Ikuti Festival Seni Pertunjukan dan Poster Tingkat SMA Sederajat Se- Jawa dan Bali -->
close
Pojok Seni
13 October 2016, 10/13/2016 12:18:00 AM WIB
Terbaru 2016-10-12T17:18:58Z
Beritaevent

Ikuti Festival Seni Pertunjukan dan Poster Tingkat SMA Sederajat Se- Jawa dan Bali

Advertisement

pojokseni.com - Tertarik dengan dunia seni atau seni pertunjukan? Atau tertarik dengan desain poster untuk seni pertunjukan? Tunjukkan kemampuan kamu dalam festival seni pertunjukan dan poster tingkat SMA/SMK se-Jawa dan Bali, 25 hingga 26 November 2016 mendatang.

Acara ini akan digelar di Pendapat Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Pendaftaran sudah dimulai dan akan diakhiri pada tanggal 9 November 2016 mendatang. Bila sudah mendaftar sebagai peserta, jangan lupa ikuti Technical Meeting (TM) pada pukul 10 November 2016 di ISI Surakarta.

Khusus untuk Festival Seni Pertunjukan, adalah kegiatan pentas seni pertunjukan yang dilombakan. Pentas seni yang dimaksud adalah pertunjukan tari, musik, teater atau penggabungannya. Setiap sekolah yang mengikuti hanya bisa mengirimkan 1 grup dengan anggota maksimal 15 orang.

Seluruh pemain yang ikut harus mendapat surat rekomendasi dari kepala sekolah bersangkutan, serta harus berstatus sebagai siswa aktif. Pengecualian untuk pelatih, penata rias dan lain-lain.

Durasi pertunjukan maksimal 15 menit, dengan ukuran panggung 9 x 9 meter, ditambah satu set sound system dan satu set laighting yang terpasang general. Ingat, peserta hanya dibatasi hingga 20 kelompok. Sedangkan kreteria penjurian adalah penampilan dan kreatifitas.

Sedangkan untuk lomba poster, gambar di poster adalah tentang seni pertunjukan di Indonesia. Setiap sekolah merekomendasikan dan mengirim maksimal dua orang siswa. Semua peralatan dibawa sendiri oleh peserta, kecuali kertas ukuran A3 yang disediakan panitia. 

Waktu pelaksanaan lomba tersebut adalah 4 jam. Sedangkan kreteria penjurian adalah ide, kreativitas dan hasil visual. Tekhnik, alat dan bahan menggambar poster dibebaskan.

Kedua cabang ini akan menghadirkan dewan juri yang berkompeten di bidangnnya, baik dari unsur akademisi, praktisi hingga budayawan. Dari setiap cabang lomba, akan dipilih lima pemenang terbaik tanpa jenjang.

Lima orang pemenang, dari Festival Seni Pertunjukan akan menerima uang tunai masing-masing grup Rp 5 juta dan piagam. Sedangkan untuk cabang Poster Seni pertunjukan, masing-masing pemenang akan memeproleh uang tunai Rp 2,5 juta dan piagam. Pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada malam penutupan, tanggal 26 November, di Pendapa ISI Surakarta. 

Tertarik untuk ikut kegiatan ini, silahkan hubungi contact person (CP) Caroko Turah di nomor HP 085869916349. (ai/pojokseni.com)

Ads