Semangat Huang Guofu : Menciptakan Lukisan Indah, Meski Tidak Memiliki Tangan -->
close
Pojok Seni
25 February 2016, 2/25/2016 11:11:00 PM WIB
Terbaru 2016-02-25T16:11:50Z
BeritaSeni

Semangat Huang Guofu : Menciptakan Lukisan Indah, Meski Tidak Memiliki Tangan

Advertisement
Huang guofu, pelukis asal China

pojokseni.com - Huang Guofu (41) wakil Kurator Musem Bakat di Chongqing, China benar-benar inspirasi yang baik bagi kita. Bagaimana tidak, seniman ini sudah mulai melukis sejak umur 12 tahun, meski tidak memiliki sepasang tangan.

Tangannya terpaksa diamputasi, setelah mendapat musibah tersentrum listrik tegangan tinggi, ketika ia berusia sangat belia, 4 tahun. Tanpa kedua tangan, seniman yang lahir di Tongnan, Chongqin ini malah terus mengembangkan kemampuan melukisnya. Awalnya, ia mulai melukis dengan kakinya.

Huang Guofu saat ini melukis dengan kaki dan mulutnya. Ia mengawali karirnya menjadi seniman keliling, dan menciptakan lukisannya di tepi jalan. Hasil lukisannya dijual pada orang-orang yang lewat.


Tambah Semangat Dengan Dukungan Istri



Meski memiliki kekurangan, ia tetap semangat dalam berkarya. Apalagi, ketika tahun 2000, Hu Guohui, seorang gadis cantik asal Provinsi Sichuan, China menerima Huang Guofu sebagai suaminya. Ditambah dukungan istri, ia semakin giat berkarya.

Ketika mereka kembali ke Chongqing, dua tahun kemudian, Huang Guofu masih melanjutkan sebagai seniman jalanan. Hanya saja, kali ini dia tidak sendiri. Ia bersama istrinya, yang membantu dan mendukungnya terus.

Saat ini, ketika Museum Karya Chongqing dibuka, ia diangkat sebagai wakil kurator. Museum tersebut menyimpan lukisan yang bertema Chongqing masa lalu. Tentu saja, Huang Guofu juga melukis tentang Chongqing zaman dahulu.

Ia terus mencari sumber foto Chongqing masa lalu lewat internet. Dari gambar yang didapatnya, ia menyiapkan materi untuk digambarnya dalam waktu akan datang. Keberadaan Huang Guo Fu juga memberi semangat bagi orang yang memiliki kekurangan seperti dirinya. Alhasil, selain Huang Guofu, bermunculan pula beberapa pelukis lain yang tanpa lengan, melukis dengan kaki dan mulut.

Hasil lukisan karya Huang Guofu

Satu pesan baik dari Huang Guofu, terutama untuk generasi muda. Baginya, tidak ada halangan berarti yang menghadang seseorang untuk mencapai cita-citanya. (net)

Ads