Membumikan Pancasila dengan Kesenian dan Kebudayaan -->
close
Pojok Seni
02 June 2017, 6/02/2017 12:58:00 AM WIB
Terbaru 2017-06-01T17:59:12Z
ArtikelBerita

Membumikan Pancasila dengan Kesenian dan Kebudayaan

Advertisement
Cak Imin, Ketum PKB Menawarkan Kesenian dan Kebudayaan sebagai Pemersatu Bangsa dalam rangka membumikan Pancasila

pojokseni.com - Tanggal 1 Juni 2017 adalah momentum bagi bangkitnya Pancasila. Baru pada tahun ini pertama kalinya digelar upacara Pancasila tingkat nasional di Jakarta. Juga baru saat ini, tanggal 1 Juni sebagai hari Pancasila menjadi hari libur nasional. Semua dilakukan untuk mengingatkan warga Indonesia terhadap Pancasila. Tidak hanya sekedar ingatan dan hafalan terhadap Pancasila dan butir-butirnya, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai bahwa kreatifitas dan kemauan yang kuat adalah cara untuk membumikan Pancasila di era digital seperti saat ini. Hal itu dikatakannya dalam kegiatan bertajuk "Gerakan Membumikan Pancasila" di Graha Gus Dur Cikini, Jakarta pada hari Rabu (31/5/2017) lalu.

Cak Imin menyatakan bahwa kesenian dan kebudayaan Indonesia menjadi unsur yang bisa memperkuat Pancasila. Sebab, kedua unsur ini terbukti telah mempersatukan dan mempertemukan setiap manusia meski memiliki latar belakang yang berbeda. Persatuan dari perbedaan dapat direkatkan dengan kesenian dan kebudayaan.

"Saya menawarkan kesenian dan kebudayaan sebagai jalannya," kata Cak Imin.

Setelah ini, berarti giliran pegiat seni dan budaya yang akan bekerja keras mempersatukan Indonesia lewat karya. Kebudayaan Indonesia yang begitu beragam, dibalut dengan indahnya nilai kesenian menjadikan misi membumikan Pancasila menjadi lebih terwujud. 

Selain itu, pojokseni.com juga mengharapkan momentum hari Pancasila tahun ini yang diwarnai dengan suasana Ramadhan akan menjadikan Indonesia semakin kuat, semakin tangguh dan mampu bersaing di kancah internasional. (ai/pojokseni.com)

Mohon Beri Kritik dan Saran untuk pojokseni.com Lewat Link Ini : goo.gl/xN5zo2

Ads