27 August 2017

author photo

Baca Juga




pojokseni.com - Anda sudah tahu puisi karya seorang siswa berjudul Bingung yang mendapat nilai A dari gurunya? Karena puisinya yang singkat, menarik dan unik serta lucu, juga mendapat nilai yang bagus yakni A, menjadikan puisi tersebut menjadi viral dan tentunya menjadi bahan pembicaraan bagi warganet Indonesia.

Berikut puisi tersebut seperti yang diunggah oleh akun twiter @yeahmahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2017 lalu, kemudian menjadi viral setelah mendapat lebih dari 800 share.

Bingung

Bingung
Saya bingung mau buat apa
Saya bingung mau ngapain
Saya sangat bingung
Saya disuruh buat sajak
Tapi tidak tau mau buat apa
Akhirnya saya hanya termenung
Menatap kertas kosong
Puisi berjudul "Bingung" yang viral karena mendapat nilai A

Puisi tersebut mendapat nilai A, tentunya mendapat reaksi beragam dari warganet. Bagi pojokseni.com, nilai tersebut sah-sah saja didapat oleh penulis puisi, kenapa? Ini alasannya :

1. Tema Puisi


Gagasan yang akan dituangkan dalam satu puisi memiliki satu tema yang kuat dan mengena. Tulisan singkat yang hanya terdiri dari 2 bait dan 8 baris tersebut bertema sama dengan judul, bingung. Bingung yang digambarkan melalui larik dan kata-kata yang tepat. Bingung yang bermuara pada termenung, yang menjadikan kertas kosong sebagai satu-satunya karya dari kebingungan.

2. Suasana


Tidak perlu panjang lebar menjelaskan tentang bingung. Kebingungan dijelaskan secara gamblang dalam puisi itu. Wajar saja, kalau pembaca puisi ikut-ikutan bingung.

3. Diksi


Pilihan diksi menarik, hanya saja ada satu kata yang kurang menarik dari keseluruhan puisi tersebut yakni "ngapain". Namun, alur cerita dari puisi juga mengalir dan lembut. Gambaran perasaan penulis tergambar gamblang lewat diksi yang dipilih.

4. Unik


Ini point paling penting yang menjadikan nilai puisi tersebut mendapat nilai A. Keunikan tema dan bentuk puisinya menjadi kekuatan dari puisi ini. Jarang ditemukan ada seorang siswa yang terpikir untuk membuat puisi ini, meski juga merasakan kebingungan yang sama di awal menulis.

5. Berani


Penulis yang baik adalah penulis yang berani menyampaikan pendapat, aspirasi, perasaan dan lain-lain lewat tulisannya. Penulis puisi ini juga begitu berani, ia menyampaikan semua perasaannya lewat puisi.


Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah Anda setuju atau punya pemikiran lain? Bagikan dengan pojokseni, yah. (pojokseni) 
your advertise here

1 komentar:

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...