Cover Chairil Tanpa Rokok Tempo Jadi Pembicaraan Hangat -->
close
Pojok Seni
24 August 2016, 8/24/2016 06:05:00 AM WIB
Terbaru 2016-08-23T23:05:29Z
ArtikelBerita

Cover Chairil Tanpa Rokok Tempo Jadi Pembicaraan Hangat

Advertisement
Dua versi cover Tempo


pojokseni.com - Cover Majalah Tempo edisi Hari Kemerdekaan beberapa waktu yang lalu, memuat gambar sastrawan Indonesia, Chairil Anwar. Uniknya, cover Chairil dalam edisi tersebut justru dimuat tanpa rokok.

Versi Chairil dengan Rokok

Hasilnya, timbul reaksi beragam dari para netizen terhadap cover tersebut. Sebab, rokok dan Chairil adalah dua hal yang tak terpisahkan. Meskipun demikian, tangan Chairil tetap menghidupkan api dari korek kayu. Sedangkan kutipan diambil dari puisi berjudul "Diponegoro" dengan kalimat "Bagimu Negeri Menyediakan Api" menjadi cocok.

Beberapa komentar bermunculan dari netizen. Ada beberapa yang mendukung, ada juga yang keberatan dengan cover tersebut. Nugroho Dewanto, misalnya, ia menyatakan bahwa fakta itu suci.

"Faktanya chairil di foto itu merokok. Biarkan sajalah. Jangan mengedit fakta foto seperti stalin," tulis dia.

Cover Chairil tanpa Rokok

Komentar itu dijawab oleh akun Evan Koe Yah, yang menyatakan parodi perjamuan suci aja bisa dilakukan."Tp yasud tetep dua jempol coverny," katanya.

Sementara itu, netizen yang lain, Jacky Rachman'Syah' menyatakan beruntung tidak ada sensor di rokok Chairil. "Waduch...untung nga pake diburem-buremin.." (ai/pojokseni.com)

Ads