Patung Arjuna di Purwakarta Dirusak Orang Tak Bertanggung Jawab -->
close
Pojok Seni
12 February 2016, 2/12/2016 12:17:00 AM WIB
Terbaru 2016-02-13T04:59:14Z
BeritaSeni

Patung Arjuna di Purwakarta Dirusak Orang Tak Bertanggung Jawab

Advertisement

Patung Arjuna di Purwakarta dihancurkan oknum tak bertanggung jjawab


pojokseni.com - Entah apa yang ada difikiran para pelaku perusak patung Arjuna yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat ini. Patung setinggi 7 meter ini ditemukan hancur karena dibakar, pada hari Kamis (11/2/2016).
"Anugerah budaya dibalas dengan pembakaran patung arjuna, kebencian terhadap patung wayang terus berlanjut," tulis Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi di akun FaceBooknya, hari ini.
Patung Arjuna Sebelum Dirusak

Informasi terhimpun pojokseni.com, patung Arjuna tersebut dibuat dengan bahan Fiber dan beton khusus, dengan biaya sebesar Rp 200 juta. Tentu saja, hal ini melukai hati pecinta budaya, tidak hanya di Purwakarta melainkan di seluruh Indonesia. Kelanjutannya, Dedi Mulyadi berharap pihak kepolisian setempat segera mencari pelakunya.

Sementara itu, netizen baik dari Purwakarta maupun dari luar mengutuk keras tindakan tersebut. Menurut para netizen, tindakan tersebut benar-benar mencoreng nama baik Purwakarta yang menjunjung tinggi budaya asli Indonesia. 

"Budaya lokal ingin diganti budaya import, kemarin salam khas sunda diplesetkan jadi campur racun, tapi warga sunda cuma diem aja, giliran diklaim negara tetangga, baru pada kebakaran jenggot," tulis akun bernama Ami Wagung.
Keindahan Patung Arjuna Malam hari

Sementara itu, kondisi terkini dari patung tersebut hanya menyisahkan dua telapak kaki saja. Garis polisi (Police line) sudah dipasang untuk mengamankan lokasi kejadian. Petugas polisi setempat juga akan mendalami dan mencari pelaku pembakaran patung Arjuna yang sedang membidik angkasa dengan panah tersebut. (@pojokseni)

Ads