Remaja Sumatera Barat Gelar Baca Buku di Pinggir Jalan -->
close
Pojok Seni
08 June 2016, 6/08/2016 08:21:00 PM WIB
Terbaru 2016-06-08T13:21:32Z
BeritaSastra

Remaja Sumatera Barat Gelar Baca Buku di Pinggir Jalan

Advertisement
Remaja Batusangkar Gelar Baca Buku di Pinggir Jalan

pojokseni.com - Berawal dari kegelisahan para pemuda yang tidak ingin menghabiskan waktu dengan hal-hal tak berguna, sekumpulan pemuda di Batu Sangkar, Provinsi Sumatera Barat menggelar acara pengumpulan buku-buku.

Buku-buku tersebut kemudian diletakkan dipinggir jalan untuk dibaca oleh siapapun yang melintas, dengan tujuan putra daerah Batusangkar dapat bergabung dan saling membagi pengetahuan. Kegiatan ini dipusatkan di Jalan Soekarno Hatta, tepat didepan Gedung Nasional Maharajo Dirajo Kota Batusangkar dan digelar setiap malam minggu.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membuat sesama putra daerah Batusangkar bergabung untuk saling membagi pengetahuan juga terus menghidupkan budaya membaca di Indonesia, khususnya Kota Batusangkar," kata Frisdo Ekardo, salah seorang penggagas kegiatan ini pada pojokseni.com, Sabtu (4/6/2016).

Frisdo menambahkan, kegiatan ini ditujukan agar warga setempat, khususnya remaja agar suka membaca, dibanding "keluyuran tidak menentu". Ia menambahkan, kegiatan ini bermula dari ide beberapa temannya yang juga menjadi penggerak pertama.

"Ini juga merupakan ajang silahturahmi antar masyarakat Batusangkar. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada 28 mei 2016," tambahnya.

Animo masyarakat cukup tinggi terhadap kegiatan ini
Untuk sementara, buku-buku berasal dari  pengumpulan buku-buku para penggegas acara. Seorang dosen yang juga warga setempat, Taufik Rahman mengapresiasi acara ini.

"Ini tindakan nyata yang tidak sekedar teori, untuk memuncullkan minat membaca khususnya di Batusangkar," kata Taufik Rahman.

Pantauan pojokseni.com, acara ini diapresiasi dengan sangat baik oleh masyarakat Batusangkar. Wiwi, seorang mahasiswa, menyatakan kegiatan ini sangat membantu ia dan teman-teman untuk mengakses buku. 

"Agar minat membaca akan terus tumbuh di kota ini," kata Wiwi.

Sayangnya, meski mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat umum setempat, namun kegiatan ini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah daerah setempat. (ikhsan/pojokseni.com)

Ads