-benar terjalin. "Kebetulan sekali Sabtu PON dipercayai oleh orang Jawa dapat membawa keramahan, keberuntungan, keakraban," tambah Abimanyu.

"Tujuan kesenian kami adalah seni untuk masyarakat, maka dari itu bahasa yang digunakan adalah  bahasa yang dimengerti oleh masyarakat," tutup Abimanyu.

Tertarik untuk ikut pentas di Program Panggung Kita yang digelar di Eksotika Art Space? Anda bisa menghubungi Abimanyu Prasastia Perdana atau grup Fieldtrip Performing Art yang beralamat di Dusun Ngruno 47/20 Karangsari, Pengasih, Kulonprogo. DI Yogyakarta atau hubungi nomor telepon 0822 6020 4466. (ai/pojokseni.com)

Sering Kesulitan Unduh Naskah atau Buku PDF di Pojokseni? Ini Tutorialnya

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.