Jangan Putus Asa : Pelajaran Hidup Dari Lucy Maud Montgomery -->
close
Pojok Seni
30 November 2015, 11/30/2015 05:05:00 PM WIB
Terbaru 2015-11-30T10:05:25Z
BeritaSastra

Jangan Putus Asa : Pelajaran Hidup Dari Lucy Maud Montgomery

Advertisement
Lucy Maud Montgomery, sumber foto : google
pojokseni.com - Naskah novelnya ditolak berkali-kali oleh penerbit, akhirnya, naskah novel pertama karya Lucy Maud Montgomery yang berjudul "Anne of Green Gables" disimpan di tempat penyimpanan topi. Naskah tersebut dibuat pada tahun 1905 dan tersimpan ditempat topi hingga dua tahun. Selanjutnya, tahun 1907, naskah itu akhirnya baru diterima oleh penerbit di Boston, Massachusetts. Tidak disangka, naskah yang sempat ditolak berkali-kali dan menjadi 'penunggu' tempat penyimpanan topi itu, sangat meledak dan menjadikan Lucy Maud Montgomery menjadi salah satu penulis ternama di era itu.

Bahkan, tanggal 30 November 2015, yang merupakan hari lahir Lucy Maud Montgomery, juga diperingati oleh Google. Dihalaman pertama pencarian Google, terdapat beberapa animasi yang bertujuan untuk memperingati hari ulang tahun Lucy Maud Montgomery yang ke 141. Perlu diketahui, penulis dunia asal Kanada ini lahir di Clifton tanggal 30 November 1874 dan meninggal pada tanggal 24 April 1942.

Selain menulis novel Anne of Green Gables yang terkenal diera tahun 1908, juga ada banyak tulisan lain karya Lucy Maud Montgomery yang berbentuk jurnal, cerpen, puisi dan karya sastra lainnya. Salah satu puisinya yang terkenal adalah 'On Cape LeForce" yang merupakan puisi pertamanya yang dipublikasikan, sekitar tahun 1891.

Satu pelajaran moral yang bisa kita ambil dari sosok Lucy Maud Montgomery adalah ia tidak putus asa. Meskipun pernah ditolak oleh penerbit berkali-kali, namun ia tetap berusaha untuk menulis dan mengirimkan karyanya ke penerbit lainnya. Sastrawan yang kemudian berprofesi menjadi guru di Island, Bideford, Belmont dan Lower Bedeque ini juga tercatat menjadi seorang penulis yang terkenal di dunia. (@pojokseni)

Ads