Lahirnya Seni Di Tengah Gemuruh Abad Pertengahan -->
close
Pojok Seni
17 January 2018, 1/17/2018 04:34:00 PM WIB
Terbaru 2018-01-17T09:34:55Z
ArtikelSejarahSeni

Lahirnya Seni Di Tengah Gemuruh Abad Pertengahan

Advertisement


pojokseni.com - Kreativitas orang-orang zaman dahulu telah menghasilkan berbagai karya seni. Seni itu sendiri lahir dalam berbagai macam, seperti seni rupa, seni teater, seni pahat, dan lain sebagainya. Salah satu contoh seni yang lahir yaitu seni pada abad pertengahan.
Abad pertengahan sendiri merupakan sebutan untuk abad atau zaman dalam sejarah Eropa yang berlangsung dari abad ke-5 sampai abad ke-15. Abad itu dimulai sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan berakhir ketika Abad Pembaharuan.
Salah satu seni  yang paling mencolok dan berkembang pada masa itu yaitu seni rupa. Pada zaman ini, orang-orang membuat lukisan semirip mungkin dengan bentuk-bentuk yang ada di alam. Penyebabnya yaitu karena orang-orang mulai berfikir bahwa ada suatu hal yang tak dapat diungkapkan dalam kata-kata. Lukisan pun dijadikan alat komunikasi dan bagi orang zaman itu hasilnya lebih baik ketimbang mengucapkan kata-kata.
Di samping itu, salah satu tujuan dari seni rupa zaman klasik sendiri yaitu untuk tujuan mistisisme sebagai akibat dari belum berkembangnya paham tentang agama.
Selain itu, gaya seni arsitektur yang lahir pada masa itu juga tak kalah terkenal. Gaya itu sering disebut gaya Gotik atau Gothic. Alhasil, hal itu menjadi gaya seni yang terkenal  dan khas pada masanya. Gaya ini banyak diaplikasikan ke dalam bentuk seni arsitektur seperti pada bangunan rumah maupun gereja.
Tidak hanya pada bangunan, gaya Gotik juga diaplikasikan ke dalam bentuk seni rupa berupa lukisan, seperti lukisan gereja dimana arsitektur gereja di dalamnya menerapkan konsep Gotik.
Tentu gaya ini sudah tak asing bagi kita, walaupun sebagian dari kita mungkin hanya tau bentuknya tanpa mengetahui namanya. Bagi penikmat film Harry Potter tentu tak asing lagi dengan gaya arsitektur yang khas dan menawan ini.

Bagaimana ? Tertarik untuk mendalami seni arsitektur Gotik yang khas ini ? (smc/pojokseni.com)

Ads