Ada Apa Di Sumba Bulan Agustus Nanti ? -->
close
Satria Marcelino
22 June 2018, 6/22/2018 05:03:00 PM WIB
Terbaru 2018-06-22T10:03:25Z
ArtikelBudaya

Ada Apa Di Sumba Bulan Agustus Nanti ?

Advertisement
Kain Tenun Sumba
pojokseni - Indonesia merupakan negara yang kaya. Tak heran jika provinsi di dalamnya juga ikut menyimpan kekayaan yang banyak menarik orang untuk berkunjung, salah satunya NTT.
Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi yang mempunyai  kekayaan dari berbagai segi, seperti segi budaya, alam, serta kerajinan tangan khas.

Pesona yang dipancarkan NTT akan semakin besar karena akan diadakannya Festival Tenun Ikat Sumba yang siap digelar di Tamboka, Kabupaten Sumba Barat Daya, berlangsung dari tanggal 2 hingga 9 Agustus 2018.
Kain tenun khas sumba dibumbui warna-warna daun dan akar. Warna yang digunakan adalah warna yang berasal dari alam, alias alami sehingga warnanya akan semakin memikat mata dan tidak mudah pudar. Semua keunikan yang dihasilkan dari kain tenun ini membuat Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo menghadiri festival pada tahun lalu.
Joko Widodo menghadiri Festival Tenun Ikat Sumba 2017
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, berharap Festival Tenun Ikat Sumba 2018 dapat menggerakkan roda perekonomian khususnya daerah-daerah yang ada di Pulau Sumba. Arief Yahya juga menjelaskan bahwa festival ini merupakan bagian dari upaya memperkuat salah satu unsur 3A (Atraksi, Amenitas. Aksesibilitas) yaitu Atraksi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius, Ardu Jelamu, mengunkapkan bahwa festival ini bukan hanya sekedar memamerkan kekayaan motif dan kain tenun, tetapi juga ada pameran, fashion, serta workshop. "Festival ini nantinya akan diadakan peragaan aktivitas tenun, mulai dari mencampur warna hingga ke proses akhir, menjadi kain atau selendang." terang Marius Ardu.
Para penenun memeragakan pembuatan kain tenun khas Sumba
Untuk menikmati Festival Tenun Ikat Sumba 2018 ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, menarik bukan ? Lain hal jika anda ingin membeli aneka produk yang ditawarkan di Festival tersebut, maka anda harus menyiapkan dompet anda.

Tertarik untuk ke Sumba pada bulan Agustus nanti ? (smc/pojokseni.com)

Ads